Silabus Bahasa Indonesia kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Share

Silabus Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016. Berikut ini adalah Silabus Bahasa Indonesia Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016.
Kelas XI
Alokasi Waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
3.1     Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur ·      Isi Teks Prosedur.

 

·      Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.

·      Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur

 

4.1     Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
3.2     Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur Teks Prosedur:

·      struktur;

·      kebahasaan;

·      konjungsi ;

·      jenis kalimat; dan

·      verba material dan verba tingkah laku.

·      Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi  teks prosedur

·      Menyusun teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan  kebahasaan yang dominan

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.

 

4.2     Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
3.3     Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis

 

Teks Eksplanasi:

·      pengertian;

·      isi; dan

·      kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.

·   Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.

·  Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis

·  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun

 

4.3     Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
3.4     Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks  eksplanasi

 

Teks Eksplanasi:

·      Struktur;

·      Kebahasaan; dan

·      Konjungsi.

 

 

·   Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan  istilah, pokok isi,  referensi, dan pengetahuan dan urutan kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.

·   Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.

·  Mempresentasikan, memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.

 

4.4     Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
3.5     Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah Ceramah:

·      unsur-unsur;

·      kebahasaan; dan

·      isi.

 

·      Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,

·      Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun

 

 

4.5     Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
3.6     Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah. Teks ceramah:

·      isi;

·      struktur;

·      kebahasaan; dan

·      teknik orasi ceramah.

 

·      Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.

·      Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur.

·      Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan dengan memperhatikan teknik cermah  (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.

·      Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.

 

4.6     Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.
3.7     Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca Buku pengayaan nonfiksi:

·      isi buku;

·      keunggulan buku;

·      kelemahan buku; dan

·      simpulan.

 

·      Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.

·      Menyusun laporan hasil kerja kelompok

dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

·      Mempresentasikan dan  memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.7     Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
3.8     Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca Cerpen:

·      Isi cerpen

·      Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen

·      Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen

·      Kebahasaan cerpen

·         Majas

·         peribahasa

·         ungkapan

·      Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan nilai-nilai  dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.

·      Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.8     Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
3.9     Menganalisis  unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek Cerpen:

·      Unsur-unsur pembangun cerpen

·      Merekonstruksi cerpen.

 

·      Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen

·      Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.9     Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.10   Menemukan  butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

 

Buku nonfiksi:

·      isi buku pengayaan;

·      keunggulan buku;

·      kelemahan buku; dan

·      simpulan.

·      Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.

·      Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.

·      Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.

 

 

4.10   Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
3.11  Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

 

Buku Fiksi:

·      isi buku fiksi;

·      bagian-bagian dalam buku fiksi; dan

·      ulasan terhadap buku fiksi.

 

·      Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca.

·      Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.

·      Mempresentasikan, memberitanggapan dan  memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.11  Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
3.12  Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca Proposal:

·      informasi dalam proposal; dan

·      unsur-unsur proposal.

·      Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal.

·      Menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap.

·      Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.12  Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif
3.13  Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan  suatu proposal

 

Proposal:

·      isi proposal;

·      sistematika proposal; dan

·      unsur kebahasaan proposal.

·      Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.

·      Membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana)  dengan memperhati-kan isi dan kebahasaannya.

·         Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.13  Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
3.14  Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca Karya Ilmiah:

·      unsur-unsur karya ilmiah;

·      isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;

·      tujuan dan esensi karya ilmiah; dan

·      membuat karya ilmiah.

·      Menentukaninformasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.

·      Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah.

·      Mempresentasikanmenanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.14  Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
3.15  Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah

 

Karya Ilmiah:

·      kebahasaan karya ilmiah;

·      kalimat baku;

·      penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul); dan

·      menyusun karya ilmiah.

 

·      Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah.

·      Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.

·      Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.15  Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
3.16  Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi Resensi:

·      isi dan kebahasaan dalam resensi;

·      membuat resensi;

·      unsur-unsur resensi; dan

·      sistematika resensi.

·      Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.

·      Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

 

 

 

4.16  Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
3.17  Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda.

 

Resensi:

·      unsur-unsur kebahasaan resensi; dan

·      merekonstruksi resensi.

 

·      Mengidentifikasi kebahasaan resensi

·      Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel.

·      Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

 

4.17  Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku  kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca.
3.18  Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau ditonton Drama:

·      Alur dalam drama

·      Babak dalam drama

·      Konflik dalam drama

·      Penokohan dalam drama

 

·     Mendata, alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.

·     Memerankan salah satu  tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut

·   Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

 

4.18  Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
3.19  Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton Drama:

·      Isi dan kebahasaan drama

·      Persiapan mementaskan drama.

·      Pementasan drama

·   Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.

·    Merancang pementasan dan mendemonstrasikan  drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum, tata  musik, dan sebagainya.

·    Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain.

 

4.19  Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
3.20  Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca ·      Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.

·      Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.

 

·     Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca.

·     Menyusun ulasan  terhadap pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.

·   Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

4.20  Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian

Tulisan ini dipublikasikan di Mapel A dan tag , . Tandai permalink.