Silabus PJOK kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Semoga membantu..
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1  Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainanbola besar *)

4.1  Mempraktikkan hasil ranca-ngan pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainanbola besar *)

 

Sepakbola:

·    Pola penyerangan 4-3-3.

·    Pola penyerangan 4-2-4.

·    Pola penyerangan 3-2-5

·    Pola pertahanan 4-3-3.

·    Pola pertahanan 4-4-2

·    Pola pertahanan 5-3-2.

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan sepakbola (pola penyerangan 4-3-3, 4-2-4, 3-2-5, pola pertahanan 4-3-3, 4-4-2, 5-3-2).

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.

·      Siswa menerima umpan balik dari guru.

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan.

·      Siswa mencoba tugas merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan sepakbolake dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, percaya diri, dan kerja sama.

Bolavoli:

·    Sistem penyerangan dari tepi ( posisi 2 dan 4 )

·    Sistem penyerangan dari tengah ( posisi 3 )

·    Sistem penyerangan kombinasi tepi dan tengah ( posisi 2, 3 dan 4 )

·    Pola pertahanan terhadap servis

·    Pola pertahanan terhadap smash

·    Pola pertahanan terhadap bola dari pantulan/ block

 

·      Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan.

·      Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang keterampilan penyerangan dan pertahanan permainan bolavoli (penyerangan dari posisi 2 dan 4, dari tengah posisi 3, pola pertahanan terhadap servis dan smash, dan bola dari pantulan/bloc).

·      Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja).

·      Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru.

·      Siswa mencoba tugas merancang penyerangan dan pertahananpermainan bolavolike dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, percaya diri, dan kerja sama.

Bolabasket:

·  Penyerangan individual

·  Penyerangan group

·  Penyerangan Tim

·  Pertahanan daerah

·   Pertahanan satu lawan satu

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang merancang penyerangan dan pertahanan permainan bolabasket (penyerangan individual, group, dan tim, pertahanan daerah dan satu lawan satu).

·      Siswa membagi diri ke dalam lima kelompok sesuai dengan materi (materi menjadi nama kelompok, contoh kelompok penyerangan individual, kelompok group, tim, dan seterusnya). Di dalam kelompok ini setiap siswa secara berulang-ulang mempraktikkan gerak sesuai dengan nama kelompoknya.

·      Setiap anggota kelompok berkunjung ke kelompok lain untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompok lain setelah mendapatkan aba-aba dari guru.

·      Setiap anggota kelompok kembali ke kelompok masing-masing untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompoknya sendiri setelah mendapatkan aba-aba dari guru

3.2  Merancang pola penyerangan dan pertahanan salah satu permainanbola kecil *)

4.2  Mempraktikkan hasil rancangan pola penye-rangan dan pertahanan salah satu permainanbola kecil *)

 

 

 

Softball:

· Taktik perorangan

· Taktik Kelompok

· Taktik Beregu

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan softball (taktik perorangan, kelompok, dan beregu).

·      Siswa mencoba dan melakukan merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan softball (taktik perorangan, kelompok, dan beregu).

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.

·      Siswa memperagakan hasil belajar merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan softball ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, percaya diri, dan kerja sama.

Bulutangkis:

·    Permainan mengutama-kan kekuatan

·    Permainan mengutama-kan kecepatan

·    Permainan mengutama-kan daya tahan

·    Permainan mengutama-kan gerak tipu

 

·      Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan.

·      Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan bulutangkis (pola penyerangan dan pertahanan permainan bulutangkis (permainan mengutamakan kekuatan; permainan mengutamakan kecepatan; permainan mengutamakan daya tahan; permainan mengutamakan gerak tipu).

·      Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja).

·      Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru.

Tenis Meja:

·    Penyerangan dan pertahanan dengan drive

·    Penyerangan dan pertahanan dengan push

·    Penyerangan dan pertahanan dengan chop

·    Penyerangan dan pertahanan dengan block

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang pola penyerangan dan pertahanan permainan tenis meja (pola penyerangan dan pertahanan permainan tenismeja (dengan drive; dengan push; dengan chop; dengan block).

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.

·      Siswa menerima umpan balik dari guru.

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan.

3.3 Merancang simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan *)

4.3  Mempraktikkan hasil rancangan simulasi perlombaan jalan cepat, lari, lompat dan lempar yang disusun sesuai peraturan *)

Jalan Cepat:

·      Start

·      Gerakan jalan cepat

·      Memasuki garis  finis

 

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang merancang perlombaan jalan cepat (start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis menempuh jarak tertentu).

·      Siswa mencoba dan melakukan perlombaan jalan cepat (start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis menempuh jarak tertentu).

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru.

·      Siswa memperagakan hasil belajar merancang perlombaan jalan cepat (start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis menempuh jarak tertentu) ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

Lari Jarak Pendek:

·      Start

·      Gerakan jalan cepat

·      Memasuki garis  finis

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang perlombaan lari jarak pendek (start, gerakan lari jarak pendek,dan memasuki garis  finis).

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran

·      Siswa menerima umpan balik dari guru

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan

·      Siswa mencoba tugas merancang perlombaan lari jarak pendek ke dalam permainan sederhana dan atau tradisionaldilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

Lompat Tinggi:

·      Awalan

·      Tolakan

·      Sikap badan di udara

·      Sikap mendarat

·      Siswa menerima dan mempelajari lembar periksa sendiri (selfcheck sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang perlombaanlompat jauh(awalan, tumpuan, melewati mistar, dan mendarat)

·      Siswa mencoba melakukan gerak sesuai dengan gambar dan diskripsi yang ada pada lembar periksa sendiri

·      Siswa melakukan tugas gerak dan memeriksa keberhasilannya sendiri (sesuai indikator atau tidak) secara berurutan satu persatu. Jika telah menguasai gerakan pertama (awalan dengan tolakan, maka dipersilahkan untuk melanjutkan ke gerakan kedua gerakan tumpuan dan melewati mistar, dan jika belum maka harus mengulang kembali gerakan pertama. Demikian seterusnya hingga tuntas seluruh materi

·      Siswa mendapatkan umpan balik secara intrinsik (intrinsic feedback) dari diri sendiri

·      Siswamelakukan merancang perlombaanlompat jauh ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

Tolak Peluru:

·      Awalan

·      Menolak peluru

·      Gerakana lanjutan

 

·      Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan

·      Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas merancang perlombaan tolak peluru (awalan,  menolak peluru, dan  gerakan lanjutan)

·      Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja)

·      Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru

·      Siswa mencoba tugas merancang perlombaantolak peluruke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

3.4 Merancang pola penyerangan dan pertahanandalamolahraga beladiri yang disusunsesuai peraturan permainan**

4.4Mempraktikkan hasil rancangan pola penyerangan dan pertahanandalamolahraga beladiri yang disusunsesuai peraturan permainan**

 

 

 

 

Pencaksilat:

·    Pola penyerangan dengan pukulan

·    Pola penyerangan dengan tendangan

·    Pola pertahanan dengan tangkisan

·    Pola pertahanan dengan elakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang merancang pola penyerangan dan pertahanan beladiri (pola penyerangan dengan pukulan; pola penyerangan dengan tendangan; pola pertahanan dengan tangkisan; pola pertahanan dengan elakan)

·      Siswa mencoba dan melakukan pola penyerangan dan pertahanan beladiri (pola penyerangan dengan pukulan; pola penyerangan dengan tendangan; pola pertahanan dengan tangkisan; pola pertahanan dengan elakan)

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru

·      Siswa memperagakan hasil belajar merancang pola penyerangan dan pertahanan beladirike dalam rangkaian gerakan sederhana dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, keberanian, dan kerja sama

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

3.5 Merancang program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilansecara pribadi

4.5 Mempraktik-kan hasil rancangan program latihan untuk meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan dan keterampilansecara pribadi.

 

Aktivitas Kebugaran:

·    Program latihan

·    Meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait kesehatan secara pribadi

·    Meningkatkan derajat kebugaran jasmani terkait keterampilansecara pribadi

 

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang program latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan(kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan, dan kelenturan); dan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)

·      Siswa mencoba dan melakukan program latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan(kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan, dan kelenturan); dan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru

·      Siswa memperagakan hasil belajar latihan kebugaran jasmani ke dalam bentuk sirkuit trainingdilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

3.6 Merancang beberapa pola rangkaian keterampilan senam lantai.

4.6Mempraktik-kan hasil rancang beberapa pola rangkaian keterampilan senam lantai

 

 

 

 

Senam Lantai:

·         Sikap lilin

·         Berdiri dengan satu kaki

·         Berguling ke depan

·         Berguling Kebelakang

·         Meroda

·         Round off

·         Kayang

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang merancang pola rangkaian keterampilan senam lantai (guling ke depan dengan guling ke belakang; guling ke depan dengan guling lenting; guling ke belakang dengan lenting lenting)

·      Siswa mencoba kombinasi gerak spesifik senam lantai yang telah diperagakan oleh guru

·      Siswa mempraktikkan secara berulang pola rangkaian keterampilan senam lantai sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru ke dalam rangkaian sederhana dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, keberanian, dan kerja sama

·      Siswa menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal

3.7 Merancang sistematika latihan (gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama

4.7 Merancang sistematika latihan (gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama

 

Aktivitas Ritmik:

·         Pemanasan

·         Inti

·         Pendinginan

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang merancang sistematika latihan (gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama

·      Siswa mencoba dan melakukan merancang sistematika latihan (gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan) dalam aktivitas gerak berirama

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru

·      Siswa memperagakan hasil belajar merancang sistematika latihan dalam aktivitas gerak berirama ke dalam bentuk rangkaian sederhana dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

3.8 Menganalisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan  penyelamatan diri, dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu ***)

4.8 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan dua gaya renang untuk keterampilan  penyelamatan diri, dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu ***)

 

Renang:

·         Renang Gaya bebas

·         Renang gaya dada

·         Renang pertolongan

·         Penggunaan alat bantu pertolongan

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan aktivitas airrenang gaya dada dan bebas dan  penyelamatan diri, dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu)

·      Siswa mencoba keterampilan aktivitas airrenang gaya dada dan bebas dan penyelamatan diri, dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu) yang telah diperagakan oleh guru

·      Siswa mempraktikkan secara berulang keterampilan aktivitas airrenang gaya dada dan bebas dan penyelamatan diri, dan tindakan pertolongan kegawatdaruratan di air dengan menggunakan alat bantu) sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai disiplin, percaya diri, keberanian, dan kerja sama

3.9 Menganalisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari Penyakit Menular Seksual (PMS)

4.9 Mempresentasikan hasil analisis langkah-langkah melindungi diri dan orang lain dari Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit Menular Seksual:

·         Hakekat PMS

·         Penyebab PMS

·         Macam-macam PMS

·         Langkah-langkah melindungi diri dari PMS

·         Langkah-langkah melindungi orang lain dari PMS

 

·      Siswa membagai diri menjadi lima kelompok/sesuai dengan pokok bahasan (hakekat, penyebab, macam-macam, langkah-langkah perlindungan diri, dan orang lain dari PMS)

·      Setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada kertas plano untuk ditempel di dinding dan dibaca oleh kelompok lain

·      Setiap anggota kelompok membaca dan mencatat hasil diskusi kelompok lain yang ditempel, kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tersebut (paling sedikit satu pertanyaan setiap kelompok/lima pertanyaan)

·      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh kelompok lain yang membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel B dan tag , , . Tandai permalink.