Silabus Bahasa Inggris kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Bahasa Inggris Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Bahasa Inggris Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karaktersitik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan Kompetensi Sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)

4.1 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

·   FungsiSosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

·   Struktur Teks

–   Memulai

–   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

–   Ungkapan yang menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should dan can

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Situasi yang memungkinkan pemberian saran dan tawaran melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Menyimak, membaca, dan menirukan, guru membacakan beberapa teks pendek berisisaran dan tawaran dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–    Menanyakan hal-hal yang tidak diketahui atau yang berbeda

–    Menentukan modal yang tepat untuk diisikan ke dalam kalimat-kalimat rumpang

–    Diberikan beberapa situasi, membuat  beberapa saran dan tawaran yang sesuai secara tertulis kemudian dibacakan ke kelas

–    Melakukan pengamatan di lingkungan sekolah dan sekitarnyauntuk membuat serangkaian saran dan tawaran untuk memperbaikinya

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.  (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)

4,2 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.

·   Struktur Teks

–   Memulai

–   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

–   Ungkapan menyatakan pendapat I think, I suppose, in my opinion

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Situasi yang memungkinkan munculnya pernyataan tentang pendapat dan pikiran yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Menyaksikan/menyimak beberapa interaksi dalam media visual (gambar atau video) yang melibatkan pernyataan pendapat dan pikiran

–    Mengidentifikasi dan menyebutkan situasi yang memunculkan pernyataan pendapat dan pikiran dan menyebutkan pernyataan yang dimaksud

–    Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda

–    Diberikan beberapa situasi peserta didik menyatakan pendapat dan pikirannya yang sesuai secara tertulis kemudian dibacakan ke kelas

–    Melakukan pengamatan di lingkungan daerahnya dan sekitarnyadan kemudian menyatakan pendapat dan pikirannya terkait dengan upaya menjaga, memelihara dan memperbaikinya

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar

3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya

4.3 Teks Undangan Resmi

4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja

4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dalam konteks resmi

·   Struktur Teks

Dapat mencakup:

–       Sapaan

–       Isi

–       Penutup

·   Unsur Kebahasaan

–   Ungkapan dan istilah yang digunakan dalam undangan resmi

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Acara formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapatmenumbuhkan perilaku yang termuat di KI

·   Multimedia

Layout yang membuat tampilan teks lebih menarik.

–    Mencermati dan menemukan perbedaan dan persamaan dari beberapa undangan resmi untuk beberapa acara yang berbeda

–    Mengidentifikasi dan menyebutkan bagian-bagian dari undangan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–    Mencermati beberapa undangan resmi lainnya, dan mengidentifikasi bagian-bagiannya serta ungkapan-ungkapan yang digunakan

–    Diberikan beberapa undangan resmi yang tidak lengkap, dan kemudian melengkapinya dengan kata dan ungkapan yang sesuai

–    Diberikan deskripsi tentang acara yang akan dilaksanakan, dan kemudian membuat undangan resminya

–    Menempelkan undangan di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.4 Teks eksposisi analitis

4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi analitis lisan dan tulis, terkait isu aktual

4.4.2 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Menyatakan pendapat, mempengaruhi, dengan argumentasi analitis

·   Struktur Teks

Dapat mencakup

–   Pendapat/pandangan

–   Argumentasi secara analitis

–   Kesimpulan

·   Unsur Kebahasaan

–   Ungkapan seperti I believe, I think

–   Adverbia first, second, third …

–   Kata sambungTherefor, consequently, based on the arguments

–    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Isu-isu aktual yang perlu dibahas yang menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Membaca dua teks eksposisi analitis tentang isu-isu aktual yang berbeda.

–    Mencermati satu tabel yang menganalisis unsur-unsur eksposisi, bertanya jawab, dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis satu teks lainnya

–    Mencermati rangkaian kalimat yang masing-masing merupakan bagian dari tiga teks eksposisi yang dicampur aduk secara acak, untuk kemudian bekerja sama mengelompokkan dan menyusun kembali menjadi tiga teks eksposisi analitis yang koheren, seperti aslinya

–    Membacakan teks-teks eksposisi tsb dengan suara lantang di depan kelas, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–    Membuat teks eksposisi menyatakan pandangannya tentang satu hal di sekolah, desa, atau kotanya.

–    Menempelkan teks tsb di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.5 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice)

4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Mendeskripsikan, memaparkan secara obyektif

·   Struktur Teks

–   Memulai

–   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

–   Kalimat deklaratif dan interogatif dalam passive voice

–   Preposisiby

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, yang terkait dengan mata pelajaran lain yang menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Membaca dan mencermati beberapa deskripsi tentang produk seni budaya dari beeberapa negara dengan banyak menggunakan kalimat pasif

–    Membacakan deskripsi setiap produk budaya secara lisan di depan kelas secara bermakna dengan ucapan dan tekanan yang benar

–    Melengkapi teks tentang suatu produk yang kata kerjanya banyak yang dihilangkan dengan kata kerja yang makna tepat berbentuk pasif, dengan grammar dan ejaan yang benar

–    Membacakan deskripsi setiap produk budaya yang sudah lengkap di depan kelas secara bermakna dengan ucapan dan tekanan yang benar

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan  diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.6 Teks surat pribadi

4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya

4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Menjalin kedekatan hubungan antar pribadi

·   Struktur Teks

Dapat mencakup

–   Tempat dan tanggal

–   Penerima

–   Sapaan

–   Isi surat

–   Penutup

·   Unsur Kebahasaan

–   Ungkapan keakraban yang lazim digunakan  dalam surat pribadi

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Pengalaman, informasi, hallain yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Menyimak dan menirukan guru membacakan beberapa contoh surat pribadi dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar.

–    Membaca dengan suara lantang dan bermakna, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar

–    Mencermati satu tabel yang menganalisis unsur-unsur eksposisi, bertanya jawab, dan kemudian menerapkannya untuk menganalisis dua surat pribadi lainnya

–    Mencermati rangkaian kalimat yang masing-masing merupakan bagian dari tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak, untuk kemudian bekerja sama mengelompokkan dan menyusun kembali menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya

–    Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar

3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of …, due to …, thanks to …)

4.7 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan  sesuai konteks

·   Fungsi Sosial

Menjelaskan, memberikan alasan, mensyukuri, dsb.

·   Struktur Teks

–   Memulai

–   Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

·   Unsur Kebahasaan

–   Kata yang menyatakan hubungan sebab akibat: because of …, due to …, thanks to …

–   Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Keadaan, perbuatan, tindakan di sekolah, rumah, dan sekitarnya yang layak dibahas melalui sebab akibat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

–    Menyaksikan/menyimak beberapa interaksi dalam media visual (gambar atau video) yang melibatkan pernyataansebab akibat

–    Mengidentifikasi dan menyebutkan situasi yang memunculkan pernyataan sebab akibat dan menyebutkan pernyataan yang dimaksud

–    Bertanya dan mempertanyakan tentang hal-hal yang tidak diketahui atau berbeda

–    Diberikan beberapa situasi peserta didik menulis teks pendek yang melibatkan pernuataan sebab akibatdan kemudian dibacakan ke kelas

–    Melakukan pengamatan di lingkungan daerahnya dan sekitarnyadan kemudian membuat beberapa pandangan yang melibatkansebab akibat terkait dalam upaya menjaga, memelihara dan memperbaikinya

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajar

3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.8 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata  pelajaran lain di kelas XI

 

·   Fungsi Sosial

Menjelaskan, memberi gambaran alasan terjadinya suatu fenomena

·   Struktur Teks

Dapat mencakup:

–   fenomena

–   identitas gejala

–   rangkaian penjelasan

·   Unsur Kebahasaan

–   Adverbia first, then, following, finally

–   Hubungan sebab-akibat (if –then, so, as a consequence, since, due to, because of, thanks to

–   Kalimat pasif, dalamtenses yang present

–   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Benda-benda non manusia, seperti air, penguapan, hujan dengan paparan yang menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI

–    Membaca beberapa teks information report terkait mata pelajaran lain di Kelas IX

–    Menggunakan alat analisis, mengidentifikasi bagian-bagian struktur teks report dan mengamati cara penggunaanya, seperti yang dicontohkan

–    Bertanya jawab tentang beberapa teks lain lagi dengan topik yang berbeda

–    Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk membuat teks-teks tentang fenomena alam pendek dan sederhana.

–    Menempelkan teks masing-masing di dinding kelas untuk dibaca temannya

–    Mempresentasikan teksnya kepada teman-teman yang datang membaca

–    Melakukan langkah yang sama dengan topik fenomena sosial

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya

3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK

4.9 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK

·   Fungsi sosial

Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif

·   Unsur kebahasaan

–    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu

–    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

·   Topik

Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

–    Membahas hal-hal yang terkait dengan tema lagu yang liriknya akan segera dibaca

–    Membaca dan mencermati isi lirik lagu terkait dengan pembahasan sebelumnya

–    Menyimak, dan menirukan guru membaca lirik lagu secara bermakna

–    Menyebutkan bagian-bagian yang terkait dengan pesan-pesantertentu

–    Membahas pemilihan kata tertentu terkait dengan tema lagu

–    Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya


Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , , . Tandai permalink.