Silabus Bahasa Jepang peminatan kelas XI SMA dan SMK Kurikulum 2013 revisi 2016

Share

Kelas XI
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1Menggambarkan tentang lingkungan  rumah (uchi) yang terdapat pada teks transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

4.1Menulis wacana mengenai lingkungan rumah (uchi) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

 

·           Fungsi sosial

Menjalin hubungan antar keluarga dalam lingkungan hidup

 

·           Struktur  teks transaksional

–        Bertanya

–        Merespon

·           Unsur kebahasaan

Kosa kata: kata benda (tempat), kata sifat, kata kerja terkait kegiatan sehari-hari di lingkungan rumah dan sekitarnya

Penggunaan angka  secara tepat, ucapan,  intonasi yang tepat

 

·      Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan  lingkungan rumah serta meresponnya.

·      Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan  lingkungan rumah serta meresponnya.

·      Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam  mendeskripsikan  lingkungan rumah serta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya dengan berfokus pada fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

·      Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada tindakan mendeskripsikan  lingkungan rumah serta meresponnya.

·       Mendeskripsikan  lingkungan rumah serta meresponnya, dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat, dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks

·       Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan  lingkungan rumah serta meresponnya, dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

 

3.2 Menentukan  kegiatan tentang kegemaran, wisata, makanan khas, cita-cita  pada teks  transaksional lisan dan tulis  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.2  Menghasilkan wacana mengenai kegiatan  tentang kegemaran, wisata, makanan khas,  cita-cita  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

 

 

 

 

Fungsi sosial

Menunjukkan sikap personal tentang gambaran kegiatan pariwisata.

 

Struktur Teks transaksional

–       Bertanya

–       Merespon

 

Unsur Kebahasaan

Kata sifat bentuk lampau, keterangan    tempat, kata kerja, ungkapan terkait kegiatan  sehari-hari di lingkungan rumah dan  sekitarnya.

Ucapan, intonasi

 

 

·         Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan pariwisata, serta meresponnya.

·         Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan pariwisata,  serta meresponnya.

·         Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam mendeskripsikan pariwisata, serta meresponnya.

·         Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada tindakan mendeskripsikan pariwisata,  serta meresponnya.

·         Melakukan tindakan mendeskripsikan pariwisata, serta meresponnya, dengan tujuan tertentu yang berfungsi dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat, dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks

·         Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan pariwisata, serta meresponnya, dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

3.3Menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari (mainichi no seikatsu) sesuai dengan konteks penggunaannya pada teks  transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.3 Menggunakan  ungkapan yang menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari (mainichi no seikatsu) sesuai dengan konteks penggunaannya pada teks transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

·   Fungsi sosial

Menunjukkan sikap personal tentang gambaran kehidupan sehari-hari

·   Struktur  teks transaksional

–       Bertanya

–       Merespon

·   Unsur kebahasaan

Kosa kata: kata kerja, kata benda, kata keterangan terkait kegiatan  sehari-hari di lingkungan rumah dan sekitarnya.

Penggunaan angka, ucapan, tekanan kata, intonasi, tulisan tangan

 

·         Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan kehidupan sehari-hari serta meresponnya.

·         Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan kehidupan sehari-hari serta meresponnya.

·         Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam mendeskripsikan kehidupan sehari-hari serta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya dengan berfokus pada fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.

·            Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada tindakan mendeskripsikan kehidupan sehari-hari serta meresponnya.

·         Melakukan tindakan mendeskripsikan kehidupan sehari-hari serta meresponnya, dengan dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks

·         Membahas pengalaman belajar berinteraksi yang melibatkan tindakan mendeskripsikan kehidupan sehari-hari, serta meresponnya, dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks dan unsur kebahasaan yang sesuai konteks.


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel B dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *