Teknik Ukir Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Teknik Ukir kelas XII 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Furnitur Program Keahlian Teknik Furnitur Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEKNIK UKIR
PAKET KEAHLIAN FURNITUR SMK/MAK
KELAS: XII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.           Memahami, menerapkan,  menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

 

4.            Mengolah, menalar, menyaji , dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1         Mengevaluasi disain ukir sederhana 4.1     Membuat disain ukir sederhana
3.2         Menerapkan pola ukir sederhana 4.2         Membuat pola ukir sederhana
3.3         Mengevaluasi disain ukir bentuk rumit 4.3         Membuat disain ukir bentuk rumit
3.4         Menerapkan pola ukir bentuk rumit 4.4         Membuat pola ukir bentuk rumit
3.5         Menganalisis bahan ukir 4.5         Memilih bahan ukir sesuai disain
3.6         Menerapkan peralatan ukir 4.6         menggunakan peralatan ukir
3.7         Menerapkan pola ke benda kerja 4.7         Memindah pola ke benda kerja
3.8         Menganalisis ukir bentuk Sederhana 4.8         Membuat ukir bentuk Sederhana
3.9         Menganalisis ukir bentuk Rumit 4.9         Membuat ukir bentuk Rumit

Tulisan ini dipublikasikan di 1.3. Teknik Furnitur dan tag , , , , . Tandai permalink.