Produk Pastry dan Bakery KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Produk Pastry dan Bakery KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3)
Mata Pelajaran : Produk Pastry dan Bakery
Jam Pelajaran : 452 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Menerapkan pedoman suhu pada pembuatan pastry dan bakery 4.1    Melakukan pegamatan suhu pembuatan dan pembakaran pada pastry dan bakery
3.2    Menerapkan metode pembuatan adonan beragi 4.2    Melakukan metode pembuatan adonan beragi
3.3    Menganalisis perubahan bahan,  kegagalan produk, kriteria hasil kue adonan beragi 4.3    Menyajikan hasil uji kelayakan produk hasil kue adonan beragi
3.4    Menganalisis  jenis bread (sweet bread, soft roll, hard bread, 4.4    Melakukan pembuatan produk roti sweet bread, soft roll hard bread,
3.5    Menerapkan bahan pengisi pastry dan bakery 4.5   Melakukan teknik perhitungan presentasi bahan pengisi pastry dan bakery
3.6    Menganalisis hasil bahan penutup pastry dan bakery 4.6    Menyajikan bahan penutup pastry dan bakery
3.7    Menerapkan coklat, permen cokelat dan cokelat praline 4.7    Melakukan tahapan pengolahan coklat, permen cokelat dan cokelat praline
3.8    Menganalisis  kue dari  adonan pie dan sugar dough 4.8    Menyajikan metode pembuatan kue dari adonan pie dough dan  sugar dough
3.9    Menganalisis kue dari adonan ”strudel” 4.9   Menyajikan meode pembuatan kue dari adonan ”strudel”
3.10  Menganalisis kue dari  adonan choux paste 4.10 Menyajikan meode pembuatan kue dari  adonan choux paste
3.11  Menganalisis kue dari  adonan puff pastry 4.11 Menyajikan meode pembuatan kue dari  adonan puff pastry, strudel, danish, croissant
3.12 Mengevaluasi jenis cookies 4.12 Memodifikasi pengembangan jenis cookies

Tulisan ini dipublikasikan di 8.3 Tata Boga, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *