Penjelasan Seputar PKG (Pembinaan Karir Guru)

Share

Berikut ini adalah paparan penjelasan mengenai PKG (Penilaian Karir Guru). Mudah-mudahan menjawab pertanyaan teman-teman atas postingan sebelumnya. Dikutip dari pernyataan Bpk.Munir, KaSie.Penyelenggaran P4TK Penjas BK dalam Penutupan Sosialisasii POP-BK Jatim di Hotel Utami Sda, 23 Maret 2017.

Dok. SMK N1 METRO

ilustrasi: pembinaan karir guru 2017

  1. Program Pembinaan Karier Guru (PKG) akan berbasis komunitas Guru (KKG/MGMP/MGBK). Tidak akan ada lagi guru sasaran yang diundang langsung oleh P4TK.
    Bagaimana memilih komunitas yang akan ditunjuk melaksanakan PKG, hingga saat ini masih dirumuskan.
  2. Untuk melaksanakan PKG, komunitas MGBK harus terdaftar di Sistem Informasi PKG (sebelumnya Guru Pembelajar). Cara mendaftarnya, harap menghubungi admin dinas kota/kab masing-masing. Bagi SMA & SMK, P4TK akan mengundang Dinas Provinsi, yang terdiri dari pejabat dan admin untuk pemekaran admin dalam memfasilitasi PKG di tingkat SMA & SMK.
  3. Bagi guru yang belum terdaftar di komunitas MGMP/MGBK, tidak dapat mengikuti PKG. Peserta PKG minimal terdiri dari 20 orang, tetap berbasis nilai UKG namun tidak mempertimbangkan jumlah rapor merah. Komunitas yang jumlah anggotanya kurang dari 20 orang akan digabungkan dengan daerah lain.
  4. Sistem penilaian PKG akan berbeda dengan GP 2016. Modanya akan tetap menggunakan moda tatap muka dan daring kombinasi. Bobot nilai tes akhir adalah 40%.
  5. Tugas P4TK adalah mencetak Instruktur/ Mentor. Selanjutnya, mentor tersebutlah yang akan melaksanakan PKG di komunitasnya masing-masing. Pada tanggal 4-9 April 2017 akan diadakan Penyegaran Narasumber yang akan melatih mentor PKG.
  6. Penyegaran mentor/IN akan dilaksanakan setelah Penyegaran Narasumber. Tidak semua mentor/IN yang sudah dilatih tahun lalu akan dipanggil kembali. IN yang dipanggil untuk penyegaran akan diprioritaskan pada IN yang berasal dari daerah sasaran, dan mempertimbangkan evaluasi kinerja mentor pada penyelenggaraan GP tahun 2016.
  7. Komunitas perlu mempersiapkan legalitas (Surat Keterangan sah dari pejabat berwenang) dan nomor rekening atas nama komunitas. Jika komunitas MGMP/MGBK terpilih sebagai sasaran PKG tahun 2017, P4TK akan mengirimkan biaya penyelenggaraan PKG ke no.rek. komunitas.
  8. Untuk guru yang belum mengikuti UKG 2015, akan diadakan Tes Awal. Namun juknisnya hingga saat ini belum ada.
  9. Dirjen GTK menugaskan langsung P4TK Penjas BK untuk melakukan sosialisasi Panduan Operasional Pelaksanaan BK jenjang SD,SMP,SMA, & SMK ke kurang lebih 2000 orang perwakilan 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.
  10. Sosialisasi POP BK diharapkan sudah dilaksanakan di komunitas kota/kabupaten masing-masing sebelum bulan Mei 2017, agar dapat mulai dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2017/2018.

Semoga Bermanfaat

*Instruktur/Mentor Nasional BK*


Tulisan ini dipublikasikan di info kini dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *