Silabus Bahasa Jepang peminatan kelas X SMA dan SMK Kurikulum 2013 revisi 2016

Share

Kelas X
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Menentukan ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi (aisatsu) dan cara meresponnya pada teks transaksional lisan dan tulis, dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai konteks penggunaannya

 

4.1Mendramatisasikan ungkapan menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf,  meminta izin, instruksi (aisatsu) dan cara meresponnya pada teks transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai konteks penggunaannya

 

·      Fungsi sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman

Struktur teks transaksional

–       Bertanya

–       Merespon

Unsur Kebahasaan (Kosakata dan tata bahasa baku, Ucapan intonasi dan tanda baca)

·      Salam sapaan dan Ungkapan.

·      Instruksi yang digunakan di kelas

·      Hiragana

 

 

·     Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan mengucapkan salam, menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih , meminta maaf,  dan ungkapan yang digunakan dikelas serta meresponnya.

·     Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan mengucapkan salam, menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih , meminta maaf,  dan ungkapan yang digunakan dikelas serta meresponnya.

·     Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam mengucapkan salam, menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih , meminta maaf,  dan ungkapan yang digunakan dikelas serta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya.

·     Mengidentifikasi ucapkan salam, menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih , meminta maaf,  dan ungkapan yang digunakan dikelas serta meresponnya.

·     melakukan tindakan mengucapkan salam, menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih , meminta maaf,  dan ungkapan yang digunakan  serta meresponnya.

·     Presentasi  dan berinteraksi  tentang pengalaman belajar dalam mengucapkan salam, menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih , meminta maaf,  dan ungkapan yang digunakan dikelas serta meresponnya.

3.2 Menunjukkan ungkapan memberi      dan meminta informasi terkait  perkenalan diri (jikko shoukai) dan identitas diri, serta meresponnya pada teks transaksional lisan dan tulis, dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks yang sesuai konteks penggunaannya

4.2 Mengemukakan  ungkapan terkait perkenalan diri (jiko shoukai) dan identitas diri, serta meresponnya pada teks transaksional lisan dan tulis, dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks yang sesuai konteks penggunaannya.

Fungsi sosial

Mengenalkan, menyebutkan identitas, untuk saling mengenal dan menjalin hubungan antar pribadi dengan teman, guru dan masyarakat.

Struktur teks transaksional

   –  Bertanya

–  Merespon

 

Unsur kebahasaan

  • Kata sapaan, kata ganti sapaan, ungkapan
  • Ucapan, Intonasi
  • Tanda baca

 

·     Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan memperkenalkan diri dan identitas diri serta meresponnya.

·      Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan memperkenalkan diri dan identitas diri serta meresponnya.

·     Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam memberi dan meminta informasi terkait dengan memperkenalkan diri dan identitas diri serta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya.

·     Mengidentifikasi  informasi terkait dengan memperkenalkan diri dan identitas diri serta meresponnya.

·     Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan memperkenalkan diri dan identitas diri serta meresponnya.

·     Presentasi  dan berinteraksi tentang pengalaman belajar  yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan memperkenalkan diri dan identitas diri serta meresponnya.

3.3 Menentukan informasi berkenaan dengan memberi dan meminta informasi terkait tanggal,  bulan, dan tahun (Jikan), serta meresponnya pada teks transaksional lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

4.3 Mengemukakan   informasi berkenaan dengan memberi dan meminta informasi mengenai tanggal,  bulan, dan tahun(Jikan), serta meresponnya pada teks transaksional lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

 

 Fungsi  sosial

Menyadari pentingnya nama hari, tanggal, bulan, peristiwa dalam bentuk angka untuk kelangsungan hidup manusia.

Struktur teks transaksional

–          Bertanya

–          Merespon

 

Unsur kebahasaan

  • Kosa kata terkait tanggal, bulan, tahun, hari ulang tahun, dan profesi pekerjaan
  • Kata Tanya
  • Angka.
  • Ucapan, Intonasi,
  • Tanda baca

 

 

·     Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan menyatakan dan menanyakan terkait tanggal,  bulan, dan peristiwa serta meresponnya.

·     Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan menyatakan dan menanyakan terkait tanggal,  bulan, dan peristiwa serta meresponnya.

·     Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam memberi dan meminta informasi terkait dengan menyatakan dan menanyakan terkait tanggal,  bulan, dan  peristiwa  serta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya .

·   Mengidentifkasi informasi terkait dengan menyatakan dan menanyakan terkait tanggal,  bulan, dan peristiwa serta meresponnya.

·        Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan menyatakan dan menanyakan terkait tanggal,  bulan, dan peristiwa serta meresponnya.

·        Presentasi dan berinteraksi tentang pengalaman belajar yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan menyatakan dan menanyakan terkait tanggal,  bulan, dan peristiwaserta meresponnya.

3.4 Memahami informasi  tentang keluarga (kazoku), karakter dan hal-hal yang disukai pada teks transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaanya

 

4.4 Membuat wacana  sederhana transaksional dalam bentuk lisan dan tertulis mengenai   keluarga (kazoku), karakter dan kebiasaan  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

 

Fungsi sosial

·   Mengenal dan menyebutkan  karakter dan kebiasaan anggota keluarga untuk menjalin kedekatan antar aggota keluarga.

 

 

Struktur teks transaksional

–  Bertanya

–  Merespon

 

·    Unsur kebahasaan

(1)  Kata sifat,

(2)  Kata kerja

(3)  Ucapan, Intonasi

(4)  Tanda baca

·         Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan memaparkan tentang keluarga, karakter dan hal-hal yang disukai serta meresponnya.

·      Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan

memaparkan tentang keluarga, karakter dan hal-hal yang disukai serta meresponnya.

·     Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam memaparkan tentang keluarga, karakter dan hal-hal yang disukai serta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya

·        Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada tindakan memaparkan tentang keluarga, karakter dan hal-hal yang disukai serta meresponnya.

·        Melakukan tindakan memaparkan tentang keluarga, karakter dan hal-hal yang disukai serta meresponnya.

·        Presentasi dan berinteraksi tentang pengalaman belajar yang melibatkan tindakan memaparkan tentang keluarga, karakter dan hal-hal yang disukai serta meresponnya.

3.5 Menganalisis teks transaksional dalam bentuk lisan dan tulis yang menyatakan kemampuan (dekiru koto)dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

4.5 Menggunakan ungkapan yang menyatakan kemampuan (dekiru koto) pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

 

Fungsi Sosial :

Mengenalkan, menyebutkan kemampuan diri dan teman untuk menjalin hubungan antar pribadi.

Struktur teks transaksional

–       Bertanya

–       Merespon

 

·    Unsur kebahasaan

Kata benda terkait

kemampuan

Ucapan, intonasi

 

·         Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan tindakan menyatakan kemampuan serta meresponnya

·      Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan tindakan menyatakan kemampuan serta meresponnya.

·        Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam menyatakan kemampuanserta meresponnya dengan orang-orang disekelilingnya .

·        Mengidentifikasi  kemampuan serta meresponnya.

·      Melakukan tindakan menyatakan kemampuan serta meresponnya.

·      Presentasi dan berinteraksi tentang pengalaman belajar yang melibatkan tindakan menyatakan kemampuan serta meresponnya.

3.6 Menganalisis kehidupan sekolah (gakkou no seikatsu) pada teks transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.6 Menghasilkan wacana pendek dan sederhana mengenai  nama-nama tempat sekolah, kondisi sekolah, nama hari, nama pelajaran, kesan, jadwal pelajaran dan kegiatan-kegiatan di sekolah  pada teks  transaksional lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteks penggunaannya

 

Fungsi  sosial

Mengenalkan  lingkungan sekolah dan menginformasikan kondisi lingkungan sekolah dan kegiatan-kegiatan disekolah

Struktur teks transaksional

–       Bertanya

–       Merespon

 

Unsur kebahasaan

Kata sifat , kata benda, kata kerja terkait kehidupan sekolah

Ucapan, intonasi

 

·         Melihat, menyimak, meniru dan berpartisipasi dalam interaksi yang melibatkan lingkungan, kondisi sekolah dan kegiatan-kegiatan disekolah serta meresponnya.

·        Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait dengan interaksi yang melibatkan lingkungan sekolah, kondisi dan kegiatan-kegiatan disekolah serta meresponnya.

·           Berlatih secara mandiri berinteraksi dalam menyatakan lingkungan  sekolah, kondisi dan kegiatan-kegiatan disekolah

serta meresponnya.

·           Mengomunikasikan tentang lingkungan, kondisi sekolah dan kegiatan-kegiatan disekolah serta meresponnya.

·           Presentasi dan berinteraksi tentang pengalaman belajar yang melibatkan lingkungan, kondisi dan kegiatan-kegiatan di  sekolah serta meresponnya.


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel B dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *