Rencana Anggaran Biaya Bangunan Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya Bangunan kelas XII 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Gambar Sipil Arsitektur Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
C2.  Dasar Program Keahlian: Mekanika Teknik; Teknik Pengukuran Tanah; Gambar Teknik;Dasar-dasar Konstruksi

C3. Paket Keahlian: Aplikasi Perangkat Lunak Gambar (XI, XII, XIII), Konstruksi Jalan dan Jembatan (XI, XII, XIII), Konstruksi Gedung (XI, XII, XIII), Interior Gedung (XI, XII, XIII), Rencana Anggaran Biaya (XI, XII, XIII), Pengembangan Produk Kreatif (XI, XII, XIII)
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Paket Keahlian : Teknik Gambar Sipil Arsitektur
Mata Pelajaran : Rencana Anggaran Biaya Bangunan
Kelas : XII
Jumlah Jam : 4 Jam Pelajaran / minggu

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.1     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

1.2     Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 1.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari

1.2       Menunjukkan perilaku yang patut dan santunserta menghargai kerja individu maupun kelompok dalam aktivitas sehari-hari

1.3       Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan

2.     Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 3.1         Memahami keselamatan kerja dan lingkungan

3.2         Memahami perhitungan volume pekerjaan  RAB dalam format Microsof Excel

3.3         Memahami perhitungan backup volume RAB dalam Microsof Excel

3.4         Memahami perhitungan analisa harga satuan pekerjaan RAB dalam format Microsof Excel

3.5         Memahami  daftar rekapitulasi pekerjaan dalam menyusun RAB

3.6         Memahami dasar-dasar pembuatan time-schedule pekerjaan bangunan

3.7         Memahami dasar-dasar perhitungan bobot prosentase pekerjaan RAB

3.8         Memahami pembuatan kurva S

3.     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. 4.1         Mengaplikasikan  keselamatan kerja dan lingkungan

4.2         Mengaplikasikan perhitungan volume pekerjaan  RAB dalam format Microsof Excel

4.3         Mengaplikasikan perhitungan backup volume RAB dalam Microsof Excel

4.4         Mengaplikasikan perhitungan analisa harga satuan pekerjaan RAB dalam format Microsof Excel

4.5         Membuat daftar rekapitulasi pekerjaan dalam menyusun RAB

4.6         Mengaplikasikan dasar-dasar pembuatan time-schedule pekerjaan bangunan

4.7         Mengaplikasikan  dasar-dasar perhitungan bobot prosentase pekerjaan RAB

4.8         Melaksanakan pembuatan kurva S


Tulisan ini dipublikasikan di 1.1.1 Teknik Gambar Sipil Arsitektur dan tag , , , , . Tandai permalink.