Perencanaan Bisnis KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C2 Dasar Program Keahlian yaitu: Marketing, Perencanaan Bisnis, Pemasaran Online. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Perencanaan Bisnis Kelas X dengan 108 Jam ( 6 JP x 18 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

SEMESTER 1

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1      Memahami  ruang lingkup bidang usaha dan  tujuan pengelolaan usaha 3.1      Menyajikan ruang lingkup bidang usaha dan tujuan pengelolaan usaha di berbagai Bidang.
3.2      Menganalisis  Lingkungan pemasaran mikro dan makro sesuai bidang usaha 3.2      Menentukan lingkungan pemasaran mikro dan makro sesuai bidang usaha
3.3      Menganalisis karakteristik konsumen sesuai  bidang usaha 3.3      Menentukan karakteristik konsumen sesuai bidang usaha
3.4      Menganalisis Perencanaan Produk 3.4      Membuat perencanaan produk
3.5      Menganalisis  Perencanaan Penetapan harga 3.5      Menghitung penetapan harga
3.6      Menganalisis tempat usaha yang strategis 3.6      Menentukan tempat usaha yang strategis
3.7      Menerapkan  teknik-teknik Promosi 3.7      Menyusun teknik-teknik promosi
3.8      Menerapkan  prosedur pengurusan surat izin usaha pemasaran 3.8      Membuat dokumen surat untuk izin usaha pemasaran
3.9      Menganalisis   teknik memperoleh modal usaha 3.9      Menentukan teknik memperoleh modal usaha

SEMESTER 2

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1      Memahami ruang lingkup perencanaan bisnis 3.1      Menyajikan  ruang lingkup perencanaan bisnis
3.2      Menerapkan  peranan perancangan bisnis dalam menunjang kegiatan bisnis 3.2       Menyajikan  peranan perancangan bisnis dalam kegiatan usaha
3.3      Menganalisis  penentuan visi, misi, sasaran, tujuan dan strategi bisnis 3.3       Menyusun visi, misi, sasaran, tujuan dan strategi bisnis
3.4      Menganalisis kondisi usaha dari aspek pasar 3.4       Menyajikan kondisi usaha dari aspek pasar
3.5      Menganalisis kondisi usaha dari aspek teknis 3.5       Menyajikan kondisi usaha dari aspek  teknis
3.6      Menganalisis kondisi usaha dari aspek lokasi dan tata letak fasilitas 3.6       Menyajikan kondisi usaha dari aspek lokasi dan tata letak fasilitas
3.7      Menganalisis kondisi usaha dari aspek organisasi dan manajemen 3.7       Menyajikan kondisi usaha dari aspek organisasi dan manajemen
3.8      Menganalisis kondisi usaha dari aspek legalitas usaha 3.8       Menyajikan kondisi usaha dari aspek legalitas usaha
3.9      Menganalisis kondisi usaha dari aspek keuangan 3.9       Menyajikan kondisi usaha dari aspek keuangan
3.10    Menerapkan cara  penyusunan proposal usaha pemasaran 3.10    Membuat  proposal usaha / Bisnis

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.