Pengolahan dan Penyajian Makanan KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Pengolahan dan Penyajian Makanan KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C3)
Mata Pelajaran : Pengolahan dan Penyajian Makanan
Jam Pelajaran : 558 JP (@ 45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1    Menganalisis kaldu (Stock) 4.1   Menunjukkan pembuatan kaldu (Stock )
3.2    Menganalisis saus dasar (mother sauce) dan turunannya 4.2   Menunjukkan pembuatan  saus (mother sauce) dasar dan turunannya
3.3    Menganalisis makanan pembuka  dingin (hot and cold appetizer) 4.3   Menunjukkan pembuatan makanan pembuka  dingin (hot and cold appetizer)
3.4    Mengevaluasi soup 4.4   Memodifikasi  pembuatan soup
3.5    Menganalisis sandwich dan canapé 4.5   Menunjukkan  pembuatan sandwich dan canapé
3.6    Menganalisis  hidangan dari kentang dan pasta 4.6   Menunjukkan  pembuatan hidangan dari kentang dan pasta
3.7    Menganalisis  hidangan dari telur 4.7   Menunjukkan  pembuatan hidangan dari telur
3.8    Menganalisis  hidangan dari daging 4.8   Menunjukkan  pembuatan hidangan dari daging
3.9    Menganalisis  hidangan dari unggas 4.9   Menunjukkan  pembuatan hidangan dari unggas
3.10  Menganalisis  hidangan dari ikan dan seafood 4.10 Menunjukkan  pembuatan hidangan dari ikan dan seafood
3.11  Menganalisis fusion food 4.11 Menampilkan metode dan penyajian  pembuatan fusion food
3.12  Menerapkan urutan kerja dalam pengolahan makanan Indonesia 4.12 Melakukan  urutan kerja dalam pengolahan makanan Indonesia
3.13  Menganalisis salad Indonesia 4.13 Menunjukkan pembuatan Salad Indonesia
3.14  Menganalisis sup dan soto Indoinesia 4.14 Menunjukkan pembuatan sup dan soto Indonesia
3.15  Menganalisis  hidangan sayur dan nabati Indonesia 4.15 Menunjukkan pembuatan hidangan dari sayur dan nabati Indonesia
3.16  Menganalisis hidangan nasi dan mie 4.16 Menunjukkan pembuatan hidangan dari nasi dan mie
3.17  Menganalisis  hidangan sepinggan 4.17 Menunjukkan pembuatan hidangan sepinggan
3.18  Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar telur 4.18 Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar telur
3.19  Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar unggas 4.19 Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar unggas
3.20  Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar daging 4.20 Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar daging
3.21  Menganalisis makanan Indonesia berbahan dasar ikan dan seafood 4.21 Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia berbahan dasar ikan dan seafood
3.22  Menganalisis makanan Indonesia jenis sate dan hidangan panggang 4.22 Menunjukkan pembuatan makanan Indonesia jenis sate dan hidangan panggang
3.23  Mengevaluasi hidangan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat 4.23 Memodifikasi pembuatan makanan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat
3.24  Mengevaluasi hidangan kesempatan khusus untuk acara perkawinan 4.24 Memodifikasi pembuatan makanan kesempatan khusus untuk acara perkawinan
3.25  Mengevaluasi aneka bubur Indonesia 4.25 Memodifikasi pembuatan aneka bubur Indonesia
3.26  Menerapkan dasar food gastronomy 4.26 Melakukan dasar pembuatan makanan dengan gastronomy

Tulisan ini dipublikasikan di 8. Pariwisata, 8.3 Tata Boga dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *