PAKET KEAHLIAN : JASA BOGA C3. Paket Keahlian yaitu: Tata Hidang Kelas XI, Tata Hidang Kelas XII, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas XI, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental Kelas XII, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XI, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia Kelas XII, Pengelolaan Usaha Boga Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dan Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII. Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN INDONESIA Kelas XI dengan 8 jp/minggu
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsive dan pro aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara afektif dengan lingkungan social dan dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbanganguru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) | ||
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, bernegara, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah | 4. Mengolah , menalar, menyaji dan dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung | ||
KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN) | ||
3.1. | Menganalisis bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan salad Indonesia | 4.1. | Membuat Salad Indonesia |
3.2. | Menganalisis bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan Sup Indoinesia | 4.2. | Membuat Sup Indonesia |
3.3. | Menganalisis bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan Soto Indonesia | 4.3. | Membuat Soto Indonesia |
3.4. | Menganalisis bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan sayur Indonesia | 4.4. | Membuat hidangan dari Sayur Indonesia |
3.5. | Menganalisis bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan nasi tidak berbumbu | 4.5. | Membuat hidangandari Nasi Tidak Berbumbu |
3.6. | Menganalisis bahan, bumbu kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan nasi berbumbu | 4.6. | Membuat hidangan Nasi Berbumbu |
3.7. | Menganalisis bahan, bumbu, kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan dari Mie | 4.7. | Membuat hidangan Mie |
3.8. | Menganalisis bahan, bumbu , kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan sepinggan | 4.8. | Membuat hidangan Sepinggan |
3.9. | Menganalisis bahan, bumbu, kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan lauk pauk Indonesia yang berasal dari protein nabati | 4.9. | Membuat hidangan lauk pauk Indonesia yang berasal dari prortein nabati |
3.10. | Menganalisis bahan, bumbu, kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan lauk pauk Indonesia dari telur | 4.10. | Membuat hidangan lauk pauk Indonesia dari telur |
3.11. | Menganalisis bahan, bumbu, kriteria hasil dan faktor kegagalan hidangan lauk pauk Indonesia dari unggas | 4.11. | Membuat hidangan lauk pauk Indonesia dari unggas |