Pengembangan Produk Kreatif Pemasaran Kelas XI KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

PAKET KEAHLIAN : PEMASARAN C3 Paket Keahlian yaitu: Penataan Produk Kelas XI, Komunikasi Bisnis Kelas XI, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, Administrasi Transaksi Kelas XI, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI, Penataan Produk Kelas XII, Komunikasi Bisnis Kelas XII, Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XII, Administrasi Transaksi Kelas XII, Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII Berikut ini Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pengembangan Produk Kreatif Kelas XI dengan 54 Jam ( 3 JP x 18 minggu efektif)
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisispengetahuan faktual,konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni,budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yangspesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah,  menalar, dan menyajidalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.  Memahami klasifikasi produk baru 4.1.     Menyajikan klasifikasi produk  baru
3.2.  Memahami  ruang   lingkup

pengembangan produk kreatif

 

4.2.     Menyajikan ruang lingkup

pengembangan produk kreatif.

3.3    Memahami Jenis – Jenis Produk Kreatif 4.3      Menyajikan jenis-jenis produk kreatif
3.4.   Memahami strategi marketing kreatif

dalam mengembangkan produk kreatif.

4.4.    Menyajikan strategi marketing kreatif

dalam mengembangkan produk kratif.

3.5 . Menganalisis langkah-langkah dalam

mengembangkan produk kreatif

 

4.5.    Menyusun langkah-langkah dalam

mengembangkan produk kreatif.

 

3.6   Menerapkan inovasi dalam

mengembangkan produk kreatif

4.6      Membuat inovasi dalam pengembangan

produk kreatif.

3.7   Menerapkan modifikasi dalam pengemasan

produk kreatif

4.7      Membuat modifikasi dalam pengemasan

produk kreatif

3.8   Menganalisis trend market dalam

mengembangkan produk kreatif

 

4.8      Membuat trend market dalam

mengembangkan produk kreatif

   

Tulisan ini dipublikasikan di 7. Bisnis dan Manajemen, 7.4 Tata Niaga, Bidang Keahlian, Pemasaran dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.