Silabus PPKn kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Kelas X
Alokasi waktu 2 jam pelajaran/minggu

Kompetensi dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
1.1.Mensyukuri  nilai-nilai Pancasila dalam praktik penyelenggaraan  pemerintahan negara sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa

2.1  Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyenggaraan  pemerintah Negara

3.1  Menganalisis Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4.1.    Mewujudkan keputusan bersama sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

a.    Sistem Pembagian Kekuasaan Negara

b.    Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian

c.    Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau  membaca dari berbagai sumber (buku, media cetak maupun elektronik)nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara

·         Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan mendalam/dialektis dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS)

·         tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (Buku yang relevan, media masa, memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi)dengan penuh kejujuran dan toleransi tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

·         Menganalisis dan mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok tentangtentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

1.2.Menghayati nilai-nilai konstitusional ketentuan Undang-undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan secara adil

2.2  Mendukung nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

3.2  Mengkatagorikan ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

4.2  Menyaji hasil analisis  tentang ketentuan Undang-undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara  dan penduduk, agama dan kepercayaan, serta  pertahanan dan keamanan

Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945  yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

a.    Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

b.    Kedudukan warga negara dan Penduduk Indonesia

c.    Kemerdekaan beragama dan berkepercayaan terhadap Tuhan YME di Indonesia

d.    Sistem Pertahanan dan Keamanan Negara Republik Indonesia

 

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau  melakukan kajian konstitusionalitas  (membaca ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945)  yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

·         Mengidentifikasi dan mengajukan  pertanyaan dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang Ketentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

·         Menganalisis dan menyimpulkan serta mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentangKetentuan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

1.3.Menghargai nilai-nilai terkait fungsi lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil

2.3  Mendukung perilaku peduli terhadap  nilai-nilai terkait fungsilembaga-lembaga negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

3.3  Mensintesiskan  kewenangan  lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3  Mendemonstrasikan  hasil analisis   tentang kewenangan  lembaga-lembaga Negara menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Kewenangan  lembaga-lembaga Negara.

a.    Suprastruktur dan Infrastruktur sistem politik Indonesia

b.    Lembaga-lembaga Negara Republik Indonesia menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Tata kelola pemerintahan yang baik

c.    Partisipasi warga negara dalam sistem politik RI

 

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau  membaca dari berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) tentang kewenangan  lembaga-lembaga Negara.

·         Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang kewenangan  lembaga-lembaga Negara

·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dengan penuh disiplin dantanggung jawab tentang kewenangan  lembaga-lembaga Negaramenurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

·         Menyimpulkan dan  mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok tentangkewenangan  lembaga-lembaga Negaramenurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1.4.Menghayati nilai-nilai tentang  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara adil

2.4  Menghargai nilai-nilai tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerahmenurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

3.4  Mengkreasikan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.4  Menyaji hasil penalaran  tentang  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

a.    Desentralisasi atau otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

b.    Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat

c.    Kedudukan dan Peran Pemerintah Daerah

d.    Hubungan Struktural dan Fungsional Pemerintah Pusat dan Daerah

·         Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan secara pro-aktif dan responsifdengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik secara pro aktif dan responsif tentanghubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

·         Menganalisis, menyimpulkan dan  mempresentasikan hasil analisis data dan hasil proyek Kewarganegaraan secara pro aktif dan responsif tentanghubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah

1.5.Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

2.5  Mendukung  nilai-nilai yang membentuk komitmen integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.5  Menganalisis faktor-faktor pembentuk integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

4.5  Mendesemontarsikan  faktor-faktor pembentuk integrasi nasionaldalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional.

a.    Kebhinnekaan Bangsa Indonesia

b.    Konsep Integrasi Nasional

c.    Faktor-faktor Pembentuk Integrasi Nasional

d.    Tantangan dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

e.    Peran serta warga negara dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

 

 

·         Mengamati gambar tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau  membaca dari berbagai sumber (buku, media cetak maupun elektronik) tentang Faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·         Mengidentifikasi dan bertanya mendalam/ dialektis secara damai dan toleran dengan menggunakan high- order-thinking skills (HOTS) tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·         Mengumpulkan informasi dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, menga-nalisis dan menyimpul-kan hasil analisis/diskusi kelompok tentang faktor-faktor pembentuk integrasi nasional

·         Mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok melalui debat pro kontra  tentangfaktor-faktor pembentuk integrasi nasional

1.6  Mensyukuri nilai-nilai yang membentuk kesadaran akan ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

2.6  Meyakini nilai-nilai ketahanan terkait ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya dibidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

3.6  Memprediksi indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika

4.6  Menyaji hasil analisis  tentang ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanandalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika

Indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

a.   Ancaman terhadap integritas  nasional

b.   Ancaman di bidang Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

c.   Peran masyarakat  untuk mengatasi berbagai ancaman dalam rangka membangun  integritas  nasional

 

·      Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau membaca dari berbagai sumber (buku, artikel, media cetak maupun elektronik) tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

·      Mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan menggunakan high-order-thinking skills (HOTS) tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

·      Mengumpulkan informasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan menganalisissecara bekerjasama dan bergotong tentang indikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

·      Mempresentasikan hasil analisis kerja kelompok dan proyek kewarganegaraan secara bekerjasama dan bergotong royong tentangindikator ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan

1.6.Menghayati nilai-nilai pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia secara adil

2.7  Mengembangkan nilai-nilai tentang pentingnya wawasan nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

3.7  Mengkarakteristikkan arti pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4.7  Mewujudkan keputusan bersama terkait arti pentingnya Wawasan Nusantara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia

Arti pentingnya Wawasan Nusantara

a.     Konsep Wawasan Nusantara

b.     Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara

c.     Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

d.     Peran serta warga negara dalam mendukung implementasi wawasan nusantara

 

·          Mengamati gambar /tayangan vidio/film dengan penuh rasa syukur dan atau   membaca dari berbagai sumber (buku, artikel, dan media cetak maupun elektronik tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·          Mengidintifikasi dan mengajukan pertanyaan dengan  menggunakanhigh-order-thinking skills (HOTS) tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·          Mengumpulkan informasi, dan menganalisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara

·          Menyimpulkan dan mengambil keputusan bersama hasil analisis tentang arti pentingnya Wawasan Nusantara


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , , . Tandai permalink.