Silabus Bahasa Indonesia kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Kelas XII
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1     Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca. Surat Lamaran Pekerjaan:

·      identifikasi surat

·      Isi

·      Sistematika

·      Bahasa

·      Lampiran

·      Kalimat efektif.

·      Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan

·      Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan

·      mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.

 

4.1     Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual

 

3.2     Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan Surat Lamaran Pekerjaan:

·      unsur kebahasaan;

·      penulisan EYD; dan

·      daftar riwayat hidup.

·      Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan

·      Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun

 

4.2     Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan.
3.3     Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis Teks cerita (novel) sejarah

·      struktur teks cerita sejarah;

·      isi teks cerita sejarah;

·      nilai-nilai cerita (novel) sejarah; dan

·      kebahasaan teks cerita sejarah.

 

·      Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.

·      Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi

·      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun

 

4.3     Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

 

3.4     Menganalisis kebahasaan  cerita atau novel sejarah Teks cerita (novel) sejarah

·      kebahasaan  cerita (novel) sejarah;

·      unsur-unsur cerita;

·      topik; dan

·      kerangka karangan.

·      Mendata kebahasaan dan  unsur-unsur cerita  sejarah yang tersaji

·      Menyusun teks cerita (novel) sejarah pribadi

·     Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi  teks cerita (novel) sejarah yang telah ditulis

4.4     Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan

 

 

3.5     Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial

 

Teks Editorial:

·      isi teks editorial;

·      pendapat;

·      ragam informasi; dan

·      simpulan.

·      Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial.

 

4.5     Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial

 

3.6     Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks editorial Teks Editorial:

·      struktur;

·      unsur kebahasaan;

·      topik; dan

·      kerangka karangan.

·      Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial

·      Menyusun  teks editorial yang sesuai topik,  struktur, dan kebahasaan

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun

 

4.6     Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan .
3.7     Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

.

Buku Pengayaan:

·      nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budya, moral, dll);

·      kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan;

·      amanat dalam novel; dan

·      laporan hasil membaca buku.

Laporan Hasil Membaca Buku

·      Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca.

·      Mempresentasikanlaporan yang ditulisnya di depan kelas.

·      Menanggapi laporan yang dipresentasikan

 

4.7     Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik
3.8  Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca

 

 

·      Pandangan pengarang

 

·      Menentukan pandangan pengarang terhadap kehidupan nyata dalam novel yang dibaca

·      Mempresentasikan dan menanggapi pandangan pengarang.

 

 

4.8  Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang
3.9  Menganalisis  isi dan kebahasaan novel ·      Unsur intrinsik dan ekstrinsik

·      Unsur kebahasaan

·         Ungkapan

·         Majas

·         Peribahasa

·     Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa) novel

·      Menyusun novel berdasarkan rancangan

·     Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan  novel

 

4.9  Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.
3.10  Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca ·      Artikel.

·      masalah

·      fakta dan opini

·      penyusunan opini

·      topik

·      masalah

·      kerangka

·      Mengkritisimasalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam artikel.

·      Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel.

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.

4.10  Menyusun opini dalam bentuk artikel
3.11   Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

 

Artikel:

·      Masalah;

·      fakta dan opini;

·      penyusunan opini

·         topik

·         masalah

·         kerangka

·           Persamaan dan perbedaan penggunaan bahasa.

·      Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

·      Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun,

4.11  Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
3.12  Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis Kritik dan Esai:

·           pengertian kritik;

·           jenis-jenis esai;

·           bagian-bagian esai (pembukaan, isi, penutup);

·           perbedaan kritik dan esai; dan

·           penyusunan kritik dan esai.

 

·      Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan  kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan pandangan

·      Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis

·      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis

4.12  Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis
3.13  Menganalisis  sistematika dan kebahasaan kritik dan esai Kritik dan Esai

·           pengertian kritik dan esai;

·           jenis-jenis kritik dan esai;

·           bagian-bagian kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);

·           perbedaan kritik dan esai; dan

·           penyusunan kritik dan esai

·      Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai

·     Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan

·     Mempresentasikan,  Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan

 

4.13  Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
3.14  Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi) ·           Laporan hasil pembacaan buku dan drama fiksi Laporan Hasil Membaca Buku

·      Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca.

 

·          Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya

 

 

4.14  Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)

Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , . Tandai permalink.