Tata Graha KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C2. Dasar Program yaitu: Keahlian Komunikasi Industri Perhotelan, Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja dan Tata Graha. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) TATA GRAHA pada kelas X dengan 288 jp (8 jp X 36 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.   Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1   Memahami ruang lingkup obyek yang akan dibersihkan 4.1   Mempresentasikan ruang lingkup obyek yang akan dibersihkan (Ruangan, Peralatan,Karakteristik noda dan kotoran)
3.2   Menganalisis pembersihan pada obyek yang terbuat dari kayu 4.2 Melakukan pembersihan pada obyek yang terbuat dari kayu
3.3 Menganalisis pembersihan pada obyek yang terbuat dari logam 4.3  Melakukan pembersihan pada obyek yang terbuat dari logam
3.4 Menganalisis pembersihan pada obyek yang terbuat dari kulit 4.4 Melakukan pembersihan pada obyek yang terbuat dari kulit
 3.5 Menganalisis pembersihan pada obyek yang terbuat dari kaca 4.5 Melakukan pembersihan pada obyek yang terbuat dari kaca
3.6 Menganalisis pembersihan pada obyek yang terbuat dari marmer 4.6 Melakukan pembersihan pada obyek yang terbuat dari marmer
3.7 Menganalisis pembersihan pada obyek yang terbuat dari keramik 4.7 Melakukan pembersihan pada obyek yang terbuat dari keramik
3.8  Menganalisis pembersihan area kering di public area secara harian 4.8 Melakukan pembersihan area kering di public area secara harian
3.9 Melnganalisis pembersihan area kering di public area secara berkala 4.9 Melakukan pembersihan area kering di public area secara berkala
3.10 Menganalisis pembersihan area kering di public area secara harian 4.10 Melakukan pembersihan area basah di public area secara harian
3.11 Menganalisis pembersihan area kering di public area secara berkala 4.11 Melakukan pembersihan area basah di public area secara berkala

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.