KI dan KD mata pelajaran Teknik Pemesinan Gerinda kelas XII 5 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Pemesinan Program Keahlian Teknik Mesin Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEKNIK PEMESINAN GERINDA SMK/MAK
KELAS: XII
MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN GERINDA
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Mengidentifikasi mesin gerinda datar (survace grinding machine) | 4.1 Menunjukkan mesin gerinda datar/ survace grinding machine untuk berbagai jenis pekerjaan |
3.2 Mengidentifikasi batu gerinda untuk penggerindaan datar | 4.2 Menunjukkan jenis dan bentuk batu gerinda untuk berbagai jenis pekerjaan penggerindaan datar
|
3.3 Menghitung parameter pemotongan mesin gerinda datar | 4.3 Mengintegrasikan parameter pemotongan mesin gerinda datar untuk berbagai jenis pekerjaan |
3.4 Menerapkan teknik pemesinan gerinda datar | 4.4 Menggunakan teknik pemesinan gerinda datar untuk berbagai jenis pekerjaan |
3.5 Mengidentifikasi mesin gerinda silinder (cylindrical grinding machine) | 4.5 Menunjukkan mesin gerinda silinder/cylindrical grinding machine untuk berbagai jenis pekerjaan |
3.6 Mengidentifikasi batu gerinda untuk penggerindaan silinder | 4.6 Menunjukkan batu gerinda untuk berbagai jenis pekerjaan penggerindaan silinder |
3.7 Menghitung parameter pemotongan mesin gerinda silinder | 4.7 Mengintegrasikan parameter pemotongan mesin gerinda silinder untuk berbagai jenis pekerjaan |
3.8 Menerapkan teknik pemesinan gerinda silinder | 4.8 Menggunakan teknik penggerindaan silinder untuk berbagai jenis pekerjaan |
3.9 Menerapkan prosedur teknik penggerindaan dalam | 4.9 Menggunakan mesin gerinda untuk penggerindaan dalam pada tabung silinder |