Silabus PPKn kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Kelas XI

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
1.1   Menghayati nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran hak dan kewajiban asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara

2.1   Menghargai nilai-nilai praksis dalam kasus-kasus pelanggaran hak dan kewajiban asasi manusia berdasarkan perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni kehidupan berbangsa dan bernegara

3.1   Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

4.1   Menyaji hasil analisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila untuk mewujudkan harmoni hak dan kewajiban asasi manusia dalam  kehidupan berbangsa dan bernegara

Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila.

a.  Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

b.  Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila

c.  Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia

d.  Upaya Penegakan  Hak Asasi Manusia

·      Mengamati  tayangan film/vidio dan atau  membaca dari berbagai sumber dengan penuh rasa syukur tentang Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·      Mengajukan pertanyaan dengan penuh kejujuran dan kedisiplinan tentang kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik dengan penuh kejujuran  dan kedisiplinan  kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·      Menganalisis kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

·      Mempresentasikan hasil analisis dengan penuh kedisplinan tentang Kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia dalam prespektif  Pancasila

1.2   Menghargai  nilai-nilai pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam berdemokrasi Pancasila sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2.2   Mengembangkan nilai-nilai praksis demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.2   Mengkreasikan  sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.2   Mendemonstrasikan hasil analisis tentang sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem dan dinamika demokrasi Pancasila.

a.    Hakikat demokrasi

b.    Dinamika penerapan demokrasi di Indonesia

c.    Membangun kehidupan yang demokratis di Indonesia

•     Mengamati  tayangan vidio/film/gambar, Membaca dari berbagai sumber dengan rasa tanggung jawab, mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang sistem dan dinamikademokrasi Pancasila.

•     Mengumpulkan data dari berbagai sumber secara bertanggung jawab tentang sistem dan dinamikademokrasi Pancasila

•     Menganalisis dan membandingkan sistem dan dinamikademokrasi Pancasila dalam berbagai kurun waktu.

•     Menyajikan hasil analisis tentang sistem dan dinamikademokrasi Pancasila

1.3   Mensyukuri  nilai-nilai dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia secara adil sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945secara adil

2.3   Menanamkan  nilai-nilai instrumental dalam sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.3   Memproyeksikan sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3   Menyaji hasil penalaran tentang  sistem hukum dan peradilan di Indonesia sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Sistem hukum dan peradilan di Indonesia

a.  Sistem hukum di Indonesia

b.  Mencermati sistem peradilan di Indonesia

c.  Menampil-kan sikap yang sesuai dengan hukum

•     Mengamati  tayangan vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur dan atau  membaca dari berbagai sumber tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia

•     Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dari konsep sampai hipotesis secara pro aktif dan responsive tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia

•     Mengumpulkan data secara pro aktif dan responsive dari berbagai sumber tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia

•     Menganalisis dan menyimpulkan serta menyaji hasil analisis secara pro-aktif dan responsif tentang sistem hukum dan peradilan di Indonesia

1.4   Menghayati nilai-nilai dengan penuh rasa syukur atas peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia.

2.4   Menata nilai–nilai praksis dalam dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

3.4   Menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

4.4   Mengkreasikan  dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

Peran Indonesia dalam perdamaian dunia

a.  Peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia melalui hubungan internasional

b.  Peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia melalui organisasi    internasional

 

 

•     Mengamati  tayangan vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur dan atau   membaca dari berbagai sumber tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia

•     Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan secara santun dan toleran dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia

•     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia

•     Menganalisisdan menyimpulkan serta menyaji hasil analisis  tentangperan Indonesia dalam perdamaian dunia

1.5   Mensyukuri  nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dalam bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam membangun integrasi nasional berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

2.5   Mempertahankan  nilai-nilai praksis yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dan strategi mengatasinya dalam membangun integrasi nasional berdasarkan asas Bhinneka Tunggal Ika

3.5   Memprediksi  kasus-kasus ancaman terhadap Ipoleksos-budhankamdalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5   Mendemonstrasikan  hasil analisis penyelesaian kasus-kasus ancaman terhadap Ipoleksos-budhankam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

a.  Ancaman terhadap integrasi nasional

b.  Strategi dalam mengatasi berbagai ancaman terhadap bidang      ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam membangun integrasi nasional

•     Mengamati  tayangan  vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

•     Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan menggunakan high-order- thinking skills  (HOTS) dengan  percaya diri tentang kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

•     Mengumpulkan data dari berbagai sumber secara bertanggung-jawab tentang kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

•     Menganalisis dan menyimpulkan kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

•     Menyajikan hasil analisis dengan melakukan debat terbuka  secara bertanggung-jawab dan percaya diri tentang kasus-kasus ancaman terhadap Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

1.6   Menghayati nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia secara adil secara adil

2.6   Mewujudkan  nilai-nilai praksis persatuan dan kesatuan bangsa dalam NegaraKesatuan Republik Indonesia.

3.6   Merasionalkan faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

4.6   Menyaji hasil analisis tentang  faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

Faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

a.  Makna persatuan dan kesatuan bangsa

b.  Kehidupan bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

c.  Faktor pendorong dan penghambat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia

d.  Perilaku yang menunjukkan sikap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

•     Mengamati  tayangan  vidio/film/gambar dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

•     Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan tentang faktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

•     Mengumpulkan data dari berbagai sumber secara bekerja, menganalisis dan menyimpulkanfaktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa

•     Menyajikan hasil analisis tentangfaktor pendorong dan  penghambat persatuan dan kesatuan bangsa


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , , . Tandai permalink.