Pengerjaan Konstruksi Furnitur Menggunakan Mesin Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pengerjaan Konstruksi Furnitur Menggunakan Mesin kelas XI 16 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 Paket Keahlian Teknik Furnitur Program Keahlian Teknik Furnitur Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENGERJAAN KONSTRUKSI FURNITUR MENGGUNAKAN MESIN
PAKET KEAHLIAN FURNITUR SMK/MAK
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.     Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1  Menerapkan  gergaji  tangan listrik 4.1     Mengoperasikan gergaji  tangan listrik
3.2  Menerapkan ketam tangan listrik 4.2         Mengoperasikan ketam tangan listrik
3.3  Menerapkan jigsaw 4.3         Mengoperasikan jigsaw
3.4  Menerapkan  trimer 4.4         Mengoperasikan trimer
3.5  Menerapkan  router 4.5         Mengoperasikan router
3.6  Menerapkan bor tangan 4.6         Mengoperasikan bor tangan
3.7  Menerapkan pahat lubang 4.7         Mengoperasikan pahat lubang
3.8   Menerapkan mesin plate joiner 4.8          Mengoperasikan mesin plate joiner
3.9  Menerapkan mesin amplas 4.9         Mengoperasikan mesin amplas
3.10     Menganalisis disain bentuk furnitur sederhana dari kayu masip 4.10     Membuat disain bentuk furnitur sederhana dari kayu masip
3.11     Menganalisis  disain bentuk furnitur sederhana dari kayu olahan 4.11     Membuat disain bentuk furnitur sederhana dari kayu olahan
3.12     Menganalisis komponen furnitur kayu masif dengan peralatan tangan listrik 4.12     Membuat komponen furnitur kayu masif dengan peralatan tangan listrik
3.13     Menganalisis komponen furnitur kayu olahan dengan peralatan tangan listrik 4.13     Membuat komponen furnitur kayu olahan dengan peralatan tangan listrik
3.14     Menganalisis  komponen furnitur dari bahan non kayu 4.14     Membuat komponen furnitur dari bahan non kayu
3.15     menerapkan komponen konstruksi Furnitur 4.15     Merakit komponen konstruksi Furnitur

 

3.16     menerapkan asesoris sederhana furnitur 4.16     Memasang asesoris sederhana furnitur

Tulisan ini dipublikasikan di 1.3. Teknik Furnitur dan tag , , , , . Tandai permalink.