PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN KONTINENTAL Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : JASA BOGA C3. Paket Keahlian yaitu: Tata Hidang Kelas XI, Tata Hidang Kelas XII, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas XI, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas XII, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XI, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XII, Pengelolaan Usaha Boga Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN KONTINENTAL Kelas XI dengan 8 jp/minggu
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara afektif dengan lingkungan social dan dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbanganguru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4  (KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan   metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, bernegara, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah 4. Mengolah , menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI DASAR  (PENGETAHUAN) KOMPETENSI DASAR  (KETERAMPILAN)
3.1. Memahami ruang lingkup, giliran dan karakteristik menu makanan kontinantal 4.1. Melakukan pengelompokkan menu berdasarkan giliran menu
3.2. Menganalisis bahan, bumbu,  kriteria hasil dan faktor kegagalan kaldu   (Stock ) 4.2. Membuat  kaldu   (Stock )
3.3. Menganalisis bahan, bumbu,  kriteria hasil dan faktor kegagalan saus (Sauce) dasar 4.3. Membuat  saus (Sauce) dasar
3.4. Menganalisis bahan , bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan turunan saus 4.4. Membuat  turunan saus
3.5. Menganalisis bahan, bumbu  kriteria hasil dan faktor kegagalan  makanan pembuka  dingin ( Cold Appetizer) 4.5. Membuat  makanan pembuka  dingin ( Cold Appetizer)
3.6. Menganalisis bahan, bumbu  kriteria hasil dan faktor kegagalan makanan pembuka panas (Hot Appetizer) 4.6. Membuat  makanan pembuka panas (Hot Appetizer)
3.7. Menganalisis bahan , bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan soup 4.7. Membuat soup
3.8. Menganalisis bahan, bumbu  kriteria hasil dan faktor kegagalan Sandwich 4.8. Membuat sandwich
3.9. Menganalisis  bahan, bumbu dan criteria hasil canapé 4.9. Membuat canape
3.10. Menganalisis  bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan dari sayuran 4.10. Membuat hidangan dari sayuran
3.11. Menganalisis bahan,  bumbu  kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan dari telur 4.11. Membuat hidangan dari telur

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.3 Tata Boga, Bidang Keahlian, Jasa Boga dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.