PAKET KEAHLIAN : JASA BOGA C3. Paket Keahlian yaitu: Tata Hidang Kelas XI, Tata Hidang Kelas XII, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas XI, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas XII, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XI, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XII, Pengelolaan Usaha Boga Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) TATA HIDANG Kelas XII dengan 7 jp/minggu
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara afektif dengan lingkungan social dan dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbanganguru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | ||
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, bernegara, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah | 4. Mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung | ||
KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN) | ||
3.1. | Menganalisis pelayanan makanan dan minuman secara ‘Table Dho’te’ | 4.1. | Melakukan pelayanan makan dan minum secara ‘Table Dho’te’ |
3.2. | Menganalisis pelayanan makan dan minuman secara ‘ Ala Carte ‘ | 4.2. | Melakukan pelayanan makan dan minum secara ‘ Ala Carte ‘ |
3.3. | Menganalisis pelayanan makanan dan minuman secara silver service (Rusian service) | 4.3. | Melakukan pelayanan makan dan minuman secara silver service (Rusian Service) |
3.4. | Menganalisis pelayanan makanan dan minum secara Prasmanan ( Buffet Service) | 4.4. | Melakukan pelayanan makanan dan minuman secara Prasmanan ( Buffet Service) |
3.5. | Menganalisis kebutuhan bahan untuk minuman panas dan criteria hasilnya | 4.5. | Membuat minuman panas sesuai dengan criteria hasil |
3.6. | Menganalisis kebutuhan bahan untuk minuman dingin (Mocktail ) dan criteria hasilnya | 4.6. | Membuat minuman dingin (Moctail) sesuai dengan criteria hasil |
3.7. | Menerapkan panggilan telepon | 4.7. | Menerima panggilan telepon |
3.8. | Menerapkan taking order (Order Taker) untuk layanan kamar tamu (Room Service) | 4.8. | Melakukan taking order (Order Taker) untuk layanan kamar tamu (Room Service). |
3.9. | Mengevaluasi layanan makan dan minum di kamar tamu (Room Service). | 4.9. | Melakukan pelayanan makanan dan minuman di kamar tamu (Room Service). |