Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

Paket Keahlian Akomodasi Perhotelan C2. Dasar Program yaitu: Keahlian Komunikasi Industri Perhotelan, Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja dan Tata Graha. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) SANITASI, HYGIENE, DAN KESELAMATAN KERJA pada kelas X dengan 144 jp (4 jp X 36 minggu efektif).
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.    Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1   Memahami ruang lingkup sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja 4.1   Mempresentasikan ruang lingkup sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja
3.2    Menganalisis personal hygiene 4.2 Menerapkan personal hygiene
3.3   Menganalisis kecelakaan kerja 4.3 Melakukan identifikasi kecelakaan kerja
3.4   Menganalisis pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) 4.4   Melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
3.5  Menganalisis pencegahan terjadinya kebakaran 4.5 Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran
3.6  Menganalisis  alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan 3.6   Menggunakan  alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan
3.7  Menganalisis kesehatan lingkungan kerja 4.7 Menerapkan kesehatan lingkungan kerja
3.8  Menganalisis limbah yang berasal dari industri perhotelan 4.8   Menangani  limbah yang berasal dari industri perhotelan
3.9 Menganalisis penyakit akibat kerja 4.9 Melakukan pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.1 Perhotelan, 8.1.1 Akomodasi Perhotelan, Bidang Keahlian dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.