Simulasi dan Komunikasi Digital KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Share

Simulasi dan Komunikasi Digital KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Usaha Jasa Pariwisata (C1)
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1     Menerapkan logika dan algoritma komputer 4.1   Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
3.2     Menerapkan metode peta- minda 4.2   Membuat peta-minda
3.3     Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif 4.3   Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.4     Menerapkan logika dan operasi perhitungan data 4.4   Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.5     Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide 4.5   Membuat slide untuk presentasi
3.6     Menerapkan teknik presentasi yang efektif 4.6   Melakukan presentasi yang efektif
3.7     Menganalisis pembuatan e- book 4.7   Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.8    Memahami konsep Kewargaan Digital 4.8   Merumuskan etika Kewargaan Digital
3.9     Menerapkan teknik penelusuran Search Engine 4.9   Melakukan penelusuran informasi
3.10  Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan 4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.11  Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring 4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.12  Merancang dokumen tahap pra-produksi 4.12 Membuat dokumen tahap pra- produksi
3.13  Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital 4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.14  Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital 4.14 Membuat laporan hasil pasca- produksi

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *