sejarah SMK Negeri 1 Metro

Share

Tahun 2012 SMK Negeri 1 Metro di usulkan menjadi Penerima Penghargaan Adiwiyata Tahun 2012 , berdasarkan Surat dari Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Lampung Nomor: 660/32/II.04/2012 tanggal 12 Januari 2012 Dan pada tahun yang sama SMK Negeri 1 berhasil medapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional oleh Negara Pelestarian Lingkungan Hidup dan Mentri Pendidikan Nasional.

SMK Negeri 1 Metro berlokasi di jalan kemiri 15A Iring Mulyo Kecamatan Metro Timur Kota Metro. Dengan batas-batas: utara berbatasan dengan tanah perumahan penduduk, sebelah selatan berbatasan dengan jalan kemiri, sebelah barat berbatasan dengan SMK Negeri 3 Metro.

Sejarah singkat berdirinya SMK Negeri 1 Metro, semula diberi nama SEMEA Persiapan, dan mulai didirikan tanggal 1 Agustus 1965, didukung oleh Panitia SEMEA Negeri 1 Metro. Pembentukan Panitia SEMEA Negeri 1 Metro tersebut dimulai tanggal 1 Januari 1965 dilindungi oleh catur tunggal yang terdiri dari:

1. Bupati Kepala Lampung Tengah
2. Kepala Pengendali Negeri Lampung Tengah
3. Komando Resort Kepolisian 611 Lampung Tengah
4. Komandan Kodim 0411 Lampung Tengah

Siswa mulai belajar pada tanggal 1 Agustus 1965 dan tempat belajarnya SMEP Negeri Metro, yang sekarang menjadi SMPN 3 Metro. Kemudian SMEA Persiapan tersebut diresmikan menjadi SMEA Negeri 1 Metro pada tanggal 1 Agustus 1965 oleh Kantor Ditjen Diknas dan Menengah Provinsi Lampung, Bapak Ismangun (Alm). Pada tahun 1970 tempat belajar pindah ke SEMEA Negeri 1 Metro yang berlokasi di Jalan Kemiri 15A Metro Lampung Tengah dan sekolah tersebut dalam keadaan belum selesai jadi bangunan gedungnya.
Adapun tanah untuk bangunan tersebut diberi oleh pihak Pemerintah Daerah Tingkat II Kabupaten Lampung Tengah pada akhir 1967 dan dibangun oleh Pemerintah Pusat, dengan biaya sebesar Rp. 139.000.000,00 (Seratus tiga puluh sembilan juta rupiah). Sedangkan pemborongannya oleh CV. Rumpun dengan Direktur Bapak Zen Datu, yang informasi serah terima secara administrasi pada tahun 1973 dengan Kantor Daerah Ditjen Provinsi Lampung.
Mulai dari SEMEA Persiapan Negeri sampai SEMEA Negeri 1 Metro berubah pengurus sekolah, antara lain:

1. Generasi Perintis Tahun 1965
Yaitu generasi yang merintis atau yang membuka pertama kali adanya SEMEA Persiapan Negeri 1 Metro, antara lain:
Pelindung : Mayor Hasan Basri (Bupati Lampung Tengah)
AKBP Sukemi (Danres 611 Lampung Tengah)
Yahya Bahram (Dandim 0411 Lampung Tengah)
Mayor Burzah (Dandim 0411 Lampung Tengah Lama)
Sri Hardono, S.H (Alm) (Kepala Pengadilan Negeri Lampung Tengah)
Penasehat : Sirajudin Jadin
S. Mawardi SM.
Minak Paduka Ratu
Kepala Sekolah : A. Mashuri DM, BA
Sekretaris : Johar Harun
Pembantu Umum : Jurnalasi
Bendahara : Adinoeri

2. Generasi Pemeliharaan Tahun 1965
Yaitu generasi yang bertugas memelihara, merawat dan mengembangkan sekolah tersebut sehingga bertahun maju. Adapun kepengurusan dari generasi pemelihara sebagai berikut:
Pelindung : Mayor Hasan Basri (Bupati Lampung Tengah)
AKBP Sukemi (Danres 611 Lampung Tengah)
Yahya Bahram (Dandim 0411 Lampung Tengah)
Mayor Burzah (Dandim 0411 Lampung Tengah Lama)
Sri Hardono, S.H (Alm) (Kepala Pengadilan Negeri Lampung Tengah)
Penasehat : Sirajudin Jadin
S. Mawardi SM.
Minak Paduka Ratu
Kepala Sekolah : A. Mashuri DM, BA
Sekretaris : Johar Harun
Pembantu Umum : Jurnalasi
Bendahara : Adinoeri

3. Generasi Tahun 1967
SEMEA Persiapan Negeri Metro resmi menjadi SEMEA Negeri Metro dengan Kepala Sekolah Bapak Drs. Sugianto.

4. Generasi Pembangunan Tahun 1986
Yaitu generasi bertugas mengembangkan keadaan sekolah tersebut sehingga relatif lebih maju dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Adapun kepengurusan generasi ini menunjukkan wajah baru dari masa sebelumnya, sebagai berikut:
1. Drs. Sugiyono (Kepala Sekolah)
2. Drs. Abdullah Syihab
3. Drs. Kushadi
4. A. Mashuri DM, BA (Kembali aktif sebagai guru)
5. Generasi Pembina Tahun 1875

Yaitu generasi yang bertugas membina sehingga nama baik sekolah akan tetap dijaga. Adapun kepengurusan sebagai berikut:
1. Dudun Abdullah (Alm) (Kepala Sekolah)
2. A. Mashuri DM, BA
3. Bayu Suprihyanto, B.Sc
4. L. Sumarno, BA (Alm)
5. Sri Widati, BA

Sedangkan Kepala Sekolah sejak SEMEA Persiapan sampai sekarang ini mengalami beberapa pergantian, yaitu antara lain:
1. A. Mashuri DM, BA (Kepala Sekolah SEMEA Persiapan Periode 1965-1966)
2. TMD Nasution (Kepala Sekolah SEMEA Negeri Periode 1966-1968)
3. Drs. Sugiyono (Kepala Sekolah SEMEA Negeri Periode 1968-1975)
4. Dudun Abdullah (Alm) (Kepala SEMEA Negeri Metro Periode 1975-1983)
5. Drs. Basri DJ (Kepala SEMEA Negeri Metro Periode 1983-1990)
6. Drs. Djoko Sampurno (Alm) (Kepala SEMEA Negeri Metro Periode 1990-1995)
7. Drs. Mashuri DM, BA (Kepala SEMEA Negeri Metro Periode 1995-1996)
8. Drs. Rosyidi Zahari (Kepala SEMEA Negeri Metro Periode 1999-2002)
9. Drs. Hj. Asnayus (Kepala SEMEA Negeri Metro Periode 2002-2005)
10. Hj. Djumijati, S.Pd (Alm) (Kepala SMK Negeri 1 Metro Periode 2005-2013)
11. Dra. Dwi Widyaningsih (Kepala SMK Negeri 1 Metro 2013 – Sekarang)

6. Profil SMK Negeri 1 Metro
1. Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Metro
2. Status Akreditasi : Terakreditasi B
3. Alamat : Jalan Kemiri – Kampus 15A Iringmulyo Kecamatan Metro Timur Kota Metro
4. Tahun didirikan : 1967
5. Status Tanah : Hak Pakai

2. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Dalam melaksanakan kegiatannya, SMK Negeri 1 Metro senantiasa berpandangan jauh ke depan dengan berpegang pada visi sekolah yaitu:
“ Menjadi Sekolah yang Unggul, berkarakter mulia dan berwawasan Lingkungan”

B. Misi Sekolah
Agar visi tersebut dapat dilaksanakan perlu adanya misi sekolah yaitu:
1. Menyelenggarakan manajemen dan administrasi sekolah secara profesional, akuntabel, dan demokratis dengan menerapkan teknologi yang sesuai berdasarkan prinsip prinsip manajemen berbasis sekolah.
2. Menyelenggarakan proses pembelajaran dan layanan bimbingan konseling secara profesional , bermutu dan bertanggungjawab, sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan teknologi terkini.
3. Menyusun dan mengembangkan kurikulum sekolah secara periodik dengan mengintegrasikan nilai nilai karakter mulia, pelestarian lingkungan hidup, pengembangan teknologi, serta kebutuhan dan potensi daerah dengan melibatkan seluruh stakeholder.
4. Mengintegrasikan nilai nilai budi pekerti luhur dan karakter mulia dalam kurikulum dan kehidupan sehari hari.
5. Mengintegrasikan pengetahuan dan teknik pelestarian lingkungan hidup dalam kurikulum dan kehidupan sehari hari untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bebas polusi udara, polusi suara dan polusi bau sehingga memberikan kenyamanan dalam penyelenggaraan proses pendidikan.
6. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan diri, serta aktivitas non akademis lainnya dan memfasilitasi dengan sarana yang memadai dan pelatih yang kompeten.
7. Melibatkan dunia usaha, dunia industri, institusi pasangan dan masyarakat dalam proses pendidikan dan pelatihan sesuai dengan prinsip prinsip pendidikan sistem ganda.
8. Melaksanakan proses pendidikan dengan mengedepankan kedisiplinan, ketertiban dan tanggungjawab dari semua pihak dalam proses pendidikan dengan berdasarkan pedoman akademik yang telah ditentukan.
9. Melestarikan, melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara optimal
10. Mengutamakan pemanfaatan daur ulang dengan cara 3R (Reuse, Reduse, Recycle)

C. Tujuan Sekolah
SMK Negeri I Metro dalam melaksanakan proses pendidikan dan Pelatihan terhadap peserta didik adalah menjadi sekolah yang bermutu unggul, senantiasa dalam lingkungan yang bersih, rapi, sehat, harmonis, saling menghormati, dan disiplin menuju sekolah yang maju serta lulusannya mampu berkiprah di dunia kerja dan hidup sukses di masyarakat.

D. Sasaran

1. Terwujudnya Manajemen Sekolah yang terstandar
2. Program Studi Keahlian Tata Niaga Kompetensi Pemasaran sebagai program studi keahlian yang berpotensi berstandar nasional
3. Terselenggaranya Uji Kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Nasional (SKN)
4. 40% siswa mendapatkan nilai matematika 6,0, dan bahasa inggris minimal 7,0
5. 3 orang guru produktif setiap program keahlian memiliki sertifikat kompetensi industry
6. 50% guru yang mengajar sesuai kurikulum 2004 menggunakan bahan ajar (modul)
7. 50% siswa memanfaatkan modul interaktif melalui internet
8. Siswa kompetensi keahlian Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran, Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga menjuarai Promosi Kompetensi Siswa Tingkat Propinsi dan Tingkat Nasional
9. Ruang dan peralatan praktik memenuhi standar pelayanan minimal
10. Siswa mampu meraih kejuaraan dalam kegiatan kepramukaan, kerohanian, dan olah raga di tingkat Provinsi.
11. Menerapkan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
12. Terwujudnya peningkatan kompetensi keahlian masyarakat dalam rangka pemberdayaan potensi daerah.
13. Terwujudnya kegiatan Business Centre dan Unit Produksi sekolah sebagai sarana pelatihan siswa dan pengembangan nilai-nilai industri

E. Tujuan Program Studi Keahlian

SMK Negeri 1 Metro memiliki 4 (empat) Program Studi Keahlian dan 5 (lima) Kompetensi Keahlian, yaitu:
1. Program Studi Keahlian Keuangan dengan Kompetensi Keahlian Akuntansi
2. Program Studi Tata Niaga dengan Kompetensi Keahlian Pemasaran
3. Program Studi Administrasi dengan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
4. Program Studi Pariwisata dengan Kompetensi Keahlian:
a. Akomodasi Perhotelan
b. Jasa Boga

1. Tujuan Program Studi Keahlian Keuangan, Kompetensi Keahlian Akuntansi:
a. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah bidang pembukuan (akuntansi);
b. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang akuntansi;
c. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
d. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi bidang akuntansi sesuai ketentuan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

2. Tujuan Program Studi Keahlian Tata Niaga, Kompetensi Keahlian Pemasaran:
a. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah bidang pemasaran;
b. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang pemasaran;
c. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
d. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi bidang pemasaran dengan konsep pelayanan prima.

3. Tujuan Program Studi Keahlian Administrasi, Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran:
a. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah bidang administrasi perkantoran;
b. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang administrasi perkantoran;
c. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
d. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi bidang administrasi perkantoran dengan konsep pelayanan prima.

4. Tujuan Program Studi Keahlian Pariwisata, Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan:
a. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah bidang perhotelan;
b. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, bereadaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang perhotelan;
c. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
d. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi bidang perhotelan dengan konsep pelayanan prima.

5. Tujuan Program Studi Keahlian Pariwisata, Kompetensi Keahlian Jasa Boga:
a. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah bidang jasa boga;
b. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, bereadaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang jasa boga;
c. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
d. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi bidang jasa boga dengan konsep pelayanan prima.


Tulisan ini dipublikasikan di Sejarah dan tag , , . Tandai permalink.