Teknik Pemesinan Frais Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais kelas XII 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Pemesinan Program Keahlian Teknik Mesin Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
TEKNIK PEMESINAN FRAIS SMK/MAK
KELAS: XII
MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menerapkan prosedur teknik pengefraisan bertingkat 4.1   Melaksanakan pengefraisan bertingkat
3.2   Menganalisis pengefraisan dengan memiringkan meja mesin untuk mengefrais rack miring 4.2   Melaksanakan pengefraisan dengan memiringkan meja mesin untuk mengefrais rack miring
3.3   Menerapkan prosedur teknik mengefrais roda gigi miring 4.3   Menggunakan mesin frais untuk membuat roda gigi miring
3.4   Menganalisis teknik mengefrais roda gigi konis/payung 4.4   Mengintegrasikan mesin frais untuk membuat roda gigi konis/payung
3.5   Menerapkan prosedur teknik frais roda gigi payung 4.5   Menggunakan mesin frais untuk membuat roda gigi konis/payung
3.6   Menganalisis pengefraisan menggunakan rotari table 4.5   Mengintegrasikan rotari table untuk membuat alur melingkar pada mesin frais.
3.7   Menerapkan prosedur teknik pengefraisan menggunakan rotari table 4.7   Membuat alur melingkar menggunakan rotari table pada mesin frais
3.8   Menerapkan prosedur teknik mengefrais alur spiral 4.8   Menggunakan mesin frais untuk membuat alur spiral
3.9   Menerapkan pemotongan alur menggunakan slide mill 4.9  Membuat alur pada benda kerja menggunakan slide mill
3.10 Menerapkan pemotongan menggunakan slot mill 4.10 Membuat alur bentuk T pada mesin frais menggunakan slot mill
3.11 Menerapkan pemotongan chamfer 4.11 Menchamfer  benda kerja menggunakan angle cuter 45°

Tulisan ini dipublikasikan di 1.5 Teknik Mesin, 1.5.1. Teknik Pemesinan dan tag , , , , . Tandai permalink.