Sistem Informasi Geografis Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Sistem Informasi Geografis kelas XI 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Geomatika Program Keahlian Teknik Geomatika Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1     Memahami SIG

 

4.1   Menginterpretasi data dari dunia nyata mennjadi peta berdasarkan konsep SIG
3.2     Memahami data spasial dan non spasial 4.2   Melakukan pengelompokan data spasial dan non spasial
3.3     Menganalisis kebutuhan data spasial 4.3   Merencanakan kebutuhan data spasial
3.4     Menganalisis kebutuhan  data non spasial 4.4   Merencanakan kebutuhan data non spasial
3.5     Memahami sumber data spasial dan  non spasial 4.5   Mengidentifikasi sumber data spasial dan non spasial
3.6     Menganalisis data spasial 4.6   Mengumpulkan data spasial
3.7     Menganalisis data non spasial 4.7   Mengumpulkan data non spasial
3.8     Memahami cara konversi data spasial 4.8   Mengkonversi data spasial

 

3.9     Memahami cara konversi data non spasial 4.9  Mengkonversi data non spasial

Tulisan ini dipublikasikan di 1.2 Teknik Geomatika, 1.2.1 Teknik Geomatika dan tag , , , , . Tandai permalink.