Teknik Pengukuran Tanah Kelas X KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah kelas X 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C2 Paket Keahlian Teknik Gambar Sipil Arsitektur Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
C2.  Dasar Program Keahlian: Mekanika Teknik; Teknik Pengukuran Tanah; Gambar Teknik;Dasar-dasar Konstruksi

C3. Paket Keahlian: Aplikasi Perangkat Lunak Gambar (XI, XII, XIII), Konstruksi Jalan dan Jembatan (XI, XII, XIII), Konstruksi Gedung (XI, XII, XIII), Interior Gedung (XI, XII, XIII), Rencana Anggaran Biaya (XI, XII, XIII), Pengembangan Produk Kreatif (XI, XII, XIII)
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN / MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
PROGRAM KEAHLIAN : TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI
PAKET KEAHLIAN : TEKNIK KONSTRUKSI GEDUNG
MATA PELAJARAN : TEKNIK PENGUKURAN TANAH
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

 

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

1.    Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,dan procedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 2.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.    Menerapkan  prinsip-prinsip ukur tanah.

 

4.1 Mengidentifikasikan ruang lingkup pekerjaan ukur tanah.

 

3.2.    Memahami  jenis-jenis peralatan survei dan pemetaan.

 

4.2 Mengoperasikan peralatan  survey dan pemetaan.

 

3.3.    Menganalisis  jenis-jenis pekerjaan survey dan pemetaan.

 

4.3 Melakukan pekerjaan dasar-dasar  survey dan pemetaan dengan menggunakan alat sederhana
3.4.    Menerapkan  teknik pengoperasian alat sipat datar (leveling)

 

4.4 Melaksanakan pengukuran dengan alat sipat datar (leveling)

 

3.5.    Menerapkan  teknik pengoperasian alat sipat ruang (theodolit).

 

4.5 Melaksanakan pengukuran dengan alat sipat ruang (theodolit)

 

3.6.    Menerapkan  teknik perawatan jenis optik

 

4.6 Melakukan perawatan alat jenis optik.

 

3.7.    Menerapkan teknik pengecekan alat jenis optik.

 

4.7  Melakukan pengecekan alat jenis optik

 

3.8.    Menerapkan proses pengecekan kebenaran data pengukuran.

 

4.8 Melakukan pengecekan kebenaran data pengukuran.

 

3.9.    Menerapkan hasil analisis pengukuran berupa gambar kerja untuk konstruksi bangunan   4.9 Menyaji hasil analisis berupa gambar kerja

Tulisan ini dipublikasikan di 1.1.1 Teknik Gambar Sipil Arsitektur dan tag , , , , . Tandai permalink.