Produk Cake, dan Kue Indonesia KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Produk Cake, dan Kue Indonesia KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3)
Mata Pelajaran : Produk Cake, dan Kue Indonesia
Jam Pelajaran : 452 JP ( @ 45 menit )

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Menganalisis jenis kue Indonesia berbahan tepung 4.1   Menunjukkan pembuatan kue Indonesia berbahan dasar tepung
3.2   Menganalisis kue Indonesia dari aneka beras 4.2  Menunjukkan pembuatan kue Indonesia dari aneka beras
3.3   Menganalisis kue Indonesia dari umbi-umbian 4.3  Menunjukkan pembuatan kue Indonesia dari umbi-umbian
3.4   Menganalisis kue Indonesia dari kacang-kacangan 4.4   Menunjukkan pembuatan kue Indonesia dari kacang- kacangan
3.5  Mengevaluasi aneka Indonesian cake 4.5   Merumuskan resep pembuatan aneka Indonesian cake (lapis legit, lapis surabaya)
3.6  Menerapkan bahan pengisi kue 4.6   Melakukan pengamatan  bahan pengisi  kue
3.7   Menganalisis hasil bahan penutup kue 4.7   Menjukkan  bahan penutup kue
3.8  Menganalisis bahan penghias dan ”ornament” kue 4.8  Menunjukkan  bahan penghias dan ”ornament” kue
3.9  Menganalisis cake, gateauxtorten 4.9   Menunjukkan pembuatan aneka cake, gateaux, torten
3.10 Mengevaluasi special cake 4.10 Memodifikasi special cake
3.11 Mengevaluasi dekorasi cake 4.11 Memodifikasi dekorasi cake

Tulisan ini dipublikasikan di 8.3 Tata Boga, Portal SMK dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Responses to Produk Cake, dan Kue Indonesia KI dan KD Tata Boga 2017

  1. Dewi yomo haryanto berkata:

    Mhn contoh RPP bakery dan cake Indonesia kelas XI Jasa boga

  2. Dewi yomo haryanto berkata:

    Mhn contoh RPP bakery dan cake Indonesia kelas XI Jasa boga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *