Silabus PJOK kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Semoga membantu..

  1. Kelas X

Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yangbaik*)

4.1 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak salah satu per-mainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik *)

 

Sepakbola:

·      Mengumpan bola

·      Menembak bola

·      Mengontrol bola

·      Menggiring bola

·      Menyundul bola

·      Lemparan kedalam

·      Gerak tanpa bola

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan gerak permainan sepakbola (mengumpan bola, menembak bola, mengontrol bola, menggiring bola, menyundul bola, lemparan kedalam, gerak tanpa bola)

·      Siswa mencoba dan melakukan keterampilan gerak permainan sepakbola (mengumpan bola, menembak bola, mengontrol bola, menggiring bola, menyundul bola, lemparan kedalam, gerak tanpa bola)

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru

·      Siswa memperagakan hasil belajar keterampilan gerak permainan sepakbola ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri

Bolavoli:

·      Passing bawah

·      Passing atas

·      Servis bawah

·      Servis atas

·      Smash/spike

·        Block/ bendungan

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan bolavoli (passing bawah, passing atas, servis bawah, servis atas, smash/ spike, block/bendungan) dengan berbagai bagian posisi

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.

·      Siswa menerima umpan balik dari guru.

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan bolavoli ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri

Bolabasket:

·      Melempar bola

·      Menangkap bola

·      Menggiring bola

·      Menembak bola

·      Lay Up shoot

·      Pivot

·      Rebound

 

·      Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan

·      Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola, lay up shoot, pivotdan rebound) dengan berbagai posisi)

·      Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja)

·      Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan bolabasket ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

3.2      Menganalisis keterampilan gerak salah satu per-mainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik*

4.2 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk meng-hasilkan koordinasi gerak yang baik*

 

Softball:

· Melempar,

· Menangkap,

· Memukul bola menggunakan pemukul,

· Berlari ke base,

· Mematikan lawan.

 

 

 

 

 

 

·      Siswa mendapatkan pasangan sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan

·      Siswa bersama pasangan menerima dan mempelajari lembar kerja (student work sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan softball (melempar,  menangkap, memukul bola menggunakan pemukul, berlari ke base, dan mematikan lawan).

·      Siswaberbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan tugas gerak satu persatu dan pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak sesuai dengan lembar kerja)

·      Siswa berganti peran setelah mendapatkan aba-aba dari guru

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan softballke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

Bulutangkis:

·      Posisi berdiri dan foot work,

·      Pegangan raket,

·      Pukulan atas dan bawah,

·      Servis

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak permainan bulutangkis (posisi berdiri dan footwork, pegangan raket, pukulan atas dan bawah, dan servis)

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran

·      Siswa menerima umpan balik dari guru.

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan bulutangkiske dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri.

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

Tenis Meja:

·      Memegang bet

·      Pukulan forehand dan backhand

·      Servis

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan gerak permainan tenis meja (memegang bet, pukulan forehand dan backhand, dan servis)

·      Siswa membagi diri ke dalam delapan kelompok sesuai dengan materi (materi menjadi nama kelompok, contoh kelompok memegang bet, kelompok pukulanforehand, dan seterusnya). Di dalam kelompok ini setiap siswa secara berulang-ulang mempraktikkan gerak sesuai dengan nama kelompoknya

·      Setiap anggota kelompok berkunjung ke kelompok lain untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompok lain setelah mendapatkan aba-aba dari guru

·      Setiap anggota kelompok kembali ke kelompok masing-masing untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompoknya sendiri setelah mendapatkan aba-aba dari guru

·      Siswa menerima umpan balik secara individual maupun klasikal dari guru.

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak permainan tenismeja ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin, sportif, kerja sama, dan percaya diri

3.3 Menganalisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk meng-hasilkan gerak yang efektif * )

4.3 Mempraktik- kan hasil analisis keterampilan jalan cepat, lari, lompat dan lempar untuk menghasilkan gerak yang efektif *)

 

Jalan Cepat:

·    Start

·    Gerakan jalan cepat

·    Memasuki garis  finis

 

 

 

 

 

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak jalan cepat (gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis).

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran.

·      Siswa menerima umpan balik dari guru.

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak jalan cepatke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

Lari Jarak Pendek:

·    Start

·    Gerakan lari jarak pendek

·    Memasuki garis  finis

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang keterampilan gerak lari jarak pendek (gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis)

·      Siswa mencoba dan melakukan keterampilan gerak lari jarak pendek  (gerak start, gerakan jalan cepat, dan memasuki garis  finis) dengan berbagai posisi baik tanpa awalan maupun dengan awalan

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru

·      Siswa memperagakan hasil belajar keterampilan gerak lari jarak pendek ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

Lompat Jauh:

·    Awalan

·    Tolakan

·    Melayang di udara

·    Mendarat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa menerima dan mempelajari lembar periksa sendiri (selfcheck sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak lompat jauh (gerak awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat)

·      Siswa mencoba melakukan gerak sesuai dengan gambar dan diskripsi yang ada pada lembar periksa sendiri

·      Siswa melakukan tugas gerak dan memeriksa keberhasilannya sendiri (sesuai indikator atau tidak) secara berurutan satu persatu. Jika telah menguasai gerakan pertama (tolakan/tumpuan), maka dipersilahkan untuk melanjutkan ke gerakan kedua (awalan), dan jika belum maka harus mengulang kembali gerakan pertama. Demikian seterusnya hingga tuntas seluruh materi.

·      Siswa mendapatkan umpan balik secara intrinsik (intrinsic feedback) dari diri sendiri

·      Siswamelakukan keterampilan gerak lompat jauh ke dalam permainan sederhana dan atau tradisional yang dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

·      Umpan balik disediakan dalam lembar periksa sendiri, dan secara oleh siswa.

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

Tolak Peluru:

·    Memegang peluru

·    Awalan

·    Menolak peluru

·    Gerak lanjutan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan gerak tolak peluru (gerak memegang peluru, awalan, menolak peluru, gerak lanjutan)

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran

·      Siswa menerima umpan balik dari guru

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan

·      Siswa mencoba tugas keterampilan gerak tolak peluruke dalam permainan sederhana dan atau tradisional dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama.

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

3.4 Menganalisis keterampilan gerak seni dan  olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **)

4.4 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak seni dan  olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif **)

 

Pencaksilat:

·      Kuda-kuda

·      Pola langkah

·      Pukulan

·      Tendangan

·      Tangkisan

·      Elakan

·      Hindaran

 

 

 

 

 

 

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai keterampilan gerak beladiri (sikap kuda-kuda dan pola langkah, serangan dengan tangan, serangan dengan kaki, belaan, dan elakan)

·      Siswa membagi diri ke dalam kelompok sesuai dengan petunjuk guru

·      Siswa merancang rangkain gerak (jurus) seni beladiri sesuai dengan gerakan yang dikuasai dan kreativitas kelompok dalam bentuk tulisan dan gambar (paling tidak memuat dua puluh gerakan dan menuju tiga arah

·      Setiap anggota kelompok mencoba secara bersama-sama hasil rancangan jurus tersebut dan saling memberikan umpan balik

·      Siswa memaparkan hasil rancangan kelompoknya, disertai peragaan seluruh anggota kelompok secara bergantian di depan kelasdilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, keberanian, dan kerja sama

3.5 Menganalisis konsep latihan  dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar

4.5 Mempraktik-kan hasil analisis konsep latihan  dan pengukuran komponen kebugaran jasmani terkait kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar

Latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan:

·    Komposisi tubuh

·    Daya tahan jantung dan paru-paru/ cardivascular

·    Daya tahan otot

·    Kelentukan

·    Kekuatan

·    Pengukuran kebugaran jasmani

 

 

 

 

 

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (komposisi tubuh, daya tahan jantung dan paru-paru (cardivascular), daya tahan otot, kelentukan, dan kekuatan), serta pengukurannya

·      Siswa mencoba latihan dan pengukuran kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan yang telah diperagakan oleh guru

·      Siswa mempraktikkan secara berulang berbagai latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukurannya sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

·      Siswa menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

 

3.6 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai.

4.6 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan rangkaian gerak sederhana dalam aktivitas spesifik senam lantai.

 

 

Senam Lantai

·       Lompat kangkang

·       Lompat jongkok

·      Siswa menerima dan mempelajari kartu tugas (task sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas keterampilan rangkaian gerak senam lantai (lompat kangkang dan lompat jongkok)

·      Siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran

·      Siswa menerima umpan balik dari guru

·      Siswa melakukan pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai umpan balik yang diberikan

·      Siswa mencoba tugas keterampilan rangkaian gerak senam lantai dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, keberanian, dan kerja sama

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

3.7 Menganalisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama.

4.7 Mempratikkan hasil analisis gerak rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama

 

 

Aktivitas Gerak Berirama:

·      Langkah

·      Ayunan Lengan

·      Siswa menyimak tujuan pembelajaran, dan penjelasan permasalahan yang akan diselesaikan mengenai rangkaian keterampilan gerak dalam aktivitas gerak berirama (langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak)

·      Siswa menyimak langkah-langkah menyelesaikan masalah dalam aktivitas gerak berirama

·      Siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, mencoba gerak dasar berirama untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, serta menerima umpan balik dari guru

·      Siswa berbagi tugas dengan teman dalam merencanakan dan menyiapkan karya sebagai laporan untuk menjawab permasalahan sesuai arahan guru

·      Siswa bersama kelompok memaparkan temuan dan karyanya di depan kelas secara bergantiandilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran berdasarkan kualitas laporan dan dalam mengatasi persoalan.

3.8 Menganalisis keterampilan satu gaya renang ***)

4.8 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan satu gaya renang ***)

Renang:

·      Gerakan kaki

·      Gerakan tangan

·      Pengambilan napas

·      Koordinasi gerakan

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai keterampilan gerak aktivitas airrenang gaya bebas (gerakan kaki, gerakan lengan, mengambil napas, dan koordinasi gerakan)

·      Siswa mencoba keterampilan gerak aktivitas air yang telah diperagakan oleh guru

·      Siswa mempraktikkan secara berulang berbagai keterampilan gerak aktivitas air sesuai dengan komando dan giliran yang diberikan oleh guru dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, keberanian, dan kerja sama

·      Siswa menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara klasikal

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

3.9 Memahami konsep dan prinsip pergaulan yang sehat.

4.9 Mempresen-tasikan konsep dan prinsip pergaulan yang sehat

 

Pergaulan sehat:

·      Konsep pergaulan sehat

·      Prinsip pergaulan sehat

·      Menghindari Pergaulan yang tidak sehat

·      Dampak pergaulan yang tidak sehat

·      Siswa membagai diri menjadi empat kelompok/sesuai dengan pokok bahasan (konsep pergaulan sehat, prinsip pergaulan sehat, pergaulan tidak sehat, dan dampak pergaulan tidak sehat)

·      Setiap kelompok berdiskusi dan menuliskan hasil diskusi pada karton untuk ditempel di dinding dan dibaca oleh kelompok lain

·      Setiap anggota kelompok membaca dan mencatat hasil diskusi kelompok lain yang ditempel, kemudian membuat pertanyaan sesuai dengan pokok bahasan tersebut (paling sedikit satu pertanyaan setiap kelompok/empat pertanyaan)

·      Setiap kelompok mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh kelompok lain yang membahas pokok bahasan sesuai pertanyaan tersebut

·      Setiap kelompok menyusun simpulan akhir dan membacakannya di akhir pembelajaran secara bergiliran dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama

·      Hasil belajar siswa dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran

3.10 Menganalisis berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika,  zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya

4.10 Mempresent-asikan berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika, zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya.

NAPZA:

·      Peraturan perundangan

·      Konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar .

·      Penyebab

·      Gejala

·      Dampak

·      Pencegahan

·      Siswa menyimak informasi dan peragaan materi tentang berbagai peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,  zat-zat aditif (NAPZA) dan obat berbahaya lainnya serta penyebab; gejala;  dampak pengguna narkoba

·      Siswa melaporkan/ mempresentasikan hasil pengamatan dihadapan guru dan teman sekelas tentang peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,  zat-zat aditif (NAPZA)

·      Siswa mendapatkan umpan balik dari diri sendiri, teman dalam kelompok, dan guru

·      Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi tentang peraturan perundangan serta konsekuensi hukum bagi para pengguna dan pengedar narkotika, psikotropika,  zat-zat aditif (NAPZA) secara individual atau berkelompok dilandasi nilai-nilai disiplin,percaya diri, sungguh-sungguh, dan kerja sama


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel B dan tag , , . Tandai permalink.