Bermasalah Itu Lumrah
Oleh : Bekti Satriadi

Ketika ada seorang anak yang bermasalah dalam satu lingkungan, seringkali ada pihak tertentu yang mendorong orang tersebut untuk keluaestiti eleganti max mara comprar fatos de treino adidas baratos jayden daniels lsu jersey nfl jersey sales brandon aiyuk jersey plavky chlapec 128nove converse lugged beige dlm382 balmain carbone fragrantica mascarilla pelo sebastian polaroid κάμερα dlm382 astro a50 ps4 and pc carhartt uk cadena seguridad para moto r dari komunitasnya. Dengan harapan anak bermasalah tersebut tidak mencemari nama baik komunitas. Apakah perlakuan anggota komunitas terhadap anak bermasalah tersebut sudah tepat? Apakah ada manusia di dunia ini yang luput dari masalah?

Tidak. Manusia sepanjang hidupnya tidak akan pernah terlepas dari masalah. Sejak seseorang lahir dia akan menangis keras karena menghadapi masalah yaitu berusaha beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Masalah ini terus berkembang sesuai dengan tahap perkembangan individu, yaitu sampai ajal menjemputnya. Ini berarti bahwa masalah itu akan selesai apabila ajal telah menjemputnya. Kalaupun ada seseorang yang selalu dalam keadaan baik-baik saja, itu bukan berarti dia tidak punya masalah, tetapi karena dia cukup pandai menutupi gejala dari masalah tersebut.

Masalah ini bervariasi, mulai dari tingkat masalah yang sederhana sampai dengan masalah yang berat. Masalah yang sederhana dapat dengan mudah diatasi oleh dirinya sendiri. Masalah yang sedang dapat diselesaikan dengan bantuan minimal orang lain. Sedangkan masalah yang memerlukan orang yang ahli untuk membantu memecahkan masalah tersebut.

Memperhatikan paparan di atas maka sangat tidak etis apabila kita menelantarkan atau tidak membantu seseorang yang sedang mengalami masalah sedang atau berat.

Lalu apa yang bisa kita bantu untuk menyelesaikan masalah orang lain? Bila anda bukan dokter bukan pula psikiater atau psikolog ataupun profesional lainnya, maka menunjukkan rasa empati pun itu sudah cukup membantu orang yang sedang mengalami masalah. Menghibur orang yang sedih, melayat orang yang berduka, membesuk orang yang sakit, mendengar keluh kesah orang yang sedang patah hati, merasa iba atas penderitaan orang lain, menunjukkan jalan bagi orang yang tersesat serta bersedekah bagi orang yang kekurangan harta adalah upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk membantu menyelesaikan masalah orang lain.

Bermasalah itu Lumrah