Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Share

Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata KI dan KD Usaha Perjalanan Wisata

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian: Usaha Perjalanan Wisata (C3)
Mata Pelajaran : Perencanaan dan Pengelolaan Perjalanan Wisata
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menganalisis produk wisata 4.1.   Memberikan informasi produk wisata kepada pelanggan
3.2   Menganalisis perjalanan wisata 4.2.   Menyusun rencana perjalanan wisata
3.3   Menganalisis perencanaan perjalanan wisata 4.3.  Memberikan informasi perjalanan wisata
3.4   Menganalisis komponen wisata 4.4.  Menyusun komponen wisata
3.5   Menganalisis Distribution  Of Time 4.5.  Membuat Distribution Of Time
3.6   Menganalisis Tour Itinerary 4.6.  Menyusun Tour Itinerary
3.7   Menghitung komponen biaya wisata 4.7.  Melakukan pemeriksaan komponen biaya wisata
3.8   Menghitung biaya perjalanan wisata 4.8.  Melakukan pengecekan hasil perhitungan biaya perjalanan wisata
3.9   Menganalisis produk perjalanan wisata  Ready Made Tour 4.9.  Membuat produk perjalanan wisata  Ready Made Tour
3.10 Menganalisis produk perjalanan wisata Tailor made tour 4.10. Membuat produk perjalanan wisata Tailor made tour
3.11  Menganalisis paket perjalanan wisata Excursion/one day tour 4.11. Menyusun paket perjalanan wisata Excursion/one day tour
3.12 Menganalisis paket perjalanan wisata lebih dari satu hari dan overland tour 4.12. Menyusun paket perjalanan wisata lebih dari satu hari dan overland tour
3.13 Menghitung single extra charge 4.13. Melakukan  pengecekan hasil perhitungan single extra charge
3.14 Menghitung complimentary 4.14. Melakukan pemeriksaan hasil penghitungan  complimentary
3.15 Menghitung selling price 4.15. Melakukan pemeriksaan hasil penghitungan selling price
3.16 Mengevaluasi harga paket perjalanan wisata one day tour 4.16. Melakukan pemeriksaan harga wisata one day tour
3.17 Mengevaluasi harga paket perjalanan wisata multidays tour dan overland tour 4.17. Melakukan pemeriksaan harga paket wisata multiday tour dan overland tour
3.18 Mengevaluasi penawaran harga paket perjalanan wisata 4.18. Melakukan penawaran harga paket perjalanan wisata

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *