Silabus Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Kelas XII
Alokasi waktu: 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
1.1 Menghayati nilai-nilai keadilan dalam mengatasi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara sebagai pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menghargai nilai-nilai yang melekat dalam pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara sesuai dengan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 3.1 Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus –kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara.
a. Makna Hak dan Kewajiban Warga Negara b. Substansi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Pancasila c. Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara d. Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara
|
· Mengamati tayangan vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur, membaca dari berbagai sumber tentang Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
· Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan penuh tanggung jawab menggunakanhigh-order thinking skills (HOTS)tentang Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara · Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan penuh rasa tanggung jawab tentang Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara · Menganalisis dan menyimpulkan Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. · Menyajikan hasil pengumpulan data secara bertanggung jawab dalam bentuk display atau power point tentang Kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. · Menyajikan tulisan ilmiah tentang kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara |
1.2 Mensyukuri nilai-nilai yang menunjukkan perilaku orang beriman dalam praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
2.2 Mendukung nilai-nilai praksis pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian 3.2 Memprediksi praksis (kehidupan nyata) pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian 4.2 Menalar hasil evaluasi praksis (kehidupan nyata) perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
Pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
a. Hakikat Perlindungan dan Penegakkan Hukum b. Peran Lembaga Penegak Hukum dalam Menjamin Keadilan dan Kedamaian c. Dinamika Pelanggaran Hukum |
· Mengamati tayangan vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber tentang pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
· Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakanhigh-order-thinking skills (HOTS) tentang pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian · Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan penuh disiplin tentang pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian · Mengevaluasi dan menyimpulkan tentangpelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian. · Menyajikan hasil evaluasi secara disiplin tentang pelindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian |
1.3 Meyakini nilai-nilai terkait pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK dengan senantiasa berlindung kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.3 Membedakan nilai-nilai posistif dan negatif kemajuan IPTEK dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.3 Mengkontraskan pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.3 Menyaji hasil evaluasi pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negara.
a. Pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia b. Sikap selektif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan IPTEK
|
· Mengamati tayangan vidio/film/gambar/berita dengan penuh rasa syukur dan atau ipmembaca dari berbagai sumber tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap Negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
· Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakanhigh-order-thinking skills (HOTS) tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEKterhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika · Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEK terhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika · Mengevaluasi dan mengelompokan pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEKterhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika · Menyajikan hasil evaluasidan melakukan sosiodrama pengaruh positif dan negatif kemajuan IPTEKterhadap negaradalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
1.4 Mengembangkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dengan jujur di masa yang akan datang sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.4 Mempertahankan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dimasa yang akan datang sebagai upaya dalam menjaga dan mempertahanakan negara kesatuan Republik Indonesia 3.4 Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia 4.4 Mendemonstrasikan hasil evaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahan-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia
a. Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia b. Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia dari masa ke masa |
· Mengamati tayangan vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
· Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakanhigh-order-thinking skills (HOTS) tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia · Mengumpulkan data dari berbagai sumber dengan penuh kejujuran tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia · Menganalisisdan mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia · Menyajikan hasil analisis dan evaluasi dengan penuh torelansi tentang dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia |