Silabus Bahasa Inggris kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran KegiatanPembelajaran
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you?, What can I do for you? What if …?)

4.1 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Menjalin dan menjaga hubungan interpersonal.

·   Struktur teks

–   Memulai

–   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur kebahasaan

–   Ungkapan yang sesuai untuk menawarkan jasa, seperti May I help you?, What can I do for you? What if …?

–    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Interaksi antara guru dan peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan pernyataan niat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Mencermati beberapa interaksi yang melibatkan penawaran jasa dalam/dengantampilan visual(gambar, video)

–    Mengidentifikasidengan menyebutkan persamaan dan perbedaan dan dari contoh-contoh yang ada dalam video tersebut, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya

–    Diberikan beberapa situasi, menyiapkan interaksi untuk bermain peran yang melibatkan penawaran jasa dan pelaksanaannya

–    Membiasakan menerapkan yang sedang dipelajari. dalam interaksi dengan guru dan teman secara alami di dalam dan di luar kelas.

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

3.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.2 Surat lamaran kerja

4.2.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja

4.2.2 Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja,  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Menimbulkan kesan positif tentang kesesuaian pelamar dengan pekerjaan yang dilamar

·   Struktur teks

Dapat mencakup

–   Tempat dan tanggal

–   Penerima dan alamatnya

–   Sapaan

–   Isi surat

–   Penutup

–   Tanda tangan dan nama lengkap

·   Unsur kebahasaan

–   Ungkapan dan kosakata yang sesuai

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Pekerjaan dan pemenuhan kualifikasi yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

–    Menyimak dan menirukan guru membacakan beberapa surat lamaran dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.

–    Mengaitkan kualifikasi dengan pekerjaan yang dilamar, dan membahas kesesuaiannya

–    Mencermati perbedann dan persamaan kalimat-kalimat pembuka, pernyataan kualifikasi, dan bagian-bagian lainnya

–    Dengan mengambil kalimat-kalimat darisurat-surat lamaran yang telah dipelajari maupun lainnya, memilih untuk membuat setiap bagian surat lamaran kerja disesuaikan dengan persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja

–    Bertukar dengan tiga teman untuk membahas kualitas surat masing-masing, saling memberi masukan untuk perbaikan

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar

3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta informasi terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3 Teks penyerta gambar (caption)

4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan  teks khusus dalam bentuk caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan

4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Mendeskripsikan, mengomentari gambar, foto, tabel, grafik,bagan

·   Struktur text

Dapat mencakup

–   Tindakan/peristiwa/ kegiatan

–   Orang/benda yang terlibat

–   Lingkup situasi

·   Unsur kebahasaan

–   Frasa nominal untuk benda, orang, binatang, lokasi, dsb. yang menjadi fokus, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Frasa verbal terkait  gambar/foto/tabel/grafik dalam tense yang sesuai

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Kegiatan, peristiwa, data, fakta aktual dari koranyang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dai KI

 

–    Mencermati beberapa caption beserta fotonya dari koran

–    Menyimak dan menirukan guru membacakan semua caption, dan ucapan dan tekanan kata yang benar.

–    Mencermati satu tabel yang menganalisis unsur-unsur caption, bertanya jawab, dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis beberapa caption lainnya

–    Mengumpulkanbeberapa caption dari koran beserta gambar/foto/tabel/grafik/bagan. Dalam kerja kelompok: saling membacakan, menganalisis dengan tabel

–    Membuat caption untuk beberapa foto pribadi: Menggunakan tabel yang sama, merancang untuk membuat caption foto-foto tersebut

–    Menempelkan di dinding kelas untuk dibaca temannya

–    Membahas captionnya dengan teman dan guru yang datang membaca

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV

·   Fungsi sosial

Memberi informasi terkini

·   Struktur text

Dapat mencakup

–   Judul (Headlines)

–   Paragraf pembuka(newsworthy)

–   Latar belakang kejadian (Background events) berupa rangkaian paragraf yang merinci isi paragaraf pembuka.

–   Kutipan

·   Unsur kebahasaan

–   Past tense , Present Perfect Tense, Future Tense

–   Kalimat Pasif

–   Kalimat Langsung dan Tak Langsung

–   Kata sandang (Article)

–   Kutipan langsung dan tidak langsung

–   Kata depan (Prepositions)

–   Kalimat Nominal singular dan plural

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Kejadian, peristiwa, kegiatan yang menarik dan layak menjadi berita yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

 

–    Membaca beberapa teks information report terkait mata pelajaran lain di Kelas IX

–    Menggunakan alat analisis, mengidentifikasi bagian-bagian struktur teks report dan mengamati cara penggunaanya, seperti yang dicontohkan

–    Bertanya jawab tentang beberapa teks lain lagi dengan topik yang berbeda

–    Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk membuat teks-teks tentang fenomena alam pendek dan sederhana.

–    Menempelkan teks masing-masing di dinding kelas untuk dibaca temannya

–    Mempresentasikan teksnya kepada teman-teman yang mendatangi

–    Melakukan langkah yang sama dengan topik fenomena sosial

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)

4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Menjelaskan, mendeskripsikan, menyangkal, menanyakan, dsb.

·   Struktur Teks

Dapat mencakup

–   Memberi informasi

–   Meminta informasi

·   Unsur Kebahasaan

–   Pernyataan dan pertanyaan terkait dengan kalimat pengandaian

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Kegiatan, tindakan, kejadian, peristiwa, yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai pelajar dan remaja, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

–    Menyimak dan menirukan beberapa contoh interaksi pengandaian diikuti oleh perintah/saran, yang diperagakan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar.

–    Mengidentifikasi ungkapan pengandaian dengan saran dari contoh-contoh yang ada, dilihat dari isi dan cara pengungkapannya.

–    Bertanya dan mempertanyakan terkait  fungsi sosial/struktur teks/unsur kebahasaan yang digunakan dalam interaksi yang dipelajari.

–    Mencoba secara mandiri secara lisan dan tertulis melakukan tindakan komunikatif terkait pengandaian.

–    Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait dengan pengandaiansesuai dengan konteks penggunaannya.

–    Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.

3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6 Teks prosedur

4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)

4.6.2 Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial

Memberi informasi untuk mencapai hasil terbaik secara efisien, menghindari kecelakaan, kerusakan, pemborosan, dsb.

·   Struktur text

Dapat mencakup

–   Tujuan

–   Bahan/material

–   Langkah-langkah (steps)

·   Unsur kebahasaan

–   Tata bahasa: kalimat imperatif, negatif dan positif

–   Ungkapan dan kosa kata yang lazim digunakan dalam manual dan tip

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Tindakan dan kegiatan yang lazim atau terkait dengan hidup peserta didik di sekolah, rumah, dan masyarakat, yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

–    Menyaksikan dan menirukan beberapa contoh teks prosedur berbentuk manual dan tips.

–    Mempelajari contoh tabel analisis dari teks tersebut dan melengkapi tabel analisis yang disediakan guru.

–    Mempresentasikan hasil analisis secara lisan dalam kelompok masing-masing.

–    Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks prosedur dan tips

–    Menganalisis dan membandingkan beberapa teks prosedur lain dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan.

–    Membuat, mempresentasikan/ menerbitkan sebuah  teks prosedur yang ada di sekitar kehidupan peserta didik

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.

3.7 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK

4.7 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan  lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/ SMK/MAK

·   Fungsi sosial

Menghibur dan menyampaikan pesan moral.

·   Unsur kebahasaan

–   Ungkapan yang mengandung informasi dan nilai moral terkait topik dari lagu.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Lagu yang mengandung keteladanan dan inspirasi yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

 

–    Menyimak dan menirukan lirik lagu secara lisan.

–    Bertanya dan mempertanyakan tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan dari lirik lagu, secara kontekstual.

–    Membacakan dan menyalin  lirik lagu dengan memperhatikan fungsi sosial dan unsur kebahasaan.

–    Membaca dan menyimak lirik lagu yang dipelajari.

–    Mendiskusikan tema dan isi lagu.

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar.


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , , . Tandai permalink.