Silabus Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Menjelaskan logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal) untuk menguji validitas argumen

4.1 Menggunakan logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal) untuk menguji validitas argumen yang berkaitan dengan masalah kontekstual

Logika Matematika

– Pernyataan Berkuantor

– Pernyataan penyangkal (ingkaran)

– Penarikan kesimpulan

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada logika matematika, pernyataan berkuantor, dan pernyataan penyangkal (ingkaran) yang terkait dengan penarikan kesimpulan

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menguji validitas argumen dengan logika matematika, pernyataan berkuantor, dan penalaran formal yang berkaitan dengan masalah kontekstual

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan logika matematika

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan logika matematika

 

 

3.2 Menjelaskan metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematis

4.2  Menggunakan metode pembuktian untuk menguji kesahihan pernyataan matematis

Induksi Matematika

– Metode pembuktian langsung dan tidak langsung

– kontradiksi

– induksi matematis

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematika

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menguji kesahihan pernyataan matematis dengan metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematis

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan induksi matematika

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan induksi matematika

3.3 Menjelaskan pertidaksamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual

4.3 Menyelesaikan  masalah kontekstual  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

– Pengertian Pertidaksamaan Linier Dua Variabel

– Penerapan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel

·  Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada pertidaksamaan linear dua variabel dan masalah kontekstual yang terkait

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untukmenyelesaikan  masalah kontekstual  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

·  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

·  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

  3.4 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual

4.4Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel

Program Linear Dua Variabel

– Pengertian Program Linear Dua Variabel

– Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel

– Nilai Optimum Fungsi Objektif

– Penerapan Program Liniear Dua Variabel

·  Mengamati dan mengidentifikasi fakta padaprogram linear dua variabel dan metode penyelesaian masalah kontekstual

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untukmenyelesaikan  masalah kontekstual  yang berkaitan dengan program linear dua variabel

·  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan program linear dua variabel

·  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan program linear dua variabel

3.5   Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah  kontekstual  dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose

4.5  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya

 

3.6  Menganalisis sifat-

sifat determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3.

 

4.6  Menyelesaikan

masalah yang

berkaitan dengan

determinan dan

invers matriks

berordo 2×2 dan

3×3

 

3.7 Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dengan menggunakan matriks

 

4.7 Menyelesaikan

masalah yang

berkaitan dengan

matriks

transformasi

geometri (translasi,

refleksi, dilatasi

dan rotasi).

Matriks

– Pengertian Matriks

– Operasi Matriks

– Determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

– Pemakaian Matriks pada Transformasi Geometri

 

·  Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada matriks, dan kesamaan matriks dengan masalah kontekstual

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untukmelakukan operasi pada matriks.

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks determinan  dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3

·  Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada sifat-sifat transformasi geometri dengan menggunakan matriks

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang  berkaitan dengan      penggunaan matriks pada transformasi geometri

·    Menyajikan masalah yang berkaitan dengan matriks

 

3.8 Menganalisis  barisan berdasarkan pola iteratif dan rekursif terutama  yang meliputi barisan aritmetika dan geometri

 

4.8 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk  pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)

Barisan dan Deret

– Pola Bilangan

– Barisan dan Deret Aritmatika

– Barisan dan Deret Geometri

·  Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada barisan berdasarkan pola iteratif dan rekursif

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk  pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas) dengan pola barisan aritmetika atau geometri

·  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmetika dan geometri

·  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret artimetika dan geometri

 

3.9 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif serta sifat-sifatnya

 

4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

Limit Fungsi Aljabar ·    Mengamati dan mengidentifikasi faktapada limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) dan sifat-sifatnya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar

3.10 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar  dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi

4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar

3.11 Menganalisis  keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva

4.11 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual

Turunan Fungsi Aljabar

– Pengertian Turunan

– Sifat-Sifat Turunan Fungsi Aljabar

– Penerapan Turunan Fungsi Aljabar

– Nilai-Nilai Stasioner

– Fungsi Naik dan Fungsi Turun

– Persamaan Garis Singgung dan Garis Normal

 

·  Mengamati dan mengidentifikasi faktapada sifat-sifat turunan fungsi aljabar.

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi

·  Mengamati dan mengidentifikasi faktapada turunan pertama fungsi yang terkait dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan memakai turunan pertama

·  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar

 

3.12 Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi

4.12 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar

Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

– Pengertian Integral Tak Tentu Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

– Sifat-Sifat Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

– Penerapan Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar

 

·  Mengamati dan mengidentifikasi faktapada integral tak tentufungsi aljabar dan sifat-sifatnya

·  Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah dengan integral tak tentu fungsi aljabar

·  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu fungsi aljabar


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , . Tandai permalink.