Pengembangan Produk Kreatif Kelas XII KI dan KD SMK 2013 edisi rev 2016

Share

KI dan KD mata pelajaran Pengembangan Produk Kreatif kelas XII 3 jam/minggu Dasar Program Keahlian C3 untuk semua bidang keahlian SMK
KELAS: XII
Jumlah Jam Pelajaran: ___ jp (3 jp X __ minggu efektif)
Tujuan Kurikulum mencakup empat Kompetensi, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, ko-kurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa pada pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah. 4.    Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
3.1 menganalisis perhitungan bahan yang digunakan untuk mewujudkan produk kreatif 4.1 mengolah perhitungan bahan yang digunakan untuk mewujudkan produk kreatif
3.2 menganalisis perhitungan alat yang digunakan untuk mewujudkan produk kreatif 4.2 mengolah perhitungan alat yang digunakan untuk mewujudkan produk kreatif
3.3 menerapkan pemilihan bahan dalam  pembuatan produk kreatif 4.3 mengolah pemilihan bahan dalam  pembuatan produk kreatif
3.4 menerapkan pemilihan alat dalam  pembuatan produk kreatif 4.4 mengolah pemilihan alat dalam  pembuatan produk kreatif
3.5 menerapkan hasil dari analisis perhitungan bahan dan alat dalam mewujudkan produk kreatif 4.5 mencipta produk kreatif
3.6 menerapkan langkah ujicoba produk kreatif dalam lingkungan yang terbatas 4.6 menyajikan langkah ujicoba produk kreatif dalam lingkungan yang terbatas
3.7 menerapkan langkah ujicoba produk kreatif dalam lingkungan yang lebih luas 4.7 menyajikan langkah ujicoba produk kreatif dalam lingkungan yang lebih luas
3.8 mengevaluasi langkah ujicoba produk kreatif 4.8 menentukan dan menyempurnakan hasil ujicoba produk kreatif
3.9 memahami langkah mengemas produk kreatif 4.9 mengemas produk kreatif
3.10 menerapkan metode komunikasi untuk menyampaikan informasi produk kreatif menyajikan metode komunikasi untuk menyampaikan informasi produk kreatif

Tulisan ini dipublikasikan di Portal SMK dan tag , , , , . Tandai permalink.