Tata Graha Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C3. Paket Keahlian yaitu: Front Office Kelas XI, Front Office Kelas XII, Tata Graha Kelas XI, Tata Graha Kelas XII, Binatu Kelas XI, Binatu Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) TATA GRAHA Kelas XI dengan 360 jp (10 jp X 36 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.     Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1   Menganalisis jenis tanaman, bentuk taman dan peralatan yang dibutuhkan untuk penataan taman di dalam ruangan 4.1          Mempresentasikan penataan taman di dalam ruangan
 3.2    Menganalisis teknik penataan taman di dalam ruangan 4.2          Menata taman di dalam ruangan
3.3 Menganalisis jenis bunga,  bentuk rangkaian bunga danperalatan yang dibutuhkan untuk merangkai bunga 4.3          Mempresentasikan rangkaian bunga
3.4 Menganalisis teknik merangkai bunga 4.4          Merangkai bunga
3.5 Menganalisis jenis peralatan yang dibutuhkan dan bentuk penataan ruang serbaguna 4.5          Mempresentasikan ruang serbaguna

 

3.6 Menganalisis teknik penataan ruang serbaguna 4.6          Menata  ruang serbaguna

 

3.7 Memahami ruang lingkup room Section 4.7          Mempresentasikan ruang lingkup room Section (Jenis & Fasilitas kamar, status kamar, jenis kunci kamar, linen, kebutuhan tamu, peralatan & bahan pembersih)
3.8 Menganalisis set up trolley, akses ke kamar dan penggudangan 4.8          Melakukan set up trolley, akses ke kamar dan penggudangan
3.9 Menganalisis penataan tempat tidur (making the bed) dengan menggunakan 3 sheet 4.9          Melakukan penataan tempat tidur (making the bed) dengan menggunakan 3 sheet

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.