Silabus Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1     Menyusun persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak dari masalah kontekstual

4.1     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear  satu variabel

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak

–     Pengertian persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable

–   Penerapan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

·    Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak yang sesuai.

·    Menggunakan ide-ide matematika untuk menyelesaikan persamaan dan/atau pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak.

·    Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.

·    Mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel yang memuat nilai mutlak

 

3.2     Menyusun sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah kontekstual

4.2   Menyelesaikan    masalah  kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

–   Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

–   Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

·    Mengidentifikasi kuantitas-kuantitas dan hubungan di antaranya dalam masalah kontekstual dan merumuskan sistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.

·    Menggunakan ide-ide matematika untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel.

·    Menafsirkan dan mengevaluasi penyelesaian berdasarkan konteks mula-mula.

·    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

·    Mengomunikasikan proses dan hasil pemecahan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

3.3     Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya

4.3     Menyelesaikan masalah  kontekstual yang berkaitan dengan daerah asal dan daerah hasil fungsi

3.4     Menjelaskan dan melakukan operasi aritmetika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi

4.4     Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi aritmetika dan operasi komposisi fungsi

3.5     Menjelaskan fungsi invers  dan sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya

4.5     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi

Fungsi

–     Relasi dan Fungsi

–     Operasi Aritmetika

–     Komposisi Fungsi

–     Fungsi Linear

–     Fungsi Kuadrat

–     Fungsi Rasional

–     Fungsi Invers

 

·    Mengidentifikasi hubungan antara daerah asal, daerah hasil suatu fungsi dan ekspresi simbolik yang mendefinisikannya serta mendiskusikan hubungan yang teridentifikasi dengan menggunakan berbagai representasi bersama temannya.

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontektual yang dinyatakan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk melakukan operasi aritmetika  pada fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan operasi komposisi pada fungsi

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada fungsi invers yang akan digunakan untuk menentukan eksistensinya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi

3.6     Menjelaskan hubungan antara radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut

4.6     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian atau derajat

3.7     Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

4.7     Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan  rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku

3.8 Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

4.8   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

3.9  Menjelaskan identitas dasar trigonometri sebagai hubungan antara rasio trigonometri dan perannya dalam membuktikan identitas trigonometri lainnya.

4.9   Menggunakan identitas dasar trigonometri untuk membuktikan identitas trigonometri lainnya.

3.10  Menjelaskan aturan sinus dan cosinus

4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus

3.11 Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan.

4.11 Membuat sketsa grafik fungsi trigonometri

 

Trigonometri

–     Pengukuran Sudut

–     Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku

–     Sudut-sudut Berelasi

–     Identitas Trigonometri

–     Aturan Sinus dan Cosinus

–     Fungsi Trigonometri

 

 

·    Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada radian dan derajat sebagai satuan pengukuran sudut, serta hubungannya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut dalam satuan radian atau derajat

·    Mangamati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku

·    Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi kemudian membuat generalisasinya

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi

·    Mengamati dan mengidentifikasi hubungan antara rasio trigonometri yang membentuk identitas dasar trigonometri.

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur pembuktian identitas trigonometri

·    Mengamati dan mengidentifikasi fakta pada aturan sinus dan cosinus serta masalah yang terkait

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan sinus dan kosinus.

·    Mencermati dan mengidentifikasi fakta pada grafik fungsi yang dibuat dengan menggunakan lingkaran satuan

·    Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untuk membuat seksa grafik fungsi trigonometri

·    Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , . Tandai permalink.