Proteksi Jaringan Tenaga Listrik Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Proteksi Jaringan Tenaga Listrik kelas XII 6 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Jaringan Tenaga Listrik Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian        : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian      : Teknik Ketenagalistrikan
Paket Keahlian                   : Teknik Jaringan Tenaga Listrik
Mata Pelajaran         : Proteksi Jaringan Tenaga Listrik (C3)
Kelas                      : XII
Jam Pelajaran          :6 Jam Pelajaran/Minggu

KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai),santun,responsifdan pro-aktifdan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alamserta dalammenempatkandiri sebagai cerminanbangsadalam pergaulan dunia

Keterangan:

  • Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan
  • Guru mengembangkan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik
  • Evaluasi terhadap Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakterpesertadidik lebih lanjut
KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.    Menghitung gangguan arus hubung singkat sistem tenaga listrik 4.1.    Menggunakan hasil perhitungan gangguan arus hubung singkat sistem tenaga listrik.
3.2.    Mengidentifikasi relai proteksi 4.2.    Menggunakan hasil identifikasi jenis-jenis relai proteksi
3.3.    Memahami karakteristik relai-relai proteksi 4.3.    Melakukan pengelompokan karakteristik relai –relai proteksi
3.4.    Menganalisis pengujian rele proteksi sistem tenaga listrik. 4.4.    Melakukan pengujian rele proteksi sistem tenaga listrik.
3.5.    Menganalisis koordinasi proteksi gardu induk 4.5.    Memeriksa koordinasi proteksi gardu induk
3.6.    Menganalisis koordinasi proteksi jaringan transmisi tenaga listrik 4.6.    Memeriksa koordinasi proteksi jaringan transmisi tenaga listrik
3.7.    Menganalisis koordinasi proteksi jaringan distribusi tenaga listrik 4.7.    Memeriksa koordinasi proteksi jaringan distribusi tenaga listrik
3.8.    Menganalisis prosedur perawatan peralatan proteksi 4.8.    Melakukan perawatan peralatan proteksi
3.9.    Menganalisis perbaikan peralatan proteksi 4.9.    Melakukan perbaikan peralatan proteksi
3.10. Mengevaluasi hasil perbaikan peralatan

Proteksi

4.10. Menguji hasil perbaikan peralatan proteksi.

Tulisan ini dipublikasikan di 1.4 Teknik Ketenagalistrikan, 1.4.1. Teknik Jaringan Tenaga Listrik dan tag , , , , . Tandai permalink.