Sistem dan Instalasi Tata Udara Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Sistem dan Instalasi Tata Udara kelas XI 8 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Pendingin Dan Tata Udara Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

Mata Pelajaran :  Sistem dan Instalasi Tata Udara (C3)
Kelas                           :  XI
Jam Pelajaran              : 8 Jam Pelajaran/ Minggu

KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
  1. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

Keterangan:

  • Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan
  • Guru mengembangkan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik
  • Evaluasi terhadap Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakterpesertadidik lebih lanjut

 

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menganalisis, menerapkan dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,danprocedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.      Menerapkan prinsip operasi sistem tata udara 4.1.        Mengoperasikan sistem tata udara
3.2.      Menganalisis komponen sistem tata udara domestik 4.2.        Memeriksa komponen sistem tata udara domestik
3.3.      Menganalisis refrgeran dan oli refrigeran yang digunakan pada sistem tata udara domestik 4.3.        Memeriksa  refrigeran dan oli refrigeran yang digunakan pada sistem tata udara domestik
3.4.      Memilih  alat ukur besaran fisis udara 4.4.        Menggunakan alat ukur besaran fisis udara
3.5.      Menerapkan gambar pemipaan sistem tata udara domestik 4.5.        Menggambar instalasi pemipaan sistem tata udara domestik
3.6.      Menerapkan sistem pemipaan tata udara domestik 4.6.        Mengerjakan sistem tata udara domestik
3.7.      Menerapkan pemasangan  unit tata udara domestik 4.7.        Memasang unit tata udara domestik
3.8.      Mengalisis fungsi, performansi dan komisioning unit tata udara domestik 4.8.        Memeriksa  fungsi, performansi dan komisioning unit  tata udara domestik
3.9.      Menganalisis gangguan pada unit  tata udara domestik 4.9.        Memeriksa gangguan mekanik pada unit tata udara domestik
3.10.   Menerapkan pemeliharaan unit tata udara domestik 4.10.     Melakukan pemeliharaan  sistem tata udara domestik
3.11. Menerapkan pekerjaan retrofitting pada sistem tata udara domestic 4.11.      Mengerjakan retrofitting  pada sistem tata udara domestik

Tulisan ini dipublikasikan di 1.4 Teknik Ketenagalistrikan, 1.4.5. Teknik Pendinginan dan Tata Udara dan tag , , , , . Tandai permalink.