Silabus Sejarah Indonesia kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Sejarah Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Sejarah Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran langsung (direct teaching) dan tidak langsung (indirect teaching). Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang mengembangkan pengetahuan, kemampuan berpikir, dan keterampilan menggunakan pengetahuan melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang menghasilkan pengetahuan dan keterampilan langsung yang disebut dengan dampak pembelajaran (instructional effect). Pembelajaran tidak langsung adalah pembelajaran melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan memiliki dampak pengiring (nurturant effect) terhadap pembentukan sikap dan perilaku peserta didik. Pembelajaran langsung dilaksanakan dalam proses pembelajaran Kompetensi Dasar pada Kompetensi Inti-3 dan Kompetensi Inti 4.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kelas XII
Alokasi waktu: 2 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
 

3.1     Menganalisis upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

 

3.2     Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

 

4.1     Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah

 

4.2     Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

 

 

Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa dan Negara RI

·         Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa

·         Upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI

Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965

 

·   Membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa, tokoh-tokoh nasional dan daerah serta film dokumenter  tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI

·    Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang  perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI  serta peran tokoh Nasional dan Daerah  dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa Indonesia 1945-1965

·    Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI , serta peran tokoh Nasional dan Daerah  dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965 melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain

·   Mengevaluasi  informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari  sumber-sumber terkait lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI, serta peran tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan  mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965

·   Melaporkan hasil rekonstruksi dalam bentuk cerita sejarah tentang perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI dan  tulisan sejarah tentang salah satu tokoh Nasional dan Daerah dalam mempertahankan keutuhan Indonesia 1945-1965

 

 

3.3    Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

 

3.4    Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

 

4.3  Merekonstruksi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

 

4.4  Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

 

 

Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan Sampai dengan Demokrasi Terpimpin

·       Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan

·       Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal

·       Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

 

 

·   Membaca buku teks, melihat foto-foto peristiwa, dan film dokumenter tentang Indonesia pada masa awal kemerdekaan, Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin

·    Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin

·    Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan demokrasi terpimpin melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain

·   Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin

·    Melaporkan hasil rekonstruksi dan hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin

 

 

3.5    Menganalisis perkembangan  kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa Orde Baru

 

3.6    Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi  bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi

 

3.7    Mengevaluasi peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

 

4.5    Melakukanpenelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

 

4.6    Melakukan penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

 

4.7    Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

 

 

Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Masa Orde Baru Sampai Reformasi

·         Kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru

·         Kehidupan politik dan ekonomi pada masa Reformasi

Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

 

·   Membaca buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa dan film dokumenter tentang Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi dan peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

·    Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi dan peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

·    Mengumpulkan informasi yang terkait dengan perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi, dan peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia  melalui bacaan, dan atau internet serta sumber sejarah lain

·   Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari  sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan Reformasi serta peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

·    Melaporkan hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan sejarah tentang perkembangan kehidupan  politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru  dan  Reformasi, serta peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia

 

 

3.8   Mengevaluasi peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok,  ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting

 

4.8  Menyajikan hasil telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

 

 

Peran Bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, Jakarta Informal Meeting

 

·   Membaca buku teks, melihat foto-foto dan film dokumenter tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia

·   Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang  kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

·    Mengumpulkan informasi yang terkait dengan materi tentang  kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia. melalui bacaan, dan atau internet  serta sumber sejarah lain

·   Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari  sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia

·   Melaporkan hasil telaah dalam bentuk tulisan sejarah tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.

 

 

3.9 Mengevaluasi kehidupan bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak Proklamasi sampai dengan  Reformasi)

 

4.9 Membuat studi evaluasi tentang kehidupan bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi) dalam bentuk tulisan dan/atau media lain

 

Prestasi Bangsa Indonesia Dalam Mengembangkan Iptek Pada Era Kemerdekaan

·       Revolusi hijau

·       Teknologi transportasi

·       Teknologi kedirgantaraan

·       Teknologi komunikasi dan informasi

·       Teknologi arsitektur dan konstruksi

 

·   Membaca buku teks, melihat foto-foto, dan/atau menonton film  tentang perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi

·   Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan  yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi  tentang  perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi

·   Mengumpulkan informasi yang terkait dengan materi tentang  perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi

·   Mengevaluasi  informasi dan data-data yang didapat  dari bacaan maupun dari sumber-sumber  terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi)

·   Melaporkan hasil studi evaluasi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , , . Tandai permalink.