Sanitasi, Higienis dan Keselamatan Kerja KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Share

Sanitasi, Higienis dan Keselamatan Kerja KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Usaha Perjalanan Wisata (C2)
Mata Pelajaran : Sanitasi, Higienis dan Keselamatan Kerja
Jam Pelajaran : 108 JP ( @ 45 menit )

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami ruang lingkup sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja 4.1  Mempresentasikan ruang lingkup sanitasi, hygiene dan keselamatan kerja
3.2   Menganalisis personal hygiene 4.2  Menerapkan personal hygiene
3.3   Menganalisis kecelakaan kerja 4.3  Melakukan identifikasi kecelakaan kerja
3.4   Menganalisis pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) 4.4  Melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
3.5   Menganalisis pencegahan terjadinya kebakaran 4.5  Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran
3.6   Menerapkan  alat pelindung dirisaat melakukan pekerjaan 4.6  Menggunakan  alat pelindung diri saat melakukan pekerjaan
3.7   Menganalisis kesehatan lingkungan kerja 4.7  Menerapkan kesehatan lingkungan kerja
3.8   Menganalisis limbah yang berasal dari industri pariwisata 4.8  Menangani  limbah yang berasal dari industri pariwisata
3.9   Menganalisis penyakit akibat kerja 4.9  Melakukan pencegahan terjadinya penyakit akibat kerja

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, Portal SMK dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *