Piranti Sensor dan Aktuator Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Piranti Sensor dan Aktuator kelas XII 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Otomasi Industri Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa

Mata Pelajaran : Piranti Sensor dan Actuator(C3)
Kelas                           : XII
Jam Pelajaran              : 116 Jam Pelajaran ( 4 JP x 34 Minggu)

KOMPETENSI INTI1 (SIKAP SPIRITUAL)
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agamayang dianutnya
KOMPETENSI INTI2 (SIKAP SOSIAL)
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,peduli (gotong royong,kerjasama,toleran,damai),santun,responsifdan pro-aktifdan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alamserta dalammenempatkandiri sebagai cerminanbangsadalam pergaulan dunia

Keterangan:

  • Pembelajaran Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilaksanakan secara tidak langsung (indirect teaching) melalui keteladanan, ekosistem pendidikan, dan proses pembelajaran Pengetahuan dan Keterampilan
  • Guru mengembangkan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan memperhatikan karakteristik, kebutuhan, dan kondisi peserta didik
  • Evaluasi terhadap Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan berfungsi sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakterpesertadidik lebih lanjut

 

KOMPETENSI INTI3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.      Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

 

KOMPETENSIDASAR KOMPETENSIDASAR
3.1.        Menganalisis  piranti pendeteksi tekanan (sensor tekanan) 4.1.       Menjelaskan  piranti pendeteksi tekanan (sensor tekanan) sesuai dengan buku manual dan  fungsinya
3.2.        Menganalisis piranti pendeteksi suhu 4.2.       Menjelaskan  piranti pendeteksi suhu (sensor suhu) sesuai dengan buku manual
3.3.        Menganalisis  pendeteksi aliran (sensor aliran) 4.3.       Menjelaskan  piranti pendeteksi tekanan (sensor tekanan) sesuai dengan buku manual dan  fungsinya
3.4.        Menganalisis  piranti pendeteksi liquid level (sesor level aliran) 4.4.       Menjelaskan piranti pendeteksi suhu (sensor suhu) sesuai dengan buku manual
3.5.        Menerapkan motor split fasa 4.5.       Mengoperasikan motor split fasa sesuai dengan buku manual dan fungsinya
3.6.        Menerapkan   motor split fasa 4.6.       Mengoperasikan motor split  kapasitor sesuai dengan buku manual dan fungsinya
3.7.        Menerapkan  motor start kapasitor 4.7.       Mengoperasikan motor kapasitor start sesuai dengan buku manual dan fungsinya
3.8.        Menerapkan   motor stepper 4.8.       Mengoperasikan motor stepper sesuai dengan buku manual dan fungsinya
3.9     Menanggulangi gangguan pada motor split ,

motor kapasitor dan motor stepper

4.9     Mengatasi  gangguan pada motor spilt fasa,

kapasitor dan stepper.


Tulisan ini dipublikasikan di 1.4 Teknik Ketenagalistrikan, 1.4.4. Teknik Otomasi Industri dan tag , , , , . Tandai permalink.