Tata Graha Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C3. Paket Keahlian yaitu: Front Office Kelas XI, Front Office Kelas XII, Tata Graha Kelas XI, Tata Graha Kelas XII, Binatu Kelas XI, Binatu Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) TATA GRAHA Kelas XII dengan 384 jp (12 jp X 32 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

 
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.  

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menganalisis penataan tempat tidur (making the bed) dengan menggunakan duvet 4.1     Melakukan penataan tempat tidur (making the bed) dengan menggunakan duvet

 

 
3.2 Menganalisis pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) dan kamar mandi (bathroom) dengan status Check-out 4.2    Melakukan pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) dan kamar mandi (bathroom) dengan status Check-out
3.3  Menganalisis pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) dengan status Occupied 4.3      Melakukan pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) dan kamar mandi (bathroom)  dengan status Occupied
 3.4 Menganalisis pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) dengan status Vacant 4.4      Melakukan pembersihan dan penataan kamar tidur (bed room ) dan kamar mandi (bathroom)  dengan status Vacant
 3.5 Menganalisis pelayanan turn down service 4.5      Melakukan pelayanan turn down service
3.6 Menganalisis masalah khusus dan mengisi formulir Housekeeping 4.6    Menangani masalah khusus dan mengisi formulir Housekeeping
3.7  Megevaluasi kebutuhan linen yang akan dipergunakan untuk set up trolley 4.7    Menghitung kebutuhan linen yang akan dipergunakan untuk set up trolley
3.8 Menganalisis  towel folding 4.8    Membuat Towel Folding
3.9  Menganalisis layanan jasa housekeeping kepada tamu 4.9    Melakukan layanan jasa housekeeping kepada tamu

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.