Tata Hidang KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Tata Hidang KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3)
Mata Pelajaran : Tata Hidang
Jam Pelajaran : 252 JP ( @ 45 menit )

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Menganalisis rancangan menu (menu planning) 4.1   Menunjukkan rancangan menu (menu planning)
3.2   Menerapkan ruang lingkup, giliran dan karakteristik menu makanan kontinental 4.2   Melakukan pengelompokkan menu berdasarkan giliran menu
3.3   Menerapkan identifikasi perabot di area hidangan 4.3   Melakukan penerapan penggunaan perabot di area hidangan
3.4   Menganalisis peralatan makan dan minum serta alat hidang 4.4   Menampilkan pengelompokkan peralatan makan dan minum serta alat hidang
3.5   Menganalisis linen dan lipatan serbet 4.5   Menampilkan  cara penggunaan linen dan lipatan serbet
3.6   Menganalisis jumlah dan persyaratan petugas pelayanan makan dan minum 4.6   Merumuskan jumlah dan persyaratan petugas pelayanan makan dan minum
3.7  Menganalisis  penataan meja (table set up) 4.7   Menyajikan penataan meja (Table set- Up)
3.8   Menganalisis  bentuk pelayanan makan dan minum untuk spesifikasi bidang (catering dan restoran) 4.8   Menyajikan makan dan minum untuk spesifikasi bidang (catering dan restoran)
3.9   Menganalisis jenis pelayanan makanan dan minuman 4.9   Menampilkan jenis pelayanan makan dan minuman
3.10 Menganalisis minuman cocktail dan mocktail 4.10   Menampilkan teknik pembuatan minuman mocktail (non alkohol)
3.11 Menganalisis penyajian minuman khusus (kopi) 4.11 Menyajikan minuman khusus (kopi)
3.12 Menerapkan  etika komunikasi 4.12 Melakukan komunikasi melalui alat komunikasi
3.13 Menerapkan  taking order (Order Taker) dan pelayanan di kamar tamu (Room Service) 4.13 Melakukan  taking order (Order Taker) dan pelayanan di kamar tamu (Room Service )

Tulisan ini dipublikasikan di 8.3 Tata Boga, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *