Silabus Prakarya Dan Kewirausahaan kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Prakarya Dan KWU Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Prakarya Dan KWU Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Semoga membantu.

Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Membuat pertanyaan dari yang belum dipahami dalam proposal usaha yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar local meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.1 Menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

  • Ide dan peluang usaha
  • Analisa peluang usaha
  • Sumber daya yang di butuhkan
  • Administrasi dan pemasaran
  • Komponen perencanaan usaha
  • Langkah-langkah penyusunan perencanaan/proposal usaha

 

·         Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan

·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·         Membuat  perencanaan/proposal usaha  kerajinan

·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

 

3.2 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.2 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·     Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan

·     Macam-macam  kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal

·     Teknik produksi kerajinan

·     Tahapan proses produksi kerajinan

·     Jenis dan kegunaan bahan kemas

·     Teknik penyajian dan pengemasan

 

·         Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·         Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         Latihan membuat kerajinan

·         Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

 

3.3 Memahami perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

4.3 Mengevaluasi hasil perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

·     Komponen perhitungan harga jual produk

·     Cara menentukan harga jual

·     Identifikasi permasalahan usaha

 

 

·         Membaca literatur atau buku teks Harga jual produk kerajinan

·         Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         Latihan menghitung Harga Jual sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·         Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·         Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.4 Memahami media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

4.4 Membuat media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

·     Fungsi dan tujuan promosi

·     bentuk-bentuk  media promosi

·     pemilihan media promosi yang tepat

·     pembuatan media promosi

·         Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·         Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang media promosi

·         Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang media promosi

·         Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai media promosi

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  media promosi dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

3.5 Menganalisis sistem konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

4.5 Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi

·      System konsinyasi

·     Cara dan proses konsinyasi

·         Mengamati  komponen system konsinyasi  dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·         Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi

·         Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi

·         Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·         Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan

3.6 Memahami perencanaan usaha kerajinan  berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.6 Menyusun perencanaan usaha kerajinan  berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

·          Ide dan peluang usaha

·          Analisa peluang usaha

·          Sumber daya yang di butuhkan

·          Administrasi dan pemasaran

·          Komponen perencanaan usaha

·          Langkah-langkah penyusunan perencanaan/proposal usaha

 

·         Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan

·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·         Membuat  perencanaan/proposal usaha  kerajinan

·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

 

3.7 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.7 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·          Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan

·          Macam-macam  kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar global

·          Teknik produksi kerajinan

·          Tahapan proses produksi kerajinan

·          Jenis dan kegunaan bahan kemas

·          Teknik penyajian dan pengemasan

 

·         Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·         Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         Latihan membuat kerajinan

·         Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

 

3.8 Memahami perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

4.8 Mengevaluasi hasil perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

·             Komponen perhitungan harga jual produk

·             Cara menentukan harga jual

·             Identifikasi permasalahan usaha

 

 

·         Membaca literatur atau buku teks harga jual produk kerajinan

·         Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         Latihan menghitung Harga Jual sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·         Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·         Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

 

3.9 Memahami media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

4.9 Membuat media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

·          Macam- macam media promosi

·          Fungsi media promosi

·          Cara membuat media promosi

·         Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·         Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang media promosi

·         Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang media promosi

·         Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai media promosi

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  media promosi dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

 

3.10 Menganalisis sistem konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

 

4.10 Menjual kerajinan yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi

·      System konsinyasi

·      Cara dan proses  konsinyasi

·          Mengamati  komponen system konsinyasi  dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·          Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi

·          Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi

·          Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·          Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan

·          Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan

Aspek : Rekayasa
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

 

Kompetensi Dasar

 

Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Memahami proses perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.1 Menyusun perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

·     Perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk membuat rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme  yang diawali dari ide dan peluang usaha, perhitungan sumberdaya usaha, penentuan administrasi dan pemasaran jasa profesi dan profesionalisme

·       Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan  membuat rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan

·       Menyajikan laporan tentang perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar

3.2 Menganalisis sistem produksi usaha jasa profesi dan profesionalisme  berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.2 Memproduksi usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

 

·     Identifikasi produk berdasarkan kebutuhan / keinginan pasar

·     Sistem produksi usaha jasa profesi dan profesionalisme

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi jasa profesi dan profesionalisme

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk memproduksi /melakukan  jasa profesi dan profesionalisme

·       Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  melakukan produksi jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.3 Mengevaluasi kegiatan usaha jasa profesi dan profesionalisme

4.3 Menuyusun rencana pengembangan usaha jasa profesi dan profesionalisme

 

·     Perhitungan harga jual  usaha jasa profesi dan profesionalisme

·     Evaluasi hasil perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang Perhitungan Harga jual jasa profesi dan profesionalisme

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk latihan menghitung harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme  sesuai kasus yang diberikan guru dan merumuskan hasil perhitungan harga jual produk jasa profesi dan profesionalisme  yang diberikan guru

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan  menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan data hasil diskusi dan latihan menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.4 Menganalisis media promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme

4.4 Merancang media promosi untuk usaha jasa profesi dan profesionalisme

 

·     Pengertian media promosi

·     Macam-macam media promosi

·     Media promosi usaha  jasa profesi dan profesionalisme

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang media promosi produk jasa profesi dan profesionalisme

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk menentukan media promosi produk berdasarkan kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama,  membuat media  promosi  produk jasa profesi dan profesionalisme   untuk memperoleh keterampilan dan pengembangan sikap wirausaha

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  membuat media promosi produk jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.5. Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme

4.5  Memasarkan produk usaha jasa profesi dan profesionalisme dengan sistem konsinyasi

·     Pengertian sistem konsinyasi

·     Penjualan dengan sistem konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem konsinyasi usaha jasa profesi dan profesionalisme

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok melakukan penjualan dan analisis dengan sistem konsinyasi usaha jasa profesi dan profesionalisme

·       Menyimpulkan data hasil diskusi dan penerapan dan analisis sistem konsinyasi usaha jasa profesi dan profesionalisme

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

 

3.6 Memahami proses perencanaan usaha produk teknologi terapan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.6 Menyusun perencanaan usaha produk teknologi terapan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

 

·     Identifikasi produk rekayasa berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar

·     Perencanaan usaha produk teknologi terapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang perencanaan usaha produk teknologi terapan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk membuat rencana usaha produk teknologi terapan  yang diawali dari ide dan peluang usaha, perhitungan sumberdaya usaha, penentuan administrasi dan pemasaran produk teknologi terapan

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan  membuat rencana usaha produk teknologi terapandan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.7 Menganalisis sistem produksi usaha peralatan teknologi terapan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.7 Memproduksi peralatan teknologi terapan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

 

·     Manfaat pasar

·     Sistem produksi usaha peralatan teknologi terapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi peralatan teknologi terapan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk  memproduksi peralatan teknologi terapan

·       Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  melakukan produksi peralatan teknologi terapandan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.8 Mengevaluasi kegiatan usaha peralatan teknologi terapan

 

4.8 Menyusun rencana pengembangan usaha peralatan teknologi terapan

·     Perhitungan harga jual  produk usaha peralatan teknologi terapan

 

·     Evaluasi hasil perhitungan harga jual produk usaha peralatan teknologi terapan

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang Perhitungan harga jual produk peralatan teknologi terapan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk latihan menghitung harga jual usaha peralatan teknologi terapan sesuai kasus yang diberikan guru,  latihan merumuskan hasil perhitungan harga jual produk peralatan teknologi terapan

 

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan  menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.9 Menganalisis media promosi produk usaha peralatan teknologi terapan

4.9 Merancang media promosi produk usaha peralatan teknologi terapan

 

·     Perencanaan dan pembuatan media promosi produk usaha peralatan teknologi terapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang media promosi produk peralatan teknologi terapan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk menentukan media promosi produk peralatan teknologi terapan berdasarkan kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama, membuat media  promosi  produk peralatan teknologi terapan untuk memperoleh keterampilan dan pengembangan sikap wirausaha

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  membuat media promosi produk peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.10 Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha peralatan teknologi terapan

4.10 Memasarkan produk usaha peralatan teknologi terapan dengan sistem konsinyasi

·     Sistem konsinyasi usaha produk peralatan teknologi terapan ·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem konsinyasi  produksi peralatan teknologi terapan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kelompok melakukan penjualan dengan sistem konsinyasi produksi peralatan teknologi terapan, melakukan analisis penerapan sistem konsinyasi usaha produksi peralatan teknologi terapan

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan penerapan dan analisis sistem konsinyasi usaha produksi peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok pembuatan laporan hasil kegiatan usaha produksi peralatan teknologi terapan dan hasil analisis laporan usaha

Aspek : Budidaya
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Memahami perencanaan usaha budidaya unggas petelur meliputi  ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

4.1 Membuat perencanaan usaha budidaya unggas petelur meliputi  ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

·    Ide dan Peluang Usaha

·    Sumber Daya yang dibutuhkan

·    Adminstrasi dan pemasaran

·    Komponen proposal  usaha

·    Langkah-langkah Penyusunan   Proposal budidaya unggas petelur

 

 

 

 

 

·       Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya unggas petelur

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·       Menentukan produk usaha budidaya unggas petelur yang akan dilaksanakan

·       Membuat  proposal usaha  budidaya unggas petelur

·       Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk proposal usaha dan menyimpulkan

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.2 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.2. Memproduksi kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Sistem produksi usaha budidaya unggas petelur

·       Jenis-jenis unggas petelur

·       Penentuan produk yang akan dibudidayakan

·       Penyiapan alat

·       Penyiapan kandang

·       Pemilihan bibit unggul

·       Pemeliharaan ternak

·       Pemberian pakan ternak

·       Pemeliharaan kesehatan ternak

·       Pemanenan

·       Pengemasan

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video / mengobservasi observasi ke tempat budidaya dan pengemasan unggas petelur.

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan, video dan observasi tempat budidaya ayam petelus

·       Latihan membuat rencana produksi ayam petelur

·       Memproduksi  unggas petelur berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Mengolah data/informasi tentang produksi unggas petelur

·       Mengevaluasi dan melaporkan produksi pembenihan  unggas petelur di daerah setempat atau nusantara.

·       Menyajikan hasil produksi  unggas petelur di daerah setempat

 

3.3. Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar

4.3.  Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar loka

·       Perhitungan Hen Day Production

·       Mortalitas

·       Taksiran  harga jual

·       Rencana pengembangan usaha budidaya unggas petelur

 

 

·       Membaca  literature atau buku teks tentang evaluasi kegiatan usaha budidaya unggas petelur

·       Membuat pertanyaan tentang evaluasi usaha budidaya unggas petelur

·       Mengumpulkan  informasi/ data evaluasi usaha budidaya unggas petelur

·       Latihan menghitung hen day production , mortalitas,  harga jual hasil usaha budidaya unggas petelur sesuai kasus yang diberikan guru

·       Membuat rencana pengembangan usaha budidaya unggas petelur

·        Menyajikan  hasil perhitungan konversi pakan, mortalitas, kesehatan unggas petelur harga jual hasil usaha budidaya unggas petelur

3.4  Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

4.4.  Merancang media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal

·       Pengertian media promosi

·       Tujuan dan fungsi media Promosi

·       Jenis-jenis media promosi

·       Pembuatan media promosi

 

 

 

 

 

 

 

·       Membaca,  menyimak  dari kajian literatur/video tentang promosi produk usaha budidaya unggas petelur .

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan dan video terkait media promosi

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  promosi produk budidaya unggas pedaging

·       Menentukan  strategi promosi  produk budidaya unggas pedaging

·       Membuat media promosi  usaha budidaya unggas petelur

·       Mengevaluasi, menyimpulkan  dan melaporkan hasil pemasaran produk usaha budidaya unggas petelur

 

3.5. Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi

4.5 Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi

·       Sistem konsinyasi

·       Cara Konsinyasi

·       Proses konsinyasi

·       Mengamati sistem konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·       Membuat pertanyaan tentang pengertian,  fungsi, manfaat, dan prosedur sistem konsinyasi usaha    budidaya unggas petelur

·       Mengumpulkan  informasi dan  untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian,  fungsi, manfaat dan prosedure sistem konsinyasi usaha    budidaya unggas petelur

·       Menjual produk unggas petelur  dengan sistem konsinyasi

·       Menganalisis data/informasi tentang menjual dengan sistem konsinyasihasil usaha dari berbagai sumber belajar yang relevan

·       Menyajikan hasil Analisis data/informasi dan simpulan tentang sistem konsinyasi hasil budidaya unggas petelur

3.6. Memahami perencanaan usaha kerajinan  berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.6.  Menyusun perencanaan usaha kerajinan  berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

·       Ide dan Peluang Usaha

·       Sumber Daya yang dibutuhkan

·       Adminstrasi dan pemasaran

·       Komponen perencanaan  usaha

·       Langkah-langkah Penyusunan  Perencanaan usaha budidaya unggas pedaging

 

 

 

·       Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya unggas pedaging

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum dipahami tentang model perencanaan usaha

·       Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·       Menentukan usaha budidaya unggas pedaging yang akan dilakukan

·       Membuat  perencanaan  usaha  budidaya unggas pedaging

·       Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk proposal usaha dan menyimpulkan

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

 

3.7 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.7  Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Sistem produksi usaha budidaya unggas pedaging:

·       Pengertian unggas pedaging

·       Jenis-jenis unggas pedaging

·       Penentuan produk yang akan dibudidayakan

·       Penyiapan alat

·       Penyiapan kandang

·       Pemilihan bibit unggul

·       Pemeliharaan ternak

·       Pemberian pakan ternak

·       Pemeliharaan kesehatan ternak

·       Pemanenan

·       Pengemasan

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video /melakukan observasi ke tempat budidaya dan pengemasan unggas pedaging tentang sistem produksi unggas pedaging.

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan, video dan observasi tempat budidaya unggas pedaging

·       Memproduksi  unggas pedaging berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Mengolah data/informasi tentang produksi unggas pedaging

·       Mengevaluasi dan melaporkan produksi   unggas pedaging di daerah setempat atau nusantara.

·       Menyajikan hasil produksi  unggas pedaging di daerah setempat

3.8. Mengevaluasi kegiatan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

4.8. Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

·       Evaluasi usaha

·       Perhitungan Konversi pakan

·       Mortalitas

·       Pembuatan Rencana pengembangan usaha budidaya unggas pedaging

 

 

 

·       Membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang evaluasi usaha budidaya unggas pedaging

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum diketahui

·       Menghitung angka konversi pakan dan mortalitas

·       Membuat rencana pengembangan usaha berdasarkaan hasil evaluasi

·       Mengolah informasi yang didapat tentang penghitungan konversi pakan dan mortalitas

·       Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur  dan diskusi tentang evaluasi usaha budidaya pembenihan  unggas pedaging

·       Menyajikan hasil  evaluasi usaha budidaya unggas pedaging

3.9 Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

4.9   Merancang media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

 

·       Pengertian media promosi

·       Tujuan dan fungsi media promosi

·       Jenis-jenis media promosi

·       Membuat promosi usaha

 

 

 

 

 

 

 

·       Membaca,  menyimak  dari kajian literatur/video tentang promosi produk usaha budidaya unggas pedaging .

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami tentang media promosi dari bacaan dan video

·       Mengumpulkan indormasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang timbul saat membaca dan menonton video

·       Membuat media promosi

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  promosi produk budidaya unggas pedaging

·       Menentukan  strategi promosi  produk budidaya unggas pedaging

·       Membuat media promosi  usaha budidaya unggas pedaging

·       Mengevaluasi, menyimpulkan  dan melaporkan hasil pemasaran produk usaha budidaya unggas pedaging

3.10. Menganalisis sistem konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global

4.10. Memasarkan kerajinan yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi

·       Sistem Konsinyasi

·       Cara Konsinyasi

·       Mengamati sistem konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·       Membuat pertanyaan tentang pengertian,  fungsi, manfaat, dan prosedur sistem konsinyasi usaha    budidaya unggas pedaging

·       Mengumpulkan  informasi  untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian,  fungsi, manfaat dan prosedure sistem konsinyasi usaha    budidaya unggas pedaging

·       Menjual produk unggas pedaging  dengan sistem konsinyasi

·       Menganalisis data/informasi tentang menjual dengan sistem konsinyasihasil usaha dari berbagai sumber belajar yang relevan

·       Menyajikan hasil Analisis data/informasi dan simpulan tentang sistem konsinyasi hasil budidaya unggas pedaging

Aspek : Pengolahan
Alokasi waktu : 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi  ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

4.1 Menyususn perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi  ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

·   Ide dan peluang usaha

·   Analisa peluang usaha

·   Sumber daya yang di butuhkan

·   Administrasi dan pemasaran

·   Komponen perencanaan usaha

·   Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

·       Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·       Membuat  perencanaan usaha  pengolahan  makanan khas daerah yang dimodifikasi

·       Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

 

3.2. Menganalisis sistem pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.2. Mengolah makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

 

·     Jenis dan karakteristik bahan dan alat pengolahan

·     Macam-macam  makanan khas daerah

·     Teknik pengolahan

·     Tahapan proses pengolahan

 

 

 

·       Mengamati berbagai produk makanan khas daerah di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·       Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·       Latihan membuat makanan  khas daerah yang dimodifikasi  dari  bahan pangan

·       Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen pengolahan  makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·       Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

 3.3. Mengevaluasi kegiatan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani

4.3. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani

·     Komponen penentuan harga jual produk

·     Penentuan harga jual

·     Perhitungan laba- rugi

 

 

·       Membaca literatur atau buku teks harga jual produk pengolahan makanan

·       Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·       Latihan mengevaluasi perhitungan  harga jual produk sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·       Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.4. Menganalisis media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani

4.4. Merancang media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani

·     Mengenal konsumen dan pesaing

·     Strategi promosi

·     Rencana promosi

·     Media promosi

 

 

 

·       Mengamati kegiatan promosi produk hasil pengolahan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·       Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi promosi, rencana dan media promosi

·       Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang promosi produk

·       Latihan  mempromosikan produk makanan  melalui berbagai strategi promosi

·       Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  promosi  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

3.5. Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani

4.5. Memasarkan produk usaha pengolahan  makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani dengan sistem konsinyasi

  • System konsinyasi
  • Cara da proses konsinyasi

 

 

·       Mengamati   system konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·       Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi yang belum dipahami

·       Mengumpulkan data/informasi tentang system konsinyasi produk

·       Latihan menjual produk dengan cara konsinyasi

·       Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  penjualan dengan system konsinyasi  dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)

 

3.6. Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan fungsional meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.6. Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan fungsional meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

 

·   Ide dan peluang usaha

·   Analisa peluang usaha

·   Sumber daya yang di butuhkan

·   Administrasi dan pemasaran

·   Komponen perencanaan usaha

·   Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

·       Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·       Membuat  perencanaan usaha  pengolahan  makanan fungsional

·       Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.7. Menganalisis sistem pengolahan makanan fungsional berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.7. Mengolah/ membuat makanan fungsional berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

 

·     Jenis dan karakteristik bahan dan alat pengolahan

·     Macam-macam  makanan fungsional

·     Teknik pengolahan

·     Tahapan proses pengolahan

 

 

 

·       Mengamati berbagai produk makanan fungsional di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·       Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·       Latihan membuat makanan  fungsional

·       Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen pengolahan  makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·       Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

3.8. Mengevaluasi kegiatan usaha pengolahan makanan fungsional

4.8. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan makanan fungsional

 

  • Evaluasi usaha
  • Perhitungan Harga jual produk
  • Identifikasi permasalahan  usaha
  • Pembuatan Rencana pengembangan usaha budidaya unggas pedaging

 

·       Membaca literatur atau buku teks harga jual produk pengolahan makanan

·       Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·       Latihan mengevaluasi perhitungan  harga jual produk sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·       Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.9. Menganalisis media promosi produk usaha pengolahan makanan fungsional

 

4.9. Merancang media promosi produk usaha pengolahan makanan fungsional

·     Macam-macam media promosi

·     Fungsi media

·     Cara membuat media promosi

 

 

·       Mengamati kegiatan pembuatan media promosi produk hasil pengolahan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·       Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang  pembuatan media promosi

·       Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang pembuatan media promosi produk

·       Latihan  membuat media promosi produk makanan

·       Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  pembuatan media promosi melalui lisan dan atau tulisan

3.10. Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha pengolahan makanan fungsional

4.10. Memasarkan produk usaha pengolahan makanan fungsional dengan sistem konsinyasi

  • System konsinyasi
  • Cara dalam proses konsinyasi

 

 

·       Mengamati   system konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·       Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi yang belum dipahami

·       Mengumpulkan data/informasi tentang system konsinyasi produk

·       Latihan menjual produk dengan cara konsinyasi

·       Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  penjualan dengan system konsinyasi  dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel B dan tag , , . Tandai permalink.