Penginderaan Jarak Jauh Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Penginderaan Jarak Jauh kelas XI 4 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Geomatika Program Keahlian Teknik Geomatika Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
PENGINDERAAN JARAK JAUH
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1.      Memahami indraja 4.1   Menginterpretasi citra berdasarkan konsep indraja
3.2.      Menganalisis pengumpulan data spasial 4.2   Mempersiapkan kegiatan  pengumpulan data spasial
3.3.      Menganalisis pengumpulan data non spasial 4.3   Mempersiapkan kegiatan  pengumpulan data non spasial
3.4.      Menerapkan data spasial 4.4   Mengumpulkan data spasial
3.5.      Menerapkan data non spasial 4.5   Mengumpulkan data non spasial
3.6.      Menerapkan peralatan pengumpulan data Pada Permukaan Bumi (Ground Truth) 4.6   Menggunakan peralatan pengumpulan data Pada Permukaan Bumi (Ground Truth)
3.7.      Menganalisis data pendukung pengumpulan data Pada Permukaan Bumi (Ground Truth) 4.7   Mempersiapkan data pendukung pengumpulan data Pada Permukaan Bumi (Ground Truth)
3.8.      Menerapkan pengukuran Permukaan Bumi (Ground Truth) 4.8   Melakukan pengukuran Permukaan Bumi (Ground Truth)
3.9.      Menganalisis hasil pengukuran dengan baik 4.9   Mencatat hasil pengukuran dengan baik

Tulisan ini dipublikasikan di 1.2 Teknik Geomatika, 1.2.1 Teknik Geomatika dan tag , , , , . Tandai permalink.