SMK Negeri 1 Metro dalam Program UKS

Share

DSCF0188Sekolah sehat adalah sekolah yang bersih, hijau, indah dan rindang, peserta didiknya sehat dan bugar serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah sehat di Indonesia dapat dicapai bila sekolah melaksanakan, program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui tiga program UKS (Trias UKS) yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat, serta Melaksanakan upaya-upaya peningkatan kebugaran jasmani secara baik, melalui program Pendidikan Jasmani.
Sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar harus menjadi “Health Promoting School” artinya “sekolah yg dpt meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya”.
1. Sekolah memiliki lingkungan kehidupan sekolah yg mencerminkan hidup sehat.
2. Mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal.
3. Terjamin berlangsungnya proses belajar mengajar dengan baik.
4. Tercipta kondisi yg mendukung tercapainya kemampuan peserta didik untuk berperilaku hidup sehat.
SMK N 1 Metro sangat peduli dengan lingkungan sekolah sehat. Sehat merupakan hak asasi manusia. Selain itu sehat merupakan investasi yang tak ternilai dan sangat berharga sekali keberadaannya. Di sekolah anak-anak ditanamkan jiwa sehat karena anak sekolah merupakan aset (modal utama) pembangunan masa depan yang perlu dijaga, ditingkatkan, dan dilindungi kesehatannya.
DSCF0162Sekolah merupakan tempat pembelajaran, dapat terancam terjadinya penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu SMK N 1 Metro melakukan upaya promosi kesehatan melalui program kegiatan UKS menanamkan nilai-nilai PHBS di sekolah demi terciptanya lingkungan sekolah yang sehat. PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

Sebagai salah satu institusi pendidikan, SMK Negeri 1 Metro menyadari pentingnya menumbuhkan kesadaran, kepedulian pada Lingkungan Hidup, sekaligus menumbuhkan budaya lingkungan. Oleh sebab itu, dalam revisi Visi dan Misi Sekolah sebagai pencerminan dari upaya menuju Sekolah Model, salah satu misi yang akan dicapai adalah menjadi sekolah berbudaya lingkungan hidup.

Program Usaha Kesehatan Sekolah adalah program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Program ini merupakan tindak lanjut dari 7. Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menkes, Menag dan Mendagri Tanggal 3 September 1984 tentang Pokok Kebijaksanaan dan Pengembangan UKS Nomor : 408a/U/1984, Nomor : 319a/SKB/VI/1984, Nomor : 74 Tahun 1984 dan Nomor 61 Tahun 1984. Sedangkan tujuam pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik dan menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

DSCF0178
Usaha Kesehatan Sekolah adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Sekolah merupakan tempat pembelajaran, dapat terancam terjadinya penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Maka dari itu SMK N 1 Metro melakukan upaya promosi kesehatan melalui program kegiatan UKS menanamkan nilai-nilai PHBS di sekolah demi terciptanya lingkungan sekolah yang sehat.
PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Hal ini karena melalui program Usaha Kesehatan Sekolah ada indikator yang jelas yang dapat dipakai untuk mengukur upaya yang dilakukan, di samping juga membiasakan sekolah mendokumentasikan dengan baik semua kegiatan dan program yang dilaksanakan. Namun yang terpenting lagi melalui program Usaha Kesehatan Sekolah seluruh warga sekolah dapat diajak dan ikut serta mengembangkan program budaya lingkungan hidup.


Tulisan ini dipublikasikan di SMK NEGERI 1 METRO dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *