Produk Kreatif dan Kewirausahaan KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Produk Kreatif dan Kewirausahaan KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3)
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Jam Pelajaran : 350 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Memahami sikap dan perilaku wirausahawan 4.1  Memresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan
3.2   Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa 4.2  Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
3.3   Memahami hak atas kekayaan intelektual 4.3  Memresentasikan hak atas kekayaan intelektual
3.4   Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/ jasa 4.4  Membuat desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa
3.5   Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa 4.5  Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
3.6   Menganalisis lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa 4.6  Membuat lembar kerja/ gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
3.7  Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa 4.7  Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
3.8   Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa 4.8  Membuat prototype produk barang/jasa
3.9   Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa 4.9  Menguji prototype produk barang/jasa
3.10 Menganalisis perencanaan produksi massal 4.10 Membuat perencanaan produksi massal
3.11 Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal 4.11 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal
3.12 Menerapkan proses produksi massal 4.12 Melakukan produksi massal
3.13 Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa 4.13 Melakukan perakitan produk barang/jasa
3.14 Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa 4.14 Melakukan pengujian produk barang/jasa

Tulisan ini dipublikasikan di 8.3 Tata Boga dan tag , , . Tandai permalink.

3 Responses to Produk Kreatif dan Kewirausahaan KI dan KD Tata Boga 2017

  1. wasita berkata:

    saya kesulitan membuat rpp mapel produk kreatif dan kewirausahaan kls xi . mohon share rppnya. trm ksh sebelumnya

  2. ricky surya putra berkata:

    saya juga kesulitan membuat rpp mapeluntuk produk kreatif dan kewirausahaan di kls XI mohon share 1 contoh rpp. TERIMA KASIH

  3. Ritha berkata:

    Bsa mta tlog bpk/ibu klu da yg pny silabus dan RPP utk jurusan TBSM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *