Silabus Prakarya Dan KWU Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Prakarya Dan KWU Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Semoga membantu.
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Membuat pertanyaan dari yang belum dipahami dalam proposal usaha yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar local meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran |
|
· Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran · Membuat perencanaan/proposal usaha kerajinan · Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan · Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
|
3.2 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat |
· Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal · Teknik produksi kerajinan · Tahapan proses produksi kerajinan · Jenis dan kegunaan bahan kemas · Teknik penyajian dan pengemasan
|
· Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan membuat kerajinan · Mengolah atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari kegiatan mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan · Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
3.3 Memahami perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.3 Mengevaluasi hasil perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal |
· Komponen perhitungan harga jual produk
· Cara menentukan harga jual · Identifikasi permasalahan usaha
|
· Membaca literatur atau buku teks Harga jual produk kerajinan
· Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan menghitung Harga Jual sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan |
3.4 Memahami media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.4 Membuat media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal |
· Fungsi dan tujuan promosi
· bentuk-bentuk media promosi · pemilihan media promosi yang tepat · pembuatan media promosi |
· Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan cara observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau nara sumber lain
· Membuat pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang media promosi · Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang media promosi · Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai media promosi · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang media promosi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan) |
3.5 Menganalisis sistem konsinyasi untuk kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.5 Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi |
· System konsinyasi
· Cara dan proses konsinyasi |
· Mengamati komponen system konsinyasi dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi · Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi · Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan |
3.6 Memahami perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.6 Menyusun perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran |
· Ide dan peluang usaha
· Analisa peluang usaha · Sumber daya yang di butuhkan · Administrasi dan pemasaran · Komponen perencanaan usaha · Langkah-langkah penyusunan perencanaan/proposal usaha
|
· Membaca dan mencermati model perencanaan/proposal usaha kerajinan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran · Membuat perencanaan/proposal usaha kerajinan · Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan · Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
|
3.7 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.7 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat |
· Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan
· Macam-macam kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar global · Teknik produksi kerajinan · Tahapan proses produksi kerajinan · Jenis dan kegunaan bahan kemas · Teknik penyajian dan pengemasan
|
· Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan membuat kerajinan · Mengolah atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari kegiatan mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan · Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
|
3.8 Memahami perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.8 Mengevaluasi hasil perhitungan harga jual produk usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global |
· Komponen perhitungan harga jual produk
· Cara menentukan harga jual · Identifikasi permasalahan usaha
|
· Membaca literatur atau buku teks harga jual produk kerajinan
· Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan menghitung Harga Jual sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan
|
3.9 Memahami media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.9 Membuat media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global |
· Macam- macam media promosi
· Fungsi media promosi · Cara membuat media promosi |
· Mengamati kegiatan media promosi produk kerajinan dengan cara observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau nara sumber lain
· Membuat pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang media promosi · Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang media promosi · Latihan memasarkan produk kerajinan melalui berbagai media promosi · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang media promosi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
3.10 Menganalisis sistem konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.10 Menjual kerajinan yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi |
· System konsinyasi
· Cara dan proses konsinyasi |
· Mengamati komponen system konsinyasi dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi · Mengumpulkan data/informasi tentang komponen system konsinyasi · Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasisistem konsinyasi yang dilakukan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan |
Aspek : Rekayasa
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Memahami proses perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.1 Menyusun perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran |
· Perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk membuat rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme yang diawali dari ide dan peluang usaha, perhitungan sumberdaya usaha, penentuan administrasi dan pemasaran jasa profesi dan profesionalisme · Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan membuat rencana usaha jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan · Menyajikan laporan tentang perencanaan usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar |
3.2 Menganalisis sistem produksi usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2 Memproduksi usaha jasa profesi dan profesionalisme berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Identifikasi produk berdasarkan kebutuhan / keinginan pasar
· Sistem produksi usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk memproduksi /melakukan jasa profesi dan profesionalisme · Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik melakukan produksi jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.3 Mengevaluasi kegiatan usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.3 Menuyusun rencana pengembangan usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
· Perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme
· Evaluasi hasil perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang Perhitungan Harga jual jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk latihan menghitung harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme sesuai kasus yang diberikan guru dan merumuskan hasil perhitungan harga jual produk jasa profesi dan profesionalisme yang diberikan guru · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan data hasil diskusi dan latihan menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual usaha jasa profesi dan profesionalisme · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.4 Menganalisis media promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.4 Merancang media promosi untuk usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
· Pengertian media promosi
· Macam-macam media promosi · Media promosi usaha jasa profesi dan profesionalisme
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang media promosi produk jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk menentukan media promosi produk berdasarkan kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama, membuat media promosi produk jasa profesi dan profesionalisme untuk memperoleh keterampilan dan pengembangan sikap wirausaha · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik membuat media promosi produk jasa profesi dan profesionalisme dan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.5. Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme
4.5 Memasarkan produk usaha jasa profesi dan profesionalisme dengan sistem konsinyasi |
· Pengertian sistem konsinyasi
· Penjualan dengan sistem konsinyasi produk usaha jasa profesi dan profesionalisme yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar |
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem konsinyasi usaha jasa profesi dan profesionalisme
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok melakukan penjualan dan analisis dengan sistem konsinyasi usaha jasa profesi dan profesionalisme · Menyimpulkan data hasil diskusi dan penerapan dan analisis sistem konsinyasi usaha jasa profesi dan profesionalisme · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.6 Memahami proses perencanaan usaha produk teknologi terapan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran 4.6 Menyusun perencanaan usaha produk teknologi terapan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran |
· Identifikasi produk rekayasa berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar · Perencanaan usaha produk teknologi terapan
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang perencanaan usaha produk teknologi terapan · Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk membuat rencana usaha produk teknologi terapan yang diawali dari ide dan peluang usaha, perhitungan sumberdaya usaha, penentuan administrasi dan pemasaran produk teknologi terapan · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan membuat rencana usaha produk teknologi terapandan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.7 Menganalisis sistem produksi usaha peralatan teknologi terapan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.7 Memproduksi peralatan teknologi terapan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Manfaat pasar
· Sistem produksi usaha peralatan teknologi terapan
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi peralatan teknologi terapan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk memproduksi peralatan teknologi terapan · Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik melakukan produksi peralatan teknologi terapandan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.8 Mengevaluasi kegiatan usaha peralatan teknologi terapan
4.8 Menyusun rencana pengembangan usaha peralatan teknologi terapan |
· Perhitungan harga jual produk usaha peralatan teknologi terapan
· Evaluasi hasil perhitungan harga jual produk usaha peralatan teknologi terapan |
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang Perhitungan harga jual produk peralatan teknologi terapan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk latihan menghitung harga jual usaha peralatan teknologi terapan sesuai kasus yang diberikan guru, latihan merumuskan hasil perhitungan harga jual produk peralatan teknologi terapan
· Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan menghitung dan merumuskan perhitungan harga jual peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.9 Menganalisis media promosi produk usaha peralatan teknologi terapan
4.9 Merancang media promosi produk usaha peralatan teknologi terapan
|
· Perencanaan dan pembuatan media promosi produk usaha peralatan teknologi terapan
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang media promosi produk peralatan teknologi terapan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kerja kelompok untuk menentukan media promosi produk peralatan teknologi terapan berdasarkan kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama, membuat media promosi produk peralatan teknologi terapan untuk memperoleh keterampilan dan pengembangan sikap wirausaha · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik membuat media promosi produk peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok |
3.10 Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha peralatan teknologi terapan
4.10 Memasarkan produk usaha peralatan teknologi terapan dengan sistem konsinyasi |
· Sistem konsinyasi usaha produk peralatan teknologi terapan | · Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem konsinyasi produksi peralatan teknologi terapan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan · Kelompok melakukan penjualan dengan sistem konsinyasi produksi peralatan teknologi terapan, melakukan analisis penerapan sistem konsinyasi usaha produksi peralatan teknologi terapan · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan penerapan dan analisis sistem konsinyasi usaha produksi peralatan teknologi terapan dan menyimpulkan · Mempresentasikan hasil kerja kelompok pembuatan laporan hasil kegiatan usaha produksi peralatan teknologi terapan dan hasil analisis laporan usaha |
Aspek : Budidaya
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Memahami perencanaan usaha budidaya unggas petelur meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
4.1 Membuat perencanaan usaha budidaya unggas petelur meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran |
· Ide dan Peluang Usaha
· Sumber Daya yang dibutuhkan · Adminstrasi dan pemasaran · Komponen proposal usaha · Langkah-langkah Penyusunan Proposal budidaya unggas petelur
|
· Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya unggas petelur
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran · Menentukan produk usaha budidaya unggas petelur yang akan dilaksanakan · Membuat proposal usaha budidaya unggas petelur · Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk proposal usaha dan menyimpulkan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan |
3.2 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2. Memproduksi kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat |
· Sistem produksi usaha budidaya unggas petelur
· Jenis-jenis unggas petelur · Penentuan produk yang akan dibudidayakan · Penyiapan alat · Penyiapan kandang · Pemilihan bibit unggul · Pemeliharaan ternak · Pemberian pakan ternak · Pemeliharaan kesehatan ternak · Pemanenan · Pengemasan
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video / mengobservasi observasi ke tempat budidaya dan pengemasan unggas petelur.
· Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan, video dan observasi tempat budidaya ayam petelus · Latihan membuat rencana produksi ayam petelur · Memproduksi unggas petelur berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat · Mengolah data/informasi tentang produksi unggas petelur · Mengevaluasi dan melaporkan produksi pembenihan unggas petelur di daerah setempat atau nusantara. · Menyajikan hasil produksi unggas petelur di daerah setempat
|
3.3. Memahami perhitungan titik impas (Break Even Point) usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar
4.3. Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar loka |
· Perhitungan Hen Day Production
· Mortalitas · Taksiran harga jual · Rencana pengembangan usaha budidaya unggas petelur
|
· Membaca literature atau buku teks tentang evaluasi kegiatan usaha budidaya unggas petelur
· Membuat pertanyaan tentang evaluasi usaha budidaya unggas petelur · Mengumpulkan informasi/ data evaluasi usaha budidaya unggas petelur · Latihan menghitung hen day production , mortalitas, harga jual hasil usaha budidaya unggas petelur sesuai kasus yang diberikan guru · Membuat rencana pengembangan usaha budidaya unggas petelur · Menyajikan hasil perhitungan konversi pakan, mortalitas, kesehatan unggas petelur harga jual hasil usaha budidaya unggas petelur |
3.4 Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal
4.4. Merancang media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal |
· Pengertian media promosi
· Tujuan dan fungsi media Promosi · Jenis-jenis media promosi · Pembuatan media promosi
|
· Membaca, menyimak dari kajian literatur/video tentang promosi produk usaha budidaya unggas petelur .
· Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan dan video terkait media promosi · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik promosi produk budidaya unggas pedaging · Menentukan strategi promosi produk budidaya unggas pedaging · Membuat media promosi usaha budidaya unggas petelur · Mengevaluasi, menyimpulkan dan melaporkan hasil pemasaran produk usaha budidaya unggas petelur
|
3.5. Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi
4.5 Memasarkan kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal dengan sistem konsinyasi |
· Sistem konsinyasi
· Cara Konsinyasi · Proses konsinyasi |
· Mengamati sistem konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan tentang pengertian, fungsi, manfaat, dan prosedur sistem konsinyasi usaha budidaya unggas petelur · Mengumpulkan informasi dan untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian, fungsi, manfaat dan prosedure sistem konsinyasi usaha budidaya unggas petelur · Menjual produk unggas petelur dengan sistem konsinyasi · Menganalisis data/informasi tentang menjual dengan sistem konsinyasihasil usaha dari berbagai sumber belajar yang relevan · Menyajikan hasil Analisis data/informasi dan simpulan tentang sistem konsinyasi hasil budidaya unggas petelur |
3.6. Memahami perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.6. Menyusun perencanaan usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran |
· Ide dan Peluang Usaha
· Sumber Daya yang dibutuhkan · Adminstrasi dan pemasaran · Komponen perencanaan usaha · Langkah-langkah Penyusunan Perencanaan usaha budidaya unggas pedaging
|
· Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya unggas pedaging
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum dipahami tentang model perencanaan usaha · Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran · Menentukan usaha budidaya unggas pedaging yang akan dilakukan · Membuat perencanaan usaha budidaya unggas pedaging · Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk proposal usaha dan menyimpulkan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
|
3.7 Menganalisis sistem produksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.7 Memproduksi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat |
· Sistem produksi usaha budidaya unggas pedaging:
· Pengertian unggas pedaging · Jenis-jenis unggas pedaging · Penentuan produk yang akan dibudidayakan · Penyiapan alat · Penyiapan kandang · Pemilihan bibit unggul · Pemeliharaan ternak · Pemberian pakan ternak · Pemeliharaan kesehatan ternak · Pemanenan · Pengemasan
|
· Mengamati dengan cara membaca, menyimak dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video /melakukan observasi ke tempat budidaya dan pengemasan unggas pedaging tentang sistem produksi unggas pedaging.
· Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami dari bacaan, video dan observasi tempat budidaya unggas pedaging · Memproduksi unggas pedaging berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat · Mengolah data/informasi tentang produksi unggas pedaging · Mengevaluasi dan melaporkan produksi unggas pedaging di daerah setempat atau nusantara. · Menyajikan hasil produksi unggas pedaging di daerah setempat |
3.8. Mengevaluasi kegiatan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.8. Menyusun rencana pengembangan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global |
· Evaluasi usaha
· Perhitungan Konversi pakan · Mortalitas · Pembuatan Rencana pengembangan usaha budidaya unggas pedaging
|
· Membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang evaluasi usaha budidaya unggas pedaging
· Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum diketahui · Menghitung angka konversi pakan dan mortalitas · Membuat rencana pengembangan usaha berdasarkaan hasil evaluasi · Mengolah informasi yang didapat tentang penghitungan konversi pakan dan mortalitas · Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur dan diskusi tentang evaluasi usaha budidaya pembenihan unggas pedaging · Menyajikan hasil evaluasi usaha budidaya unggas pedaging |
3.9 Menganalisis media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.9 Merancang media promosi untuk produk hasil usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
|
· Pengertian media promosi
· Tujuan dan fungsi media promosi · Jenis-jenis media promosi · Membuat promosi usaha
|
· Membaca, menyimak dari kajian literatur/video tentang promosi produk usaha budidaya unggas pedaging .
· Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami tentang media promosi dari bacaan dan video · Mengumpulkan indormasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang timbul saat membaca dan menonton video · Membuat media promosi · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik promosi produk budidaya unggas pedaging · Menentukan strategi promosi produk budidaya unggas pedaging · Membuat media promosi usaha budidaya unggas pedaging · Mengevaluasi, menyimpulkan dan melaporkan hasil pemasaran produk usaha budidaya unggas pedaging |
3.10. Menganalisis sistem konsinyasi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar global
4.10. Memasarkan kerajinan yang berdasar pada kebutuhan dan keinginan pasar global dengan sistem konsinyasi |
· Sistem Konsinyasi
· Cara Konsinyasi |
· Mengamati sistem konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan tentang pengertian, fungsi, manfaat, dan prosedur sistem konsinyasi usaha budidaya unggas pedaging · Mengumpulkan informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian, fungsi, manfaat dan prosedure sistem konsinyasi usaha budidaya unggas pedaging · Menjual produk unggas pedaging dengan sistem konsinyasi · Menganalisis data/informasi tentang menjual dengan sistem konsinyasihasil usaha dari berbagai sumber belajar yang relevan · Menyajikan hasil Analisis data/informasi dan simpulan tentang sistem konsinyasi hasil budidaya unggas pedaging |
Aspek : Pengolahan
Alokasi waktu : 2 Jam Pembelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran
4.1 Menyususn perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang di modifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi ide, peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran |
· Ide dan peluang usaha
· Analisa peluang usaha · Sumber daya yang di butuhkan · Administrasi dan pemasaran · Komponen perencanaan usaha · Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha
|
· Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran · Membuat perencanaan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi · Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan
|
3.2. Menganalisis sistem pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.2. Mengolah makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Jenis dan karakteristik bahan dan alat pengolahan
· Macam-macam makanan khas daerah · Teknik pengolahan · Tahapan proses pengolahan
|
· Mengamati berbagai produk makanan khas daerah di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan membuat makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan · Mengolah atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari kegiatan mengamati dan eksperimen pengolahan makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan · Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan) |
3.3. Mengevaluasi kegiatan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
4.3. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani |
· Komponen penentuan harga jual produk
· Penentuan harga jual · Perhitungan laba- rugi
|
· Membaca literatur atau buku teks harga jual produk pengolahan makanan
· Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan mengevaluasi perhitungan harga jual produk sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan |
3.4. Menganalisis media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
4.4. Merancang media promosi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani |
· Mengenal konsumen dan pesaing
· Strategi promosi · Rencana promosi · Media promosi
|
· Mengamati kegiatan promosi produk hasil pengolahan dengan cara observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau nara sumber lain
· Membuat pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi promosi, rencana dan media promosi · Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang promosi produk · Latihan mempromosikan produk makanan melalui berbagai strategi promosi · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang promosi produk dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan) |
3.5. Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani
4.5. Memasarkan produk usaha pengolahan makanan khas daerah yang dimodifikasi dari bahan pangan nabati dan hewani dengan sistem konsinyasi |
|
· Mengamati system konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi yang belum dipahami · Mengumpulkan data/informasi tentang system konsinyasi produk · Latihan menjual produk dengan cara konsinyasi · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang penjualan dengan system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)
|
3.6. Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan fungsional meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
4.6. Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan fungsional meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran
|
· Ide dan peluang usaha
· Analisa peluang usaha · Sumber daya yang di butuhkan · Administrasi dan pemasaran · Komponen perencanaan usaha · Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha
|
· Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan
· Membuat pertanyaan terhadap apa yang belum diketahui · Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran · Membuat perencanaan usaha pengolahan makanan fungsional · Mengolah informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan |
3.7. Menganalisis sistem pengolahan makanan fungsional berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
4.7. Mengolah/ membuat makanan fungsional berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat
|
· Jenis dan karakteristik bahan dan alat pengolahan
· Macam-macam makanan fungsional · Teknik pengolahan · Tahapan proses pengolahan
|
· Mengamati berbagai produk makanan fungsional di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks
· Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan membuat makanan fungsional · Mengolah atau menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari kegiatan mengamati dan eksperimen pengolahan makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan · Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan) |
3.8. Mengevaluasi kegiatan usaha pengolahan makanan fungsional
4.8. Menyusun rencana pengembangan usaha pengolahan makanan fungsional
|
|
· Membaca literatur atau buku teks harga jual produk pengolahan makanan
· Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan · Latihan mengevaluasi perhitungan harga jual produk sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan · Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan |
3.9. Menganalisis media promosi produk usaha pengolahan makanan fungsional
4.9. Merancang media promosi produk usaha pengolahan makanan fungsional |
· Macam-macam media promosi
· Fungsi media · Cara membuat media promosi
|
· Mengamati kegiatan pembuatan media promosi produk hasil pengolahan dengan cara observasi ke pasar/super market/ sentra penjualan di sekitar sekolah atau membaca/menyimak dari berbagai literatur atau nara sumber lain
· Membuat pertanyaan dan berdiskusi untuk mendapatkan informasi tentang pembuatan media promosi · Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang pembuatan media promosi produk · Latihan membuat media promosi produk makanan · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang pembuatan media promosi melalui lisan dan atau tulisan |
3.10. Menganalisis sistem konsinyasi produk usaha pengolahan makanan fungsional
4.10. Memasarkan produk usaha pengolahan makanan fungsional dengan sistem konsinyasi |
|
· Mengamati system konsinyasi menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan
· Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang system konsinyasi yang belum dipahami · Mengumpulkan data/informasi tentang system konsinyasi produk · Latihan menjual produk dengan cara konsinyasi · Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data · Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang penjualan dengan system konsinyasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan) |