Silabus Prakarya Dan Kewirausahaan kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Prakarya Dan KWU Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Prakarya Dan KWU Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Semoga membantu..
Kompetensi sikap spiritual dan kompetensi sikap sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Aspek: Kerajinan
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1  Memahami  karakteristik kewirausahaan misalnya berorientasi ke masa depan dan berani mengambil resiko) dalam menjalankan kegiatan usaha

4.1 Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan berdasarkan keberhasilan dan kegagalan usaha

·     Jenis karakteristik atau dimensi kewirausahaan ( kualitas dasar dan kualitas instrumental kewirausahaan)

·     Pengembangan kewirausahaan

·     Ciri-ciri seorang wirausahawan

·     Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan

 

·   Membaca atau menonton video tentang  kisah  sukses dan kegagalan seorang wirausahawan

·   Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum dipahami dari bacaan atau hasil tayangan video

·   Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian kewirausahaan, macam- macam  kualitas dasar dan kualitas insrumental wirausaha yang berhasil dan gagal

·   Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara pengetahuan  kewiraushaan dan praktik/pengalaman wirausahawan

·   Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media(lisan dan tulisan)

3.2 Memahami perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda (misal: cerita rakyat, mitos, simbol, tarian, pantun dan upacara adat) yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

4.2 Menyusun perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda (misal: cerita rakyat, mitos, simbol, tarian, pantun dan upacara adat) yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

·       Ide dan peluang usaha

·       Analisa peluang usaha

·       Sumber daya yang di butuhkan

·       Administrasi dan pemasaran

·       Komponen perencanaan usaha

·       Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

·   Membaca dan mencermati model perencanaan usaha kerajinan

·   Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·   Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·   Membuat  perencanaan usaha  kerajinan

·   Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·   Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

 

3.3 Memahami sistem produksi kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar  berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.3 Memproduksi kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda dan material daerah sekitar berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

 

·        Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan

·        Macam-macam  kerajinan berdasarkan inspirasi budaya lokal non benda

·        Teknik produksi kerajinan

·        Tahapan proses produksi kerajinan

·        Jenis dan kegunaan bahan kemas

·        Teknik penyajian dan pengemasan

 

·   Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·   Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·   Latihan membuat kerajinan

·   Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·   Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

3.4 Memahami perhitungan biaya produksi (Harga Pokok Produksi) produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda

4.4 Menghitung biaya produksi biaya produksi (Harga Pokok Produksi) kerajinan dengan inspirasi budaya non benda

•   pengertian biaya

•   pengertian biaya produksi

•   penentuan harga pokok produksi dan harga jual

•   perhitungan laba-rugi

 

·    Membaca literatur atau buku teks Harga Pokok Produksi (HPP) kerajinan

·    Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·    Latihan menghitung Harga Pokok Produksi sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·    Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·    Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.5  Memahami pemasaran produk kerajinan dengan  inspirasi budaya non benda secara langsung

4.5. Memasarkan produk kerajinan dengan inspirasi budaya non benda secara langsung

·        Mengenal konsumen dan pesaing

·        Strategi pemasaran

·        Rencana pemasaran

·        Media pemasaran

 

·   Mengamati kegiatan pemasaran produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·   Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi pemasaran, rencana dan media pemasaran

·   Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang pemasaran produk

·   Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai strategi pemasaran

·   Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·   Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  pemasaran  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

 

3.6  Memahami proses evaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda

4.6 Mengevaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda

·        Komponen evaluasi hasil usaha

·        Permasalahan usaha dan solusinya

·        Pengembangan usaha

 

·    Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·    Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·    Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·    Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·    Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·    Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan.

3.7Memahami perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal (misal: pakaian daerah, wadah tradisional dan senjata tradisional ) yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

4.7Menyusun perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal (misal: pakaian daerah, wadah tradisional dan senjata tradisional) yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

·        Ide dan peluang usaha

·        Analisa peluang usaha

·        Sumber daya yang di butuhkan

·        Administrasi dan pemasaran

·        Komponen perencanaan usaha

·        Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

·   Membaca dan mencermati model perencanaan usaha kerajinan

·   Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·   Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·   Membuat  perencanaan usaha  kerajinan

·   Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·   Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

 

3.8 Memahami sistem produksi kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal dan material daerah sekitar  berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.8 Memproduksi kerajinan kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal dan material daerah sekitar dengan inspirasi budaya berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·        Jenis dan karakteristik bahan dan alat kerajinan

·        Macam-macam  kerajinan berdasarkan inspirasi artefak/ objek budaya lokal

·        Teknik produksi kerajinan

·        Tahapan proses produksi kerajinan

·        Jenis dan kegunaan bahan kemas

·        Teknik penyajian dan pengemasan

 

·   Mengamati berbagai produk kerajinan di industri sekitar sekolah, toko kerajinan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·   Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·   Latihan membuat kerajinan

·   Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen produksi kerajinan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·   Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

3.9 Memahami perhitungan  biaya produksi (Harga Pokok Produksi) produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya local

4.9 Merumuskan hasil perhitungan biaya produksi (Harga Pokok Produksi) kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal

·        Komponen biaya produksi

·        Penentuan harga jual

·        Perhitungan laba- rugi

 

·   Membaca literatur atau buku teks Harga Pokok Produksi (HPP) kerajinan

·   Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·   Latihan menghitung Harga Pokok Produksi sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·   Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·   Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.10 Memahami  cara pemasaran produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya local secara langsung

4.10 Memasarkan hasil produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya local secara langsung

·        Mengenal konsumen dan pesaing

·        Strategi pemasaran

·        Rencana pemasaran

·        Media pemasaran

 

·   Mengamati kegiatan pemasaran produk kerajinan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·   Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi pemasaran, rencana dan media pemasaran

·   Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang pemasaran produk

·   Latihan  memasarkan produk kerajinan  melalui berbagai strategi pemasaran

·   Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·   Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  pemasaran  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

3.11 Memahami  proses evaluasi hasil kegiatan usaha kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya local secara langsung

4.11 Mengevaluasi  hasil kegiatan kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya local secara langsung

·        Komponen evaluasi hasil usaha

·        Permasalahan usaha dan solusinya

·        Pengembangan usaha

 

· Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

· Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

· Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

· Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

· Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

· Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan

Rekayasa

Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
 

3.1  Memahami karakteristik kewirausahaan (misal: berorientasi ke masa depan, berani mengambil resiko, dll) dalam menjalankan kegiatan usaha

4.1  Mengidentifikasi karakteristik wirausahawan berdasarkan keberhasilan dan kegagalan usaha

 

·     Jenis karakteristik atau dimensi kewirausahaan ( kualitas dasar dan kualitas instrumental kewirausahaan)

·     Pengembangan kewirausahaan

·     Ciri ciri seorang wirausahawan

·     Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan

 

·       Menonton video / mengamati gambar dan membaca referensi tentang kisah sukses tentang keberhasilan dan kegagalan seorang pelaku wirausaha dan macam-macam karakter positif dan negatif

·       Membuat pertanyaan yang belum dipahami dari bacaan atau hasil tayangan video

·       Mengumpulkan data/  informasi tentang pengertian kewirausahaan, macam- macam  kualitas dasar dan kualitas insrumental wirausaha yang berhasil dan gagal

·       Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara pengetahuan  kewirausahaan dan praktik/pengalaman wirausahawan

·       Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media(lisan dan tulisan)

3.2 Memahami perencanaan usaha produk teknologi transportasi dan logistik meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.2 Menyusun perencanaan usaha produk teknologi transportasi dan logistik  meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

·       Ide dan peluang usaha

·       Analisa peluang usaha

·       Sumber daya yang dibutuhkan

·       Administrasi dan pemasaran

·       Komponen perencanaan usaha produk teknologi transportasi dan logistik

·       Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

·       Menonton video / mengamati gambar dan membaca referensi tentang perencanaan usaha produk teknologi transportasi dan logistik

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·     Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·     Membuat  perencanaan usaha

·     Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·     Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.3 Menganalisis sistem produksi produk transportasi dan logistik berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.3 Memproduksi produk transportasi dan logistik berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat.

 

·       Jenis dan karakteristik bahan dan alat transportasi dan logistik

·       Macam-macam produk transportasi dan logistik

·       Teknik produksi  produk transportasi dan logistik dengan memperhatikan daya dukung yang dimiliki daerah setempat

·       Jenis dan kegunaan bahan kemas

·       Teknik penyajian dan pengemasan

·      Mengamati sistem produksi produk transportasi dan logistik berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·      Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·      Latihan membuat  produk transportasi dan logistic

·      Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen pembuatan produk transportasi dan logistik serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·      Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

3.4   Memahami perhitungan harga pokok produksi produk transportasi dan logistik

4.4  Menghitung biaya produksi produk transportasi dan logistik

·       Komponen biaya produksi

·       Penentuan harga jual

·       Perhitungan laba rugi

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang harga pokok produksi produk transportasi dan logistik

·       Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·       Latihan menghitung Harga Pokok Produksi sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·       Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.5  Memahami cara menentukan pemasaran produk transportasi dan logistik secara langsung

4.5 Memasarkan produk transportasi dan logistik secara langsung

·       Mengenal konsumen dan pesaing

·       Strategi pemasaran produk

·       Rencana pemasaran

·       Media pemasaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati kegiatan pemasaran produk transportasi dan logistik dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·       Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi pemasaran, rencana dan media pemasaran

·       Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang pemasaran produk

·       Latihan  memasarkan produk transportasi dan logistik  melalui berbagai strategi pemasaran

·       Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  pemasaran  produk  transportasi dan logistik dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

3.6 . Menganalisis teknik dan proses evaluasi hasil kegiatan usaha produk transportasi dan logistik

4.6 . Mengevaluasi hasil kegiatan usaha  produk transportasi dan logistik

·       Komponen evaluasi hasil usaha

·       Permasalahan usaha dan solusinya

·       Pengembangan usaha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha produk transportasi dan logistik dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·       Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·       Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·       Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·       Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)

3.7 Memahami perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal (misal: pakaian daerah, wadah tradisional dan senjata ) yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

4.7. Menyusun perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal (misal: pakaian daerah, wadah tradisional dan senjata) yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi dan pemasaran

·       Ide dan peluang usaha

·       Analisa peluang usaha

·       Sumber daya yang di butuhkan

·       Administrasi dan pemasaran

·       Pembuatan perencanaan usaha produk grafika

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang perencanaan usaha produk grafika

·       Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  membuat rencana usaha

·       Menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik membuat rencana usaha dan membuat laporan tertulis hasil kerja kelompok

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

 

3.8 . Menganalisis sistem produksi kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal dan material daerah sekitar  berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.8. Memproduksi kerajinan kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya lokal dan material daerah sekitar dengan inspirasi budaya berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Tahap persiapan meliputi curah pendapat, sketsa ide, studi model dan gambar kerja

·       Tahapan Proses Produksi meliputi persiapan alat dan bahan, proses pembuatan produk, finishing

·       Pengemasan

 

·       Mengamati video/membaca  literatur atau buku teks tentang sistem produksi produk grafika

·       Membuat pertanyaan tentang pengertian,  fungsi, manfaat, jenis, langkah-langkah penerapan sistem produksi produk grafika dan kaitan antara jenis dan sistem produksi produk grafika

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan dan untuk memperoleh pemahaman tentang pengertian,  fungsi, manfaat, jenis, langkah-langkah penerapan sistem produksi grafika berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempatdan kaitanantara jenis dan sistem produksi

·       Kerja kelompok untuk melakukan  produksi produk grafika

·       Mempresentasikan hasil  diskusi  kelompok dan produk grafika

3.9. Memahami cara perhitungan biaya produksi (Harga Pokok Produksi) produk grafika

4.9 Menghitung biaya produksi (Harga Pokok Produksi) produk grafika

·       Harga Pokok Produksi (HPP) usaha produk grafika ·       Membaca  literatur  atau buku teks tentang harga pokok produksi produk grafika

·       Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan

·       Kerja kelompok untuk menghitung HPP usaha produk grafika sesuai kasus yang diberikan guru

·       Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  menghitung dan merumuskan perhitungan HPP usaha produk grafika dan menyimpulkan

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.10 Memahami strategi pemasaran produk grafika secara langsung

4.10 Memasarkan produk grafika secara langsung

 

·       Pengertian  pemasaran produk  grafika secara langsung

·       Kekurangan atau kelemahan pemasaran produk grafika secara langsung

·       Media pemasaran produk grafika secara langsung

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang pemasaran langsung produk grafika

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk menentukan teknik pemasaran langsung produk grafika berdasarkan kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama serta melakukan pemasaran langsung produk grafika untuk memperoleh pengalaman dan pengembangan sikap wirausaha

·       Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan praktik  pemasaran langsung dan menyimpulkan data hasil diskusi dan praktik pemasaran langsung produk grafika

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3.11 Memahami proses evaluasi hasil kegiatan usaha produk grafika

4.11. Merumuskan hasil kegiatan usaha  produk grafika

·       Komponen laporan hasil usaha produk grafika

·       Membuat laporan hasil usaha produk grafika secara langsung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang evaluasi usaha produk grafika

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·       Mengumpulkan  informasi dan berdiskusi dalam kelompok untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang diajukan

·       Kerja kelompok untuk  memilih teknik evaluasi berdasarkan kasus yang diberikan dan membangun sikap kerjasama dan  melakukan evaluasi usaha yang dilakukan berdasarkan hasil kegiatan usaha produk grafika

·       Menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan melakukan evaluasi hasil produk grafika

·       Menyimpulkan data hasil diskusi dan melakukan evaluasi hasil usaha produk grafika  dan membuat laporan tertulis hasil kerja kelompok

·       Mempresentasikan hasil kerja kelompok

Budidaya
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1. Memahami karakteristik kewirausahaan (misalnya berorientasi ke masa depan dan berani mengambil resiko) dalam menjalankan kegiatan usaha

4.1.Mengidentifikasi karakteristik  wirausahawan  berdasarkan keberhasilan dan kegagalan usaha

·         Kualitas dasar

·         kualitas intrumental

·         Pengembangan kewirausahaan

·         Ciri-ciri seorang wirausahawan

·         Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan

 

 

 

 

·      Membaca atau menonton video tentang  kisah  sukses dan kegagalan seorang wirausahawan

·      Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum dipahami dari bacaan atau tayangan video

·      Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian kewirausahaan, macam- macam  kualitas dasar dan kualitas insrumental wirausaha yang berhasil dan gagal

·      Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara pengetahuan  kewiraushaan dan praktik/pengalaman wirausahawan

·      Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media(lisan dan tulisan)

3.2   Memahami perencanaan usaha budidaya tanaman pangan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.2   Menyusun perencanaan usaha budidaya tanaman pangan meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

 

·         Ide dan Peluang Usaha

·         Sumber Daya yang dibutuhkan

·         Adminstrasi dan pemasaran

·         Komponen perencanaan  usaha

·         Langkah-langkah Penyusunan  Perencanaan usaha budidaya tanaman pangan

 

 

 

 

 

·       Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya tanaman pangan

·       Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum dipahami tentang model perencanaan usaha budidaya tanaman pangan

·       Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·       Menentukan produk usaha tanaman pangan

·       Membuat  perencanaan usaha  budidaya tanaman pangan

·       Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan membuat kesimpulan tentang perencanaan usaha

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.3 Memahami sistem produksi tanaman pangan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.3 Memproduksi tanaman pangan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Sistem Produksi tanaman pangan

·       Penyiapan Media/lahan

·       Penyiapan bibit

·       Penanaman

·       Pengairan

·       Pemupukan

·       Pengendalian hama dan penyakit

·       Teknik pengemasan hasil budidaya tanaman pangan

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi dan pengemasan produk budidaya tanaman pangan.

·       Melakukan kegiatan observasi ke tempat budidaya dan pengemasan tanaman pangan.

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami tentang bacaan dan tayangan video

·       Memproduksi tanaman pangan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Melakukan pengemasan hasil budidaya tanaman pangan

·       Mengevaluasi dan melaporkan hasil budidaya tanaman pangan di daerah setempat.

3.4   Memahami perhitungan harga pokok produksi usaha budidaya tanaman pangan

4.4   Menghitung biaya produksi (Harga Pokok Produksi) budidaya tanaman pangan

·       Komponen Biaya Produksi

·       Perhitungan laba rugi

·       Penentuan Harga Jual

·       Membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang perhitungan harga pokok produksi usaha budidaya tanaman pangan

·       Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami tentang bacaan terkait perhitungan harga pokok

·       Mengumpulkan informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi  tentang penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman pangan

·       Latihan menghitung Harga Pokok Produksi

·       Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi  tentang penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman pangan

·       Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur  dan diskusi tentang penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman pangan

·       Mengevaluasi dan melaporkan penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman pangan

3.5. Memahami  pemasaran produk usaha budidaya tanaman pangan secara langsung

4.5   Memasarkan   produk usaha budidaya tanaman pangan secara langsung

·      Target  konsumen

·      Pesaing usaha

·      Perencanaan Pemasaran langsung/ direct selling)

·      Pemasaran langsung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Membaca,  menyimak  dari kajian literatur/video / melakukan observasi ke pasar tradisional, supermarket, atau sentra penjualan produk tanaman pangan tentang pemasaran produk usaha budidaya tanaman pangan .

·       Membuat pertanyaan pada hal-hal yang belum dipahami tentang pemasaran produk budidaya tanaman penjualan  pangan dari bacaan, video dan observasi

·       Mengumpulkan informasi tentang teknik pemasaran langsung dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan dan meningkatkan pemahaman

·       Memasarkan hasil usaha budidaya tanaman pangan secara langsung ( direct selling)

·       Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur, observasi ke tempat budidaya tanaman pangan, dan hasil pemasaran yang berkaitan dengan pemasaran produk usaha budidaya tanaman pangan.

·       Mengevaluasi, menyimpulkan  dan melaporkan hasil pengamatan/kajian literatur pemasaran produk usaha budidaya tanaman pangan

3.6. Menganalisis proses evaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman pangan secara langsung

4.6. Mengevaluasi hasil kegiatan usaha  budidaya tanaman pangan secara langsung

·   Proses evaluasi usaha budidaya tanaman pangan (proses dan hasil usaha)

·   Permasalahan usaha dan solusinya

·   Tindak lanjut hasil evaluasi usaha

 

·      Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·      Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·      Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·      Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan dan tindak lanjut hasil evaluasi usaha

·      Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·      Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)

3.7. Memahami perencanaan usaha yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran untuk produksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.7.  Menyusun perencanaan usaha yang meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran untuk tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·          Ide dan Peluang Usaha

·          Sumber Daya yang dibutuhkan

·          Adminstrasi dan pemasaran

·          Komponen perencanaan  usaha

·          Langkah-langkah Penyusunan  Perencanaan usaha budidaya tanaman hias

 

 

 

 

 

·      Membaca dan mencermati model perencanaan usaha budidaya tanaman hias

·      Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·      Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·      Menentukan produk usaha tanaman hias

·      Membuat  perencanaan usaha  budidaya tanaman hias

·      Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·      Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.8. Menganalisis sistem produksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.8.   Memproduksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

 

·       Sistem Produksi tanaman hias

·       Penyiaan Media/lahan

·       Penyiapan bibit

·       Penanaman

·       Pengairan

·       Pemupukan

·       Pengendalian hama dan penyakit

·       Teknik pengemasan hasil budidaya tanaman hias

·       Desain dan kemasan produk budidaya tanaman hias

 

·       Mengamati dengan cara membaca,  menyimak  dari kajian literatur/media atau menonton tayangan video tentang sistem produksi dan pengemasan produk budidaya tanaman hias.

·       Melakukan kegiatan observasi ke tempat budidaya dan pengemasan tanaman hias.

·       Membuat pertanyaan tentang sistem produksi dan pengemasan produk budidaya tanaman hias di  daerah setempat.

·       Memproduksi tanaman hias berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·       Latihan melakukan pengemasan tanaman hias

·       Mengolah data/informasi hasil budidaya tanaman hias di daerah setempat atau nusantara.

·       Menyajikan data hasil usaha produksi budidaya tanaman hias

3.9. Memahami perhitungan biaya produksi (Harga Pokok Produksi) produk tanaman hias

4.9.  Menghitung biaya produksi (Harga Pokok Produksi) tanaman hias

·       Komponen Biaya Produksi

·       Perhitungan laba rugi

·       Penentuan Harga Jual

·  Membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentang perhitungan harga pokok produksi usaha budidaya tanaman hias

·  Membuat pertanyaan mengenai hal yang belum diketahui

·   Mengumpulkan informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi  tentang penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman hias

·   Latihan menghitung Harga Pokok Produksi , harga jual dan laba rugi

·   Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur dan observasi  tentang penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman hias

·  Menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan/kajian literatur  dan diskusi tentang penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman hias

·  Mengevaluasi dan melaporkan penghitungan harga pokok produk budidaya tanaman hias

3.10 Memahami strategi pemasaran produk usaha budidaya tanaman hias secara langsung

4.10. Memasarkan produk usaha budidaya tanaman hias secara langsung

·      Target konsumen

·      Pesaing Usaha

·      Perencanaan Pemasaran langsung/ direct selling)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Membaca,  menyimak  dari kajian literatur/video /melakukan observasi ke pasar tradisional, supermarket, atau sentra penjualan produk tanaman hias.

·       Membuat pertanyaan pada hal yang belum dipahami dari bacaan, video, observasi , supermarket, atau sentra penjualan produk tanaman hias

·       Memasarkan hasil usaha budidaya tanaman hias

secara langsung ( direct selling)

·       Mengolah informasi yang didapat dari kajian literatur, observasi ke tempat budidaya tanaman hias, dan hasil pemasaran yang berkaitan dengan pemasaran produk usaha budidaya tanaman hias.

·       Mengevaluasi, menyimpulkan  dan melaporkan hasil pengamatan/kajian literatur pemasaran produk usaha budidaya tanaman hias

3.11. Memahami proses evaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman hias

4.11. Mengevaluasi hasil kegiatan usaha budidaya tanaman hias

·   Evaluasi hasil usaha budidaya tanaman hias

·   Permasalahan usaha dan solusinya

·   Tindak lanjut usaha

 

·       Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·       Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·       Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·       Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan dan tindak lanjutnya

·       Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·       Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)

Pengolahan
Alokasi waktu: 2 Jam Pembelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1.    Memahami  karakteristik  kewirausahaan (misalnya  berorientasi ke masa  depan dan berani  mengambil  resiko) dalam  menjalankan  kegiatan usaha bahan pangan

4.1     Mengidentifikasi  karakteristik  kewirausahaan  berdasarkan keberhasilan  dan  kegagalan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati hewani

·        Kualitas dasar

·        kualitas intrumental

·        Pengembangan Kewirausahaan

·        Ciri-ciri seorang wirausahawan

·        Keberhasilan dan kegagalan wirausahawan

 

·         Memabaca atau menonton video tentang  kisah  sukses dan kegagalan seorang wirausahawan

·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·         Mengumpulkan data/informasi tentang pengertian kewirausahaan, macam- macam  kualitas dasar dan kualitas insrumental wirausaha yang berhasil dan gagal

·         Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta membuat hubungan antara pengetahuan  kewiraushaan dan praktik/pengalaman wirausahawan

·         Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media(lisan dan tulisan)

3.2 Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran.

4.2. Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

·        Ide dan peluang usaha

·        Analisa peluang usaha

·        Sumber daya yang di butuhkan

·        Administrasi dan pemasaran

·        Komponen perencanaan usaha

·        Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

·         Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan

·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·         Menentukan usaha pengolahan makanan awetan yang akan dilakukan

·         Membuat  perencanaan usaha  pengolahan  makanan

·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.3 . Menganalisis sistem pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati dan pengemasan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.3. Mengolah makanan awetan dari bahan pangan nabati berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·   Jenis dan karakteristik bahan dan alat pengolahan

·   Macam-macam  makanan awetan

·   Teknik pengolahan/pengawetan

·   Tahapan proses pengolahan/pengawetan

·   Jenis dan kegunaan bahan kemas

·   Teknik penyajian dan pengemasan

 

 

·         Mengamati berbagai produk makanan awetan di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·         Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         Latihan membuat makanan  awetan dan mengemas dari  bahan pangan nabati

·         Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen pengolahan  makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

3.4. Memahami perhitungan biaya pengolahan (Harga Pokok Pengolahan) makanan awetan dari bahan pangan nabati

4.4. Menghitung hasil perhitungan biaya pengolahan (Harga Pokok     Pengolahan) makanan awetan dari bahan pangan nabati hasil perhitungan biaya pengolahan (Harga Pokok     Pengolahan) makanan awetan dari bahan pangan nabati

·        Komponen biaya produksi

·        Penentuan harga jual

·        Perhitungan laba- rugi

 

 

·         Membaca literatur atau buku teks Harga Pokok Produksi (HPP) makanan

·         Mengumpulkan data/informasi tentang untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         latihan menghitung Harga Pokok Produksi sesuai kasus yang diberikan guru dan mengevaluasi hasil perhitungan

·         Mengolah dan menganalisis data yang terkumpul dari hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

·         Menyajikan  hasil  analisis dan simpulan tentang hasil diskusi dan latihan serta membuat kesimpulan

3.5. Memahami pemasaran produk pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati secara langsung

4.5. Memasarkan produk usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati secara langsung

·        Mengenal konsumen dan pesaing

·        Strategi pemasaran

·        Rencana pemasaran

 

 

 

·         Mengamati kegiatan pemasaran produk awetan dengan  cara  observasi  ke pasar/super market/ sentra  penjualan  di sekitar sekolah atau  membaca/menyimak dari  berbagai literatur atau nara sumber lain

·         Membuat pertanyaan dan berdiskusi  untuk mendapatkan informasi tentang konsumen dan pesaing, strategi pemasaran, rencana dan media pemasaran

·         Mengumpulkan data/informasi untuk menjawab pertanyaan dan memperkuat pemahaman tentang pemasaran produk

·         Latihan  memasarkan produk makanan  melalui berbagai strategi pemasaran

·         Menganalisis dan menyimpulkan informasi/data serta menghubungkannya

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  pemasaran  produk  dalam berbagai bentuk  media (lisan/tulisan)

3.6 Menganalisis proses evaluasi hasil usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati

4.6. Mengevaluasi hasil kegiatan usaha  pengolahan makanan awetan dari bahan nabati

 

·         Komponen evaluasi hasil usaha

·         Permasalahan usaha dan solusinya

·         Pengembangan usaha

·         Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·         Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·         Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·         Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·         Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)

3.7. Memahami perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

4.7. Menyusun perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran

·         Ide dan peluang usaha

·         Analisa peluang usaha

·         Sumber daya yang di butuhkan

·         Administrasi dan pemasaran

·         Komponen perencanaan usaha

·         Langkah-langkah penyusunan perencanaan usaha

 

 

·         Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan

·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·         Membuat  perencanaan usaha  pengolahan  makanan

·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

·         Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·         Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·         Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·         Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·         Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)

3.8. Menganalisis sistem pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani dan pengemasan berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

4.8. Mengolah makanan awetan dari bahan pangan hewani berdasarkan daya dukung yang dimiliki oleh daerah setempat

·         s dan karakteristik bahan dan alat pengolahan

·         Macam-macam  makanan awetan

·         Teknik pengolahan/pengawetan

·         Tahapan proses pengolahan/pengawetan

·         Jenis dan kegunaan bahan kemas

·         Teknik penyajian dan pengemasan

·         Membaca dan mencermati model perencanaan usaha pengolahan makanan

·         Membuat pertanyaan  terhadap apa yang belum diketahui

·         Mengumpulkan data/informasi tentang ide dan peluang usaha, analisa peluang usaha, sumber daya yang di butuhkan serta administrasi dan pemasaran

·         Membuat  perencanaan usaha  pengolahan  makanan

·         Mengolah  informasi dan data yang diperoleh, membuat hubungan antara pengetahuan dan praktik dalam bentuk perencanaan usaha dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan tentang perencanaan usaha yang dibuat dalam bentuk lisan dan tulisan

3.9. Memahami perhitungan biaya pengolahan (harga pokok pengolahan) makanan awetan dari bahan pangan hewani

4.9. Menghitung biaya pengolahan (harga pokok pengolahan) makanan awetan dari bahan pangan hewani

 

 

·         Komponen Biaya Produksi

·         Perhitungan laba rugi

·         Penentuan Harga Jual

·        Mengamati berbagai produk makanan awetan di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·        Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·        Latihan membuat makanan  awetan dan mengemas dari  bahan pangan hewani

·        Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen pengolahan  makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·        Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

 

3.10. Memahami strategi pemasaran produk usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani secara langsung

3.10. Memasarkan produk usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani secara langsung

·         Target konsumen

·         Pesaing Usaha

·         Perencanaan

·         Pemasaran langsung/ direct selling)

 

 

·         Mengamati berbagai produk makanan awetan di industri sekitar sekolah, toko makanan, internet, video dan atau membaca literatur/buku teks

·         Mengumpulkan data/informasi untuk memperoleh jawaban dari berbagai pertanyaan yang dikembangkan

·         Latihan membuat makanan  awetan dan mengemas dari  bahan pangan hewani

·         Mengolah atau menganalisis  informasi yang  telah dikumpulkan  dari  kegiatan  mengamati dan eksperimen pengolahan  makanan serta membuat hubungan keduanya dan menyimpulkan

·         Menyajkan hasil analisis dan simpulan dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)

3.11. Memahami proses evaluasi hasil kegiatan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani

4.11. Mengevaluasi hasil kegiatan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan hewani

·        Komponen evaluasi hasil usaha

·        Permasalahan usaha dan solusinya

·        Pengembangan usaha

 

·         Mengamati  komponen evaluasi hasil usaha dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang relevan

·         Membuat pertanyaan untuk mendapatkan informasi tentang evaluasi hasil usaha

·         Mengumpulkan data/informasi tentang komponen evaluasi hasil usaha

·         Berlatih mengevaluasi hasil usaha yang telah dilakukan

·         Menganalisis dan menyimpulkan  informasi/data serta menghubungkan teori dan praktik evaluasi yang dilakukan

·         Menyajikan hasil analisis dan simpulan tentang  laporan hasil evaluasi dalam berbagai bentuk media (lisan/tulisan)


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel B dan tag , , . Tandai permalink.