Pengetahuan Bahan Makanan KI dan KD Tata Boga 2017

Share

Pengetahuan Bahan Makanan KI dan KD Tata Boga 2017

Bidang Keahlian: Pariwisata
Program Keahlian: Kuliner
Kompetensi Keahlian: Tata Boga (C2)
Mata Pelajaran : Pengetahuan Bahan Makanan
Jam Pelajaran : 108 JP ( @45 menit)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Pariwisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1   Menganalisis  kualitas bahan makanan dari  daging dan hasil olahannya 4.1  Melakukan uji kualitas bahan makanan dari  daging dan hasil olahannya
3.2   Menganalisis  kualitas bahan makanan dari  unggas  hasil olahannya 4.2  Menampilkan hasil uji organoleptik kualitas bahan makanan unggas dan hasil olahannya
3.3   Menganalisis kualitas bahan makanan dari  ikan dan hasil laut (fish and seafood ) 4.3  Menampilkan hasil uji kualitas jenis ikan dan hasil olahannya
3.4   Menganalisis kualitas bahan makanan dari  susu  dan hasil olahannya 4.4  Menampilkan hasil uji organoleptik kualitas susu dan hasil olahannya
3.5   Menganalisis kualitas bahan makanan dari  telur dan hasil olahannya 4.5  Menampilkan hasil uji organoleptik kualitas  telur dan hasil olahannya
3.6   Menganalisis  jenis lemak dan minyak 4.6  Menampilkan hasil uji kualitas jenis lemak dan minyak
3.7   Menganalisis  kualitas bahan makanan dari nabati dan hasil olahannya 4.7  Menampilkan hasil uji kualitas bahan makanan nabati dan hasil olahan nya
3.8   Menganalisis  bumbu, rempah, dan bahan makanan tambahan dari sisi organoleptik 4.8  Menampilkan hasil uji organoleptik bumbu,  rempah, dan bahan  makanan tambahan
3.9   Menganalisis kualitas kopi,teh, dan gula 4.9  Menampilkan hasil uji organoleptik kopi, teh dan gula
3.10  Mengevaluasi kualitas coklat dan hasil olahannya 4.10 Memecahkan temuan hasl uji organoleptik coklat dan hasil olahannya

Tulisan ini dipublikasikan di 8.3 Tata Boga, Portal SMK dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *